Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Ruku dan Sujud Sesuai Sunnah Lengkap dengan Latin beserta Artinya

Bacaan Ruku dan Sujud Sesuai Sunnah

Bacaan doa ruku dan sujud dalam solat wajib dihafal pemeluk muslim. Lantaran, ruku dan sujud merupakan rukun sholat yang wajib dilaksanakan.

Bacaan rukuk dan sujud sering tertukar oleh beberapa pemeluk Islam. Tidak sedikit seorang mukmin salah melisankan bacaan sujud kala tengah membungkuk, atau sebaliknya karena bacaan ruku dan sujud ini memanglah cukup mendekati.

Bacaan ruku dan suju sama - sama dilafalkan sebanyak 3 kali. Bacaannya pun nyaris serupa, cuma berbeda satu kata saja. Oleh sebab itu, kalian perlu memahaminya supaya tidak tertukar, sehingga ibadah sholat kalian diterima oleh Allah SWT.

Perlu Kamu ketahui kalau kedua gerakan ini terhitung ke dalam salah satu rukun sholat. Dalam kedua gerakan ini pula ada imbauan yang dipaparkan dalam hadis Ibnu‘ Abbas radhiyallahu‘ anhuma kalau Rasulullah shallallahu‘ alaihi wa sallam bersabda,

“Adapun ketika rukuk, maka agungkanlah Allah. Sedangkan kala sujud, maka bersungguh - sungguhlah dalam berdoa, maka doa itu pasti dikabulkan buat kalian.” ( HR. Muslim ).

Bacaan doa ruku dan sujud sesungguhnya dapat berbeda dari satu orang dengan yang lain. Kamu dapat memilah salah satunya selama bacaan doa ruku dan sujud itu sesuai dengan apa yang sudah dicontohkan Nabi shallallahu‘ alaihi wa sallam.

Dalam postingan kali ini, kita hendak menyampaikan apa saja bacaan doa ruku dan sujud yang sudah islamtwins rangkum dari bermacam sumber.

Bacaan Ruku dan Sujud 

Doa Ruku

Ruku dan Sujud Sesuai Sunnah

Selanjutnya ialah beberapa bacaan doa ruku dalam pembahasan Manhajus Salikin karya Syaikh‘ Abdurrahman bin Nashir As Sa’ di rahimahullah.

Kata Syaikh‘ Abdurrahman bin Nashir As Sa’ di rahimahullah dalam Manhajus Salikin, 

وَيَقُوْلُ: سُبْحَانَ رَبِّيَ العَظِيْمِ وَيُكَرِّرُهُ وَإِنْ قَالَ مَعَ ذَلِكَ حَالَ رُكُوْعِهِ وَسُجُوْدِهِ: سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ رَبَّنَا وَبِحَمْدِكَ ، اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى فَحَسَنٌ

“ Serta ia membaca SUBHAANA ROBBIYAL‘ AZHIM” kemudian mengulanginya. Bila disertai bacaan tadi, di mana kala rukuk dan sujud melafalkan “ SUBHANAKALLOHUMMA ROBBANAA WA BIHAMDIKA, ALLOHUMMAGHFIR LII ”, itu baik.”

Setelah itu dari hadis Hudzaifah, beliau berkata kala dirinya sholat bersama Nabi shallallahu‘ alaihi wa sallam, ia melafalkan kala rukuk

SUBHANAA ROBBIYAL‘ AZHIM 

artinya: Maha Suci Rabbku Yang Maha Agung

dan ketika sujud, ia mengucapkan

SUBHANAA ROBBIYAL A’LAA

artinya: Maha Suci Rabbku Yang Maha Tinggi (HR. Muslim dan Abu Daud).

Apakah Bacaan Ruku harus 3 kali?

Ruku ialah salah satu gerakan shalat yang dicontohkan Rasulullah SAW. Ruku jadi salah satu sarana ampuh buat berdoa pada Allah SWT. Di dalam rukuk, terdapat kesempatan besar terkabulnya doa seorang Mukmin. Perihal itu ada di salah satu ayat dalam Alquran.

"Kamu lihat mereka ruku' dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya" (QS al-Fath: 29).

Beberapa masyarakat mungkin juga memakai doa ruku yang dibaca 3 kali. Imbauan bacaan 3 kali dituturkan dalam hadis Ibnu Mas’ ud,

إِذَا رَكَعَ أَحَدُكُمْ فَقَالَ فِى رُكُوعِهِ سُبْحَانَ رَبِّىَ الْعَظِيمِ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ

“ Bila salah seseorang di antara kamu rukuk, maka dia mengucapkan kala rukuknya “ SUBHANAA ROBBIYAL‘ AZHIM ( artinya: Maha Suci Rabbku Yang Maha Agung ) ”, dibaca sebanyak 3 kali.” ( HR. Tirmidzi, Abu Daud, dan Ibnu Majah ). 

Sebaliknya hadis dari‘ Aisyah radhiyallahu‘ anha mengenai doa ruku, beliau mengatakan,

كَانَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – يُكْثِرُ أَنْ يَقُولَ فِى رُكُوعِهِ وَسُجُودِهِ « سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ رَبَّنَا وَبِحَمْدِكَ ، اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى » يَتَأَوَّلُ الْقُرْآنَ

“ Nabi shallallahu‘ alaihi wa sallam memperbanyak membaca kala rukuk serta sujud bacaan, “ SUBHANAKALLAHUMMA ROBBANAA WA BIHAMDIKA, ALLAHUMMAGHFIR- LII ( artinya: Maha Suci Engkau Ya Allah, Rabb kami, pujian untuk Mu, ampunilah aku )”. Beliau menerangkan maksud dari ayat Al Quran dengan bacaan itu.” ( HR.Bukhari, dan Muslim ).

Doa Sujud

Syaikh‘ Abdurrahman bin Nashir As- Sa’ di rahimahullah dalam Manhajus Salikin berkata,

وَيَقُوْلُ: سُبْحَانَ رَبِّىَ الأَعْلَى

“Dan mengucapkan ‘SUBHANAA ROBBIYAL A’LAA’ (artinya: Mahasuci Rabbku Yang Mahatinggi).”

Sebagian bacaan doa sujud yang banyak dibaca orang antara lain, 

سُبْحَانَ رَبِّىَ الأَعْلَى

SUBHANAA ROBBIYAL A’LAA

artinya: Mahasuci Rabbku Yang Mahatinggi (HR.Muslim dan Abu Daud).

Serta,

سُبْحَانَ رَبِّىَ الأَعْلَى وَبِحَمْدِهِ

SUBHANA ROBBIYAL A’LAA WA BI HAMDIH

artinya: Mahasuci Rabbku Yang Mahatinggi dan pujian untuk-Nya (HR. Abu Daud).

Apakah bacaan ruku dan sujud wajib?

Banyak diantara kalian yang menanyakan apakah bacaan ruku dan sujud wajib? seperti apa yang kami tulis diatas bahwasannya bacaan ruku dan sujud itu wajib dibaca lantaran, ruku dan sujud merupakan rukun sholat yang wajib dilaksanakan.

Demikian pembahasan bacaan ruku dan sujud sesuai sunnah yang dapat islamtwins.com sampaikan, semoga bermanfaat.

wallahu a'lam bishawab

Posting Komentar untuk "Bacaan Ruku dan Sujud Sesuai Sunnah Lengkap dengan Latin beserta Artinya"