Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makna Al Qabidh Artinya Yang Maha Menyempitkan dalam Asmaul Husna

Al Qabidh

Asmaul Husna Al Qabidh artinya Yang Maha Menyempitkan. Menyempitkan disini artinya, menahan serta tidak berikan rezeki ataupun sejenisnya pada hambaNya.

Asmaul Husna Al Qabidh berada di urutan ke-20 ini pula memiliki arti mencabut nyawa kala seorang hamba meninggal dunia. Dalam Alquran, Al Qabidh kerap kali dikatakan bersama Al Basith yang ialah kebalikannya.

Al Qabith tercantum dalam Surat Asy Syura ayat 27.

۞ وَلَوْ بَسَطَ ٱللَّهُ ٱلرِّزْقَ لِعِبَادِهِۦ لَبَغَوْا۟ فِى ٱلْأَرْضِ وَلَٰكِن يُنَزِّلُ بِقَدَرٍ مَّا يَشَآءُ ۚ إِنَّهُۥ بِعِبَادِهِۦ خَبِيرٌۢ بَصِيرٌ

Walau basaṭallāhur-rizqa li'ibādihī labagau fil-arḍi wa lākiy yunazzilu biqadarim mā yasyā`, innahụ bi'ibādihī khabīrum baṣīr

Dan sekiranya Allah melapangkan rezeki kepada hamba-hamba-Nya niscaya mereka akan berbuat melampaui batas di bumi, tetapi Dia menurunkan dengan ukuran yang Dia kehendaki. Sungguh, Dia Mahateliti terhadap (keadaan) hamba-hamba-Nya, Maha Melihat.

Maka dari itu artikel islamtwins.com akan memberikan sedikit pemahaman kepada kita semua terkait makna tersembunyi dari Al Qabidh Artinya Yang Maha Menyempitkan dalam Asmaul Husna.

Makna Al Qabidh artinya Allah Maha Menyempitkan

Asmaul Husna Al Qabidh yang bermula dari kata al qabdhu yang berarti “ keterhimpunan ”. Artinya, al qabdhu ini dimaknai selaku mengambil, menahan, menggenggam, serta mencegah.

Sebab itu, salah satu arti al Qabidh yakni menahan rezeki untuk makhluk Nya. Dalam perihal ini, Allah SwT berfirman dalam Surat Al Baqarah ayat 245,

مَّن ذَا ٱلَّذِى يُقْرِضُ ٱللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَٰعِفَهُۥ لَهُۥٓ أَضْعَافًا كَثِيرَةً ۚ وَٱللَّهُ يَقْبِضُ وَيَبْصُۜطُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

Man żallażī yuqriḍullāha qarḍan ḥasanan fa yuḍā'ifahụ lahū aḍ'āfang kaṡīrah, wallāhu yaqbiḍu wa yabṣuṭu wa ilaihi turja'ụn

Barangsiapa meminjami Allah dengan pinjaman yang baik maka Allah melipatgandakan ganti kepadanya dengan banyak. Allah menahan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan.

Sebagai bukti bahwasannya Allah SWT mempunyai sifat Al Qabidh ialah Allah SwT dengan jelas menyatakan yang menahan burung, akibatnya tidak jatuh dikala terbang sebab terdapatnya gaya gravitasi, yang mana disini Al Qabidh artinya yang Maha Menahan, walaupun kedua sayapnya dikepakkan. Perihal ini tercatat di dalam QS al Mulk 19,

أَوَلَمْ يَرَوْا۟ إِلَى ٱلطَّيْرِ فَوْقَهُمْ صَٰٓفَّٰتٍ وَيَقْبِضْنَ ۚ مَا يُمْسِكُهُنَّ إِلَّا ٱلرَّحْمَٰنُ ۚ إِنَّهُۥ بِكُلِّ شَىْءٍۭ بَصِيرٌ

A wa lam yarau ilaṭ-ṭairi fauqahum ṣāffātiw wa yaqbiḍn, mā yumsikuhunna illar-raḥmān, innahụ bikulli syai`im baṣīr

Tidakkah mereka memperhatikan burung-burung yang mengembangkan dan mengatupkan sayapnya di atas mereka? Tidak ada yang menahannya (di udara) selain Yang Maha Pengasih. Sungguh, Dia Maha Melihat segala sesuatu.

Banyak sedikitnya pemberian Allah pada hamba Nya ialah kehendakNya. Bila hamba itu “ disempitkan ” rezekinya, bukan berarti Allah SWT tidak cinta serta adil kepadanya. Allah Maha Bijaksana serta Adil dalam seluruh pembagian serta pemberian rezekinya.

Sebab itu kita selaku mahkluk ciptaannya wajib tetap bersyukur atas seluruh rezeki yang dikasihkan. Tidak perlu merasa cemburu hati dengan rizki orang lain. Kita dilapangkan rizki, itu merupakan ujian. Kita disempitkan rizki, itu pula cobaan. Dilapangkan rizki supaya kita dicoba apakah terhitung orang yang bersyukur ataupun tidak. Disempitkan rizki supaya kita dites tercantum orang yang bersabar ataukah tidak.

Tidak perlu bersedih bila memanglah kita tidak ditakdirkan memperoleh rizki sebagaimana kerabat kita. Allah pasti saja mengenali manakah yang terbaik untuk hamba Nya.

Khasiat Zikir Ya Qabidh

Zikir Ya Qabidh

Zikir Ya Qabidh ini bermakna Yang Maha Menggenggam Yang Maha Menyempitkan ( Hidup makhluk - Nya). Ia mengekang, serta mengurangi untuk seseorang yang dikehendaki Nya.

1. Mendapat Perlindungan dari Allah SWT

Barang siapa dizalimi dianjurkan membaca yaa Qaabidh 903 kali, sehingga sang zalim ataupun kezaliman itu akhirnya hendak sirna ataupun orang itu dilindungi dari keduanya.

2. Terhindar musuh dan bahaya

Barang siapa yang membaca yaa Qaabidh 1000 kali dengan hasrat buat menghalang orang jahat dari menjahati Anda ataupun orang lain, insya Allah hasrat jahatnya hendak terhenti.

Salah satu cara mengamalkan yaa Qaabidh ialah dengan bersyukur atas rezeki serta anugerah dari Allah. Bersyukur merupakan salah satu wujud rasa terima kasih pada Allah SWT kepada segala suatu yang telah diberikan Nya.

Demikian pembahasan mengenai makna Al Qabidh artinya Yang Maha Menyempitkan dalam Asmaul Husna yang dapat islamtwins.com berikan. Sekian dan Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Makna Al Qabidh Artinya Yang Maha Menyempitkan dalam Asmaul Husna"