Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Dzikir Sore Pembuka Rezeki Lengkap Arab Latin Beserta Artinya

Bacaan Dzikir Sore

Bacaan doa serta dzikir pagi dan bacaan dzikir sore pembuka rezeki banyak dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam serta diriwayatkan dalam beberapa hadits. Antara lain yaitu dzikir sore hari sesuai sunnah pembuka rezeki, kesehatan, keamanan serta dimudahkan segala hal.

Imam Nawawi dalam Kitab Al Adzkar mengatakan dalil dzikir pagi serta dzikir sore hari antara lain di dalam Al Quran Surat Qaf Ayat 39, Allah SWT berfirman:

فَٱصْبِرْ عَلَىٰ مَا يَقُولُونَ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ قَبْلَ طُلُوعِ ٱلشَّمْسِ وَقَبْلَ ٱلْغُرُوبِ

Faṣbir 'alā mā yaqụlụna wa sabbiḥ biḥamdi rabbika qabla ṭulụ'isy-syamsi wa qablal-gurụb

Artinya: Maka bersabarlah kamu terhadap apa yang mereka katakan dan bertasbihlah sambil memuji Tuhanmu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenam(nya). (Surat Qaf Ayat 39)

Perintah dzikir sudah dikatakan baik dalam Alquran ataupun hadits. Pada sebagian hadits, Rasulullah Saw mengatakan tentang keistimewaan orang yang melakukan dzikir. Salah satunya ialah dzikir dapat memperbaiki amal serta menaikkan derajat ( HR. Tirmidzi ).

Dalam hadits qudsi Allah Swt berfirman:" Aku akan menyertai hamba-Ku kala berdzikir kepada Ku serta kala bibirnya menyebut nama Ku. Pada hadits lain, Rasulullah bersabda: " Barangsiapa yang ingin senantiasa berjalan- jalan di taman syurga, harusnya ia memperbanyak dzikir pada Allah azza wa jalla."

Ada pula cara berdzikir, Imam Nawawi menarangkan dzikir itu dapat dilakukan dengan hati serta lisan, tetapi yang sangat utama ialah dengan hati serta lisan secara berbarengan. Amalan membaca dzikir direkomendasikan buat dilakukan pada pagi serta petang ( sore ) hari.

Ustadz Khalid Basalamah menuturkan orang yang membaca dzikir di waktu pagi, berarti dia sudah mensyukuri nikmat pada hari itu. Setelah itu orang yang membacanya di waktu petang, berarti dia sudah mensyukuri nikmat di malam itu. Dengan bersyukur seperti itu, nikmat akan bertahan serta bertambah.

Dzikir Sore Sebaiknya Dibaca Kapan?

Dzikir Sore Pembuka Rezeki

Dzikir pagi dilakukan sehabis sholat Subuh sampai keluar matahari ataupun hingga matahari melambung dikala waktu dhuha, sekitar jam 07.00 ataupun 08.00. Sementara itu dzikir sore dilakukan pada jam 15.00 ataupun sehabis sholat Ashar hingga jam 18.00 ataupun terbenamnya matahari hingga menjelang waktu Isya.

Oleh karena itu mengapa dzikir jadi perantara yang tepat, yang pada biasanya dilakukan di pagi serta sore ( petang ) hari. Berikut islamtwins.com merangkum mengenai apa saja bacaan dzikir sore hari sesuai sunnah lengkap dengan tulisan latin beserta artinya:

Bacaan Dzikir Sore Hari

Cara berdzikir pada Allah dapat dilakukan dengan bermacam cara. Salah satunya dengan membaca kalimat - kalimat Allah SWT dan pujian kepada Allah SWT. Selanjutnya bacaan dzikir sore yang dapat dilafalkan tiap harinya yang telas dirangkum dari bermacam sumber terpercaya. 

1. Membaca Taawudz

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

“Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk.”

2. Dzikir sore membaca Ayat Kursi

Membaca ayat kursi sebanyak 1 kali di waktu petang, maka Allah akan melindunginya hingga pagi tiba.

Berikut bacaan dzikir sore ayat kursi:

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyum. Laa ta’khudzuhuu sinatuw wa laa naum. Lahuu maa fis samaawaati wa maa fil ardh. Man-dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa bi idznih. Ya’lamu maa baina aidiihim wa maa khalfahum. Wa laa yuhiithuuna bi syai-im min ‘ilmihii illaa bi maa syaa-a. Wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardha wa laa ya-uuduhuu hifzhuhumaa. Wahuwal ‘aliyyul ‘azhiim.

Artinya:

"Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mahahidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Mahatinggi, Mahabesar."

3. Membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq, An Naas (Dibaca 3 x)

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ اللَّهُ الصَّمَدُ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Katakanlah: Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah ilah yang bergantung kepada-Nya segala urusan. Dia tidak beranak dan tiada pula diperanakkan, dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia.” (QS. Al Ikhlas: 1-4) (Dibaca 3 x)

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ مِن شَرِّ مَا خَلَقَ وَمِن شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ وَمِن شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ  وَمِن شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Katakanlah: Aku berlindung kepada Rabb yang menguasai Shubuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan-kejahatan wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki”. (QS. Al Falaq: 1-5) (Dibaca 3 x)

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ مَلِكِ النَّاسِ إِلَهِ النَّاسِ مِن شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ مِنَ الْجِنَّةِ وَ النَّاسِ

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Katakanlah: Aku berlindung kepada Rabb manusia. Raja manusia. Sembahan manusia, dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari jin dan manusia.” (QS. An Naas: 1-6) HR. Abu Daud no. 5082, Tirmidzi no. 3575. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan.

Manfaat: Siapa yang mengucapkannya masing - masing 3 kali kala pagi serta petang, sehingga seluruh sesuatu hendak dicukupkan untuknya. 

4. Dzikir memohon kebaikan

Selain ayat kursi, bacaan dzikir petang yang selanjutnya adalah doa memohon kebaikan di malam hari. Bacaan dzikit petang ini dibaca sebanyak satu kali. Adapun bacaan dzikirnya adalah sebagai berikut:

أَمْسَيْنَا وَأَمْسَى الْمُلْكُ للهِ، وَالْحَمْدُ للهِ، لَا إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهَا، وَأَعُوذُبِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا، رَبِّ أَعُوذُبِكَ مِنَ الْكَسَلِ وَسُوءِ الْكِبَرِ، رَبِّ أَعُوذُبِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي الْقَبْرِ

Amsaynaa wa amsal mulku lillah walhamdulillah, laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodir. Robbi as-aluka khoiro maa fii hadzihil lailah wa khoiro maa ba’dahaa, wa a’udzu bika min syarri maa fii hadzihil lailah wa syarri maa ba’dahaa. Robbi a’udzu bika minal kasali wa suu-il kibar. Robbi a’udzu bika min ‘adzabin fin naari wa ‘adzabin fil qobri.

"Kami telah memasuki waktu petang dan kerajaan hanya milik Allah, segala puji bagi Allah. Tidak ada ilah (yang berhak disembah) kecuali Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Milik Allah kerajaan dan bagi-Nya pujian. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu.Wahai Rabbku, aku mohon kepada-Mu kebaikan di malam ini dan kebaikan sesudahnya. Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan malam ini dan kejahatan sesudahnya. Wahai Rabbku, aku berlindung kepadaMu dari kemalasan dan kejelekan di hari tua. Wahai Rabbku, aku berlindung kepada-Mu dari siksaan di neraka dan siksaan di kubur."

5. Dzikir Sore Agar dijauhkan dari Gangguan Setan

Jika dzikir ini dibaca pada petang hari, maka juga akan mendapatkan manfaat seperti dijauhkan dari gangguan setan.

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ

Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodiir.

Artinya:

“Tidak ada ilah yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan segala pujian. Dia-lah yang berkuasa atas segala sesuatu.”

6. Dzikir Sore Membaca Sayyidul Istighfar

Dibaca sekali di sore atau malam, berikut bacaan dzikir sayyidul istighfar:

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Allahumma anta robbii laa ilaha illa anta, kholaqtanii wa anaa ‘abduka wa anaa ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mas-tatho’tu. A’udzu bika min syarri maa shona’tu. Abu-u laka bi ni’matika ‘alayya wa abu-u bi dzambii. Fagh-firlii fainnahu laa yagh-firudz dzunuuba illa anta.

Artinya:

“Ya Allah, Engkau adalah Rabbku, tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Engkau, Engkaulah yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku akan setia pada perjanjianku pada-Mu (yaitu aku akan mentauhidkan-Mu) semampuku dan aku yakin akan janji-Mu (berupa surga untukku). Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang kuperbuat. Aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku. Oleh karena itu, ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni dosa kecuali Engkau.”

Manfaat Dzikir Sore Hari

Sebelumnya sudah diketahui bacaan dzikir sore yang dapat sahabat muslim amalkan tiap hari. Berikutnya, sahabat muslim pula perlu mengenali apa saja manfaat melakukan dzikir sore. Dengan memahaminya, insya Allah kalian hendak lebih termotivasi buat terus melaksanakannya. Selanjutnya ialah beberapa manfaat dzikir petang tiap hari sebagaimana yang telah islamtwins.com rangkum dari berbagai sumber: 

1. Mendapat Perlindungan dari Allah SWT

“ Barangsiapa yang mengucapkan dzikir ini di sore hari sebanyak tiga kali, maka ia tidak akan mendapat bahaya racun di malam tersebut.” (HR. Ahmad).

2. Mendekatkan Diri pada Allah SWT

“ Maukah kamu aku tunjukkan perbuatanmu yang terbaik, paling suci di sisi Raja-mu (Allah), dan paling mengangkat derajatmu; lebih baik bagimu dari infak emas atau perak. Para sahabat yang hadir berkata: ‘Mau (wahai Rasulullah)!’ Beliau bersabda: ‘Dzikir kepada Allah Yang Mahatinggi’.” (HR. At-Tirmidzi)

3. Dicukupi Kebutuhannya

Salah satu manfaat dari dzikir sore hari ialah bisa dicukupi kebutuhannya oleh Allah SWT. Dengan berdzikir, maka Allah SWT hendak membukakan pintu rezeki utnuk kamu. Apalagi urusan di dunia serta di akhirat pula hendak dilancarkan. Istiqomah berdzikir dapat menjauhkan hati dari serakah serta tamak yang amat tidak disukai Allah SWT. 

4. Dijanjikan Mendapat Surga

“ Barangsiapa mengucapkan dzikir ini di siang hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati pada hari tersebut sebelum sore hari, maka ia termasuk penghuni surga. Dan barangsiapa yang mengucapkannya di malam hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati sebelum subuh, makai a termasuk penghuni surga.” (HR. Bukhari)

5. Amalan yang Disukai Nabi Muhammad saw

“ Dan aku duduk bersama orang-orang yang berdzikrullah mulai dari (waktu) sholat ashar sampai terbenam matahari lebih aku cintai daripada memerdekakan empat orang budak.” (HR. Abu Dawud)

6. Memberikan Ketenangan

Hal ini juga disampaikan dalam firman Allah SWT melalui surat Ar-Ra’d ayat 28 berikut:

اَلَا بِذِكْرِ اللّٰهِ تَطْمَىِٕنُّ الْقُلُوْبُ

Artinya: “ Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar-Ra’d: 28)

Seperti itu bacaan doa dzikir sore pembuka rezeki sesuai sunnah yang dapat kalian amalkan tiap hari. Dengan membaca doa - doa itu, mudah - mudahan menjadi ikhtiar kita supaya senantiasa mendapat perlindungan dari Allah Swt. 

wallahu a'lam bishawab

Posting Komentar untuk "Bacaan Dzikir Sore Pembuka Rezeki Lengkap Arab Latin Beserta Artinya"