Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makna Al Basith Artinya Yang Maha Melapangkan dalam Asmaul Husna

al basith

Asmaul Husna Al Basith artinya Yang Maha Melapangkan. Melapangkan disini artinya adalah kalau di tangan Nya, rezeki manusia hendak diserahkan tanpa diduga. Allah membentangkan rezeki, menahan anugerah sesuai dengan apa yang telah menjadi kebijakan untuk hamba bersangkutan.

Asmaul Husna Al Basith berada di urutan ke-21 yang mengisyaratkan bahwasannya arti Al Basith adalah Maha meluaskan rezeki bagi siapa saja yang dikehendaki Nya, sebab Allah yang melapangka rezeki serta pula menyempitkannya, yang membentangkan rezeki itu dengan rahmat Nya, menahan Nya dengan kebijakan Nya terhadapa hamba Nya yang bersangkutan.

Sebagaimana dalam suatu hadist dari Anas bin Malik sempat dituturkan,“ Harga barang- barang sempat jadi mahal pada masa Rasulullah. Karenanya, para sahabat mengatakan:“ Ya Rasulullah, tetapkanlah harga buat kami.” Rasulullah bersabda,“ Sesungguhnya Allah lah yang membuat ketetapan harga; Ia merupakan al Qâbidh ( Yang Maha menahan atau menyempitkan rezeki ), al Bâsith ( Maha membentangkan atau meluaskan rizki ), ar Râziq ( Maha menganugerah­kan rizki ).

Maka dari itu artikel islamtwins.com akan memberikan sedikit pemahaman kepada kita semua terkait makna tersembunyi dari Al Basith Artinya Yang Maha Melapangkan dalam Asmaul Husna.

Makna Al Basith artinya Yang Maha Melapangkan

Mengutip dari beragam sumber, Asmaul Husna Al Basith bersumber dari tutur ba - sa - tha yang mempunyai makna melapangkan ataupun meluaskan.

Dengan memahami sifat Allah SWT Al Basith, sehingga kita wajib berterima kasih pada Allah sebab Allah SWT sudah melapangkan rezeki pada kita dengan bermacam nikmat yang kita tidak bakal sanggup menghitungnya.

Kata Al Basith disebutkan dalam QS Asy syuro ayat 27. Dari ayat itu kalau cuma Allah yang sanggup melapangkan rizki pada kita yang kita sendiri tidak sanggup memperkirakan nikmatnya, alhasil perilaku yang dapat diteladani dalam asmaul husna Al Basith ialah Bersyukur atas nikmat Allah swt.

Lawan kata Al Basith ialah Al Qabidh, Yang Maha Menahan Rezeki ( Menyempitkan ). Umumnya 2 asma ini cuma dikaitkan pada hal rezeki.

Selaku Al Qabidh, dalam hal sedekah, Allah menggenggamnya dari orang - orang kaya sebagai Al Qabidh kemudian menyalurkannya pada orang orang miskin sebagai Al Basith. Sementara itu buat perkara rezeki, Al Basith menjulurkannya pada orang - orang kaya sampai tidak terdapat lagi keinginan mereka yang tersisa.

Allah Maha tahu kapan Ia harus melapangkan serta kapan Ia harus menyempitkan seluruh hal hidup manusia. Rahmat Allah tidak ada batasannya, apa pun serta tidak sanggup dihitung dengan akal sehat manusia yang serba terbatas ini.

Cukuplah Allah selaku senderan hati serta iman yang kokoh buat berharap supaya menemukan luasnya kasih sayang dan Rahmat dari Nya. Bukti bahwa Allah memiliki sifat Al Basith yakni ada dalam Alquran surat Al Ankabut ayat 62,

ٱللَّهُ يَبْسُطُ ٱلرِّزْقَ لِمَن يَشَآءُ مِنْ عِبَادِهِۦ وَيَقْدِرُ  لَهُۥٓ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ بِكُلِّ شَىْءٍ عَلِيمٌ

Allāhu yabsuṭur-rizqa limay yasyā`u min 'ibādihī wa yaqdiru lah, innallāha bikulli syai`in 'alīm

Allah melapangkan rezeki bagi orang yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya dan Dia (pula) yang membatasi baginya. Sungguh, Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

Dalil Tentang Al Basith

Asmaul Husna Al Basith dengan gamblang dipaparkan dalam firmanNya di Al Quran, salah satunya yang ada dalam Surat Asy syuro ayat 27, selaku berikutnya,

۞ وَلَوْ بَسَطَ ٱللَّهُ ٱلرِّزْقَ لِعِبَادِهِۦ لَبَغَوْا۟ فِى ٱلْأَرْضِ وَلَٰكِن يُنَزِّلُ بِقَدَرٍ مَّا يَشَآءُ ۚ إِنَّهُۥ بِعِبَادِهِۦ خَبِيرٌۢ بَصِيرٌ

Walau basaṭallāhur-rizqa li'ibādihī labagau fil-arḍi wa lākiy yunazzilu biqadarim mā yasyā`, innahụ bi'ibādihī khabīrum baṣīr

Dan sekiranya Allah melapangkan rezeki kepada hamba-hamba-Nya niscaya mereka akan berbuat melampaui batas di bumi, tetapi Dia menurunkan dengan ukuran yang Dia kehendaki. Sungguh, Dia Mahateliti terhadap (keadaan) hamba-hamba-Nya, Maha Melihat.

Cara Meneladani Sifat Al Basith dari Allah SWT

Bagaimana cara meneladani sifat Al Basith dari Allah SWT? cara yang bisa kita jalani buat meneladani sifat Al Basith yakni selaku selanjutnya:

  • Menolong memudahkan beban org lain
  • Percaya allah hendak mengabulkan apa yang kita inginkan
  • Percaya allah merupakan Maha pelimpah kenikmatan.

Khasiat Berdzikir Menyebut Ya Basith

asmaul husna al basith

Khasiat berdzikir Al Basith, tentu Allah SWT berkenan membuka pintu kekayaan pada kita. Dengan banyak berdzikir Ya Basith, sehingga dengan izin Allah tidak hendak bergantung pada orang lain serta hendak memperoleh kekayaan. Selanjutnya Khasiat melafalkan dzikir Ya Basith:

  • Barangsiapa membacakan الباسط ( Ya Basith ) sebanyak 10 kali pada waktu Subuh, sehabis Shubuh dengan tangan terbuka ( telapak tangan mengarah ke atas ) setelah itu mengusap wajah dengan tangan.
  • Barangsiapa membaca Ya Basith (الْبَاسِطُ) sebanyak 300 kali dengan mengangkat kedua tangan kita, kemudian usapkan pada wajah kita, tentu Allah berkenan membukakan pintu kekayaan pada kita.

Seperti itu pembahasan mengenai makna Al Basith artinya adalah Yang Maha Melapangkan dalam Asmaul Husna yang dapat islamtwins.com sampaikan. Sekian dan Terima Kasih. 

Posting Komentar untuk "Makna Al Basith Artinya Yang Maha Melapangkan dalam Asmaul Husna"