Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makna Al Alim Artinya Allah Maha Mengetahui dalam Asmaul Husna

Al Alim

Asmaul Husna Al Alim artinya adalah Allah SWT Maha Mengetahui segala suatu, baik yang nampak ataupun yang kasat mata, terlebih lagi dia yang mengetahui apa - apa yang telah terjadi ataupun yang belum terjadi.

Selaku sang pencipta, Allah SWT mengenali seluruhnya mengenai ciptaan Nya. Baik yang terdapat di pikiran manusia, insting hewan, sampai perihal yang ghaib yang tidak ketahui siapa pun melainkan Ia sendiri. Seluruh perihal ini membuktikan kalau Allah SWT merupakan al Alim artinya Yang Maha Mengetahui.

Sehingga arti dari Al Alim adalah menarangkan kalau Allah SWT merupakan Yang Maha Mengetahui segala suatu yang ada di alam semesta ini, baik sebelum ataupun juga setelahnya.

Maka dari itu artikel islamtwins.com akan memberikan sedikit pemahaman kepada kita semua terkait makna tersembunyi dari Al Alim Artinya Allah Maha Mengetahui dalam Asmaul Husna.

Makna Al Alim Artinya Allah Maha Mengetahui

Asmaul Husna yang berada di urutan ke-19, Al Alim atinya adalah salah satu julukan serta sifat Allah SWT. Semacam yang sudah dipaparkan sebelumnya, arti Al Alim menarangkan kalau Allah SWT maha mengenali segala suatu, baik sebelum ataupun setelah suatu itu ada.

Arti Al Alim pula menarangkan kalau Allah SWT maha mengetahui apa pun yang berlangsung di alam semesta, baik yang nampak atau yang gaib. Tidak ada yang dapat bebas dari pengetahuan Nya.

Tidak ada satu pun perihal yang bisa dirahasiakan dari hadapan Yang Maha Mengetahui, artinya karena kita berada dalam jangkauan kesaksian Nya. Ia yang menembus ke dalam segala perihal. Sebagaimana yang tertuang dalam QS At Tahrim ayat 3 selaku selanjutnya:

وَإِذْ أَسَرَّ ٱلنَّبِىُّ إِلَىٰ بَعْضِ أَزْوَٰجِهِۦ حَدِيثًا فَلَمَّا نَبَّأَتْ بِهِۦ وَأَظْهَرَهُ ٱللَّهُ عَلَيْهِ عَرَّفَ بَعْضَهُۥ وَأَعْرَضَ عَنۢ بَعْضٍ ۖ فَلَمَّا نَبَّأَهَا بِهِۦ قَالَتْ مَنْ أَنۢبَأَكَ هَٰذَا ۖ قَالَ نَبَّأَنِىَ ٱلْعَلِيمُ ٱلْخَبِيرُ

Wa iż asarran-nabiyyu ilā ba'ḍi azwājihī ḥadīṡā, fa lammā nabba`at bihī wa aẓ-harahullāhu 'alaihi 'arrafa ba'ḍahụ wa a'raḍa 'am ba'ḍ, fa lammā nabba`ahā bihī qālat man amba`aka hāżā, qāla nabba`aniyal-'alīmul-khabīr

Dan ingatlah ketika secara rahasia Nabi membicarakan suatu peristiwa kepada salah seorang istrinya (Hafsah). Lalu dia menceritakan peristiwa itu (kepada Aisyah) dan Allah memberitahukan peristiwa itu kepadanya (Nabi), lalu (Nabi) memberitahukan (kepada Hafsah) sebagian dan menyembunyikan sebagian yang lain. Maka ketika dia (Nabi) memberitahukan pembicaraan itu kepadanya (Hafsah), dia bertanya, “Siapa yang telah memberitahukan hal ini kepadamu?” Nabi menjawab, “Yang memberitahukan kepadaku adalah Allah Yang Maha Mengetahui, Mahateliti.”

Cara Meneladani Sifat Al Alim

Cara Meneladani Sifat Al Alim

Bagaimana cara kita meneladani sifat Al Alim? cara yang bisa kita lakukan dalam meneladani asmaul husna al Alim dalam kehidupan tiap hari yakni:

  • Tidak berleha - leha dalam menuntut ilmu.
  • Bersungguh - sungguh dalam menuntut ilmu agama ataupun ilmu dunia.
  • Sampaikan hak ilmu, yakni diamalkan serta disampaikan.
  • Berlomba - lomba dalam kebaikan.
  • Tidak berlagak sombong atas kepintarannya.

Contoh Al Alim yang Dipunyai Allah SWT

Salah satu contoh Allah bersifat Al Alim ialah kisah kala Nabi Muhammad SAW. akan dibunuh oleh para kaum kafir Quraisy. Kala itu, parlemen Darun Nadwah memutuskan buat menghabisi beliau dengan mengirim perwakilan tiap kabilah.

Allah lalu memberitahukan konsep pembantaian itu pada Rasulullah alhasil dia memerintahkan Ali bin Abu Thalib radhiyallahu‘ anhu tidur di ranjang beliau. Rasulullah pula selamat dari usaha pembunuhan itu serta mereka hanya mendapatkan Ali di situ.

Balasan tipu daya yang dicoba oleh Allah SWT dituturkan dalam QS Ali Imran ayat 54,

وَمَكَرُوا۟ وَمَكَرَ ٱللَّهُ ۖ وَٱللَّهُ خَيْرُ ٱلْمَٰكِرِينَ

Wa makarụ wa makarallāh, wallāhu khairul-mākirīn

Dan mereka (orang-orang kafir) membuat tipu daya, maka Allah pun membalas tipu daya. Dan Allah sebaik-baik pembalas tipu daya.

Lalu, apa sifat Al Alim yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari - hari? Salah satunya yakni melangsungkan segala sesuatunya berdasarkan kejujuran. Allah SWT mengenali seluruh yang manusi perbuat meski orang lain tidak memahaminya.

Begitulah pembahasan mengenai makna Al Alim artinya Allah Maha Mengetahui dalam Asmaul Husna yang dapat islamtwins.com sampaikan, Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Makna Al Alim Artinya Allah Maha Mengetahui dalam Asmaul Husna"