Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Istighfar Pendek, Amalan Ringan Penggugur Dosa

Bacaan Istighfar Pendek

Islamtwins.comBacaan Istighfar Pendek ialah bacaan yang dianjurkan buat selalu dibaca, mengingat manusia ialah makhluk Allah yang tidak terlepas dari dosa.

Seorang hamba yang melakukan dosa wajib lekas bertaubat pada Allah. Taubat termudah yang Allah perintahkan ialah dengan mengamalkan bacaan istighfar.

Banyaknya bacaan istighfar kadangkala kala membuat kita berat buat membacanya terlebih mengingatnya. Nyatanya ada loh, bacaan istighfar yang mudah dihafal serta diamalkan yakni bacaan istighfar pendek.

Bacaan istighfar pendek merupakan bacaan yang tidak berat buat diucapkan serta dihafal, namun begitu besar ganjaran yang diperoleh.

Sebagaimana hadist yang diriwayatkan dari imam Abu Daud, At Tirmidzi, serta imam Al Hakim dari sahabat Ibnu Mas’ ud sebagaimana selanjutnya.

قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ قَالَ: أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ ثَلاَثًا غُفِرَتْ لَهُ ذُنُوبُهُ وَإِنْ كَانَ فَارًّا مِنَ الزَّحْفِ.

Rasulullah saw. bersabda, “Siapa yang mengucapkan Astaghfirullahal ‘adzim alladzi laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyum wa atubu ilaih (Aku meminta ampunan kepada Allah yang Maha Agung yang tidak ada Tuhan selain Dia yang Maha Hidup dan Berdiri sendiri. Aku bertaubat kepadaNya) tiga kali, maka dosa-dosanya telah diampuni meskipun ia lari dari medan peperangan (di mana hal itu adalah termasuk dosa yang besar).”

Baca Juga Sayyidul Istighfar, Amalan Ringan yang Jadi Kunci Masuk Surga

Simak bacaan istighfar pendek penggugur dosa yang amat dianjurkan buat dilafalkan sesering mungkin. Supaya Allah tetap melimpahkan keberkahan serta ampunan.

Bacaan Istighfar Pendek Arab, Latin dan Artinya

Bacaan Istighfar Pendek

Selanjutnya merupakan bacaan istighfar pendek yang bisa diamalkan tiap saat supaya dosa - dosa berguguran:

أَسْتَغْفِرُ الله

Astaghfirullah

Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah."

.  أَسْتَغْفِرُ اللهَ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullah wa atubu ilaih.

Aku memohon ampun kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya

Bacaan Istighfar Pendek Penggugur Dosa

   أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ ، وَأَتُوبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullahal ‘adzim alladzi la ilaha illa huwal hayyul qoyyum wa atubu ilaih.

Aku memohon ampunan kepada Allah yang Mahaagung. Tidak ada sesembahan yang berhak disembah melainkan Dia Yang Mahahidup dan Maha berdiri sendiri.

Demikian pembahasan mengenai bacaan istighfar pendek yang dapat islamtwins.com sampaikan, Semoga bermanfaat.

wallahu a'lam bishawab

Posting Komentar untuk "Bacaan Istighfar Pendek, Amalan Ringan Penggugur Dosa"