Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makna Astaghfirullah Sebagai Kalimat Istighfar, Umat Muslim Wajib Tahu

Makna Astaghfirullah

Islamtwins.com - Dalam agama Islam, Lafaz astaghfirullah sebagai kalimat istighfar hendaknya dibacakan berulang kali, tidak hanya dibaca setelah shalat saja.

Namun dimanapun serta kapanpun kita berada sebab selaku bentuk kita memohon ampunan atas dosa kita.

Istighfar sendiri ialah lafaz yang amat dicintai oleh Allah SWT. Lafaz ini, pula amat dibenci iblis, sebab dengan lafaz astaghfitullah ini, maka iblis akan hancur. Dikala berdoa tanpa melafalkan Astagfirullahaladzim ataupun istighfar, mahabatullah tidak pernah terjadi. Oleh sebab itu selain lafaz Zikir lailahaillallah, Lafaz Astgafirullah bisa meningkatkan rindu pada Allah.

Lalu apa makna astaghfirullah? Berikut makna astaghfirullah yang sudah kita rangkum dari berbagai macam sumber serta penulisan astaghfirullah yang benar.

Makna Astaghfirullah

Astaghfirullah Sebagai Kalimat Istighfar

Makna astagfirullah selaku bacaan istighfar tidak hanya pada seberapa lancar pemeluk muslim dalam mengucapkannya, melainkan pada seberapa dalam pemeluk muslim mendalami serta mengamalkannya buat senantiasa mengingat Allah SWT.

Sebelum membahas lebih dalam mengenai makna astaghfirullah, ada baiknya kita tahu mengenai penulisan astaghfirullah yang benar, yakni sebagai berikut

اَسْتَغْفِرُاللهَ

Astaghfirullah.

Artinya: Aku mohon ampun kepada Allah.

Sementara, untuk versi lengkapnya kamu bisa menggunakan kalimat berikut:

اَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ

Astaghfirullahal ‘adziim.

Artinya: Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung.

Astaghfirullah ialah isi dari lafaz istighfar. Istighfar sendiri berasal dari bahasa Arab yang berarti memohon ampunan. Astaghfirullah pula dari bahasa Arab yang terdiri dari 3 kata, yaitu.

1.  A pada kata astaghfirullah ialah kata ubah dari Ana yang berarti aku, berperan selaku fail.

2. ( i ) staghfiru pada kata astaghfirullah ada;ah bentuk fiil mudhori dari fiil madhi istaghfaro mempunyai arti memohon ampunan, berperan selaku fiil.

3. Lafadz Allah pada kata Ataghfirullah ialah maful dari fiil serta fail di atas, yang dalam bahasa Indonesia umum disebut objek; yakni memohon ampun pada siapa, pastinya pada Allah.

Sehingga makna astaghfirullah yaitu Aku memohon ampun kepada Allah.

Demikian pembahasan mengenai makna astaghfirullah yang dapat islamtwins.com sampaikan. Semoga bermanfaat.

wallahu a'lam bishawab

Posting Komentar untuk "Makna Astaghfirullah Sebagai Kalimat Istighfar, Umat Muslim Wajib Tahu"