Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makna Tersembunyi Al Fattah Artinya Allah Maha Pembuka Rahmat dalam Asmaul Husna

Al Fattah

Asmaul Husna Al Fatah artinya Allah Maha Pembuka segala rahmat buat makhluk ciptaannya.

Mengutip dari bermacam sumber, arti Al Fattah dibagi jadi 2 yakni, Pertama, al Fattâh itu Maha Menghakimi dan Memberikan ketetapan serta keputusan dengan adil. Kedua, Al Fattah mempunyai arti maha membuka segala rahmat buat manusia.

Rahmat dapat berbentuk kebaikan, berkah dan rezeki berlimpah, serta seluruh wujud kasih sayang yang sering tidak dipahami manusia.

Maka dari itu artikel islamtwins.com akan memberikan sedikit pemahaman kepada kita semua terkait makna tersembunyi dari Al Fattah Artinya Allah Maha Pembuka Rahmat dalam Asmaul Husna.

Makna Al Fattah Artinya Allah Maha Pembuka Rahmat

Selaku salah satu asmaul husna alias nama baik Allah SWT, tentu Al Fattah memiliki arti yang amat mulia. Dengan mengenali arti dari Al Fattah serta asmaul husna yang lain, seorang pemeluk islam hendak termotivasi buat terus menjaga terlebih lagi meningkatkan keimanannya pada Allah SWT.

Semacam yang sudah disinggung sebelumnya, Al Fattah artinya Allah Maha Pembuka Rahmat yang tercantum ke dalam salah satu dari 99 asmaul husna. Selaku salah satu sifat agung Allah SWT, arti Al Fattah kerap dimaknai selaku pembuka rahmat

Secara umum, rahmat ialah belas kasih serta anugerah yang Allah SWT berikan pada seluruh makhluk ciptaannya. Tidak heran bila, julukan atau sifat mutlak Allah SWT yakni Al Fattah kerap diucapkan kala pemeluk mukmin tengah berdoa.

Rahmat yang diserahkan Allah SWT pada manusia banyak sekali wujudnya, salah satunya ialah lewat rezeki ataupun nikmat. Alhasil, wajar bila Allah SWT memiliki nama mulia Al Fattah.

Dalam Al Quran ternyata Al Fattah memiliki arti lain yang jarang diketahui. Arti Al Fattah tersebut artinya ialah Maha Memberi Keputusan. Julukan mulia ini berarti kalau Allah SWT satu - satunya Dzat yang berkuasa memutuskan serta berkehendak atas kesinambungan dunia serta akhirat. Sebagaimana yang tercatat dalam Surat Saba ayat 26,

قُلْ يَجْمَعُ بَيْنَنَا رَبُّنَا ثُمَّ يَفْتَحُ بَيْنَنَا بِٱلْحَقِّ وَهُوَ ٱلْفَتَّاحُ ٱلْعَلِيمُ

Qul yajma'u bainanā rabbunā ṡumma yaftaḥu bainanā bil-ḥaqq, wa huwal-fattāḥul-'alīm

Artinya: Katakanlah, “Tuhan kita akan mengumpulkan kita semua, kemudian Dia memberi keputusan antara kita dengan benar. Dan Dia Yang Maha Pemberi keputusan, Maha Mengetahui.”

Dalil Al Fattar Artinya Allah Maha Pembuka Rahmat

Al Fattah Artinya

Asmaul Husna Al Fattah artinya Allah Maha Pembuka. Asmaul Husna yang berada di urutan ke-18 ini mempunyai arti Allah maha membuka seluruh rahmat buat manusia. Rahmat dapat berbentuk kebaikan, berkah serta rezeki berlimpah buat hamba - hambaNya.

Layaknya Asmaul Husna yang lain, sifat Allah Maha Pembuka pintu rahmat tercatat dalam beberapa ayat Al Quran. Selaku selanjutnya.

Surat Fatir ayat 2

مَّا يَفْتَحِ ٱللَّهُ لِلنَّاسِ مِن رَّحْمَةٍ فَلَا مُمْسِكَ لَهَا ۖ وَمَا يُمْسِكْ فَلَا مُرْسِلَ لَهُۥ مِنۢ بَعْدِهِۦ ۚ وَهُوَ ٱلْعَزِيزُ ٱلْحَكِيمُ

Mā yaftaḥillāhu lin-nāsi mir raḥmatin fa lā mumsika lahā, wa mā yumsik fa lā mursila lahụ mim ba'dih, wa huwal-'azīzul-ḥakīm

Apa saja di antara rahmat Allah yang dianugerahkan kepada manusia, maka tidak ada yang dapat menahannya; dan apa saja yang ditahan-Nya maka tidak ada yang sanggup untuk melepaskannya setelah itu. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

Surat Al Araf ayat 156

وَرَحْمَتِيْ وَسِعَتْ كُلَّ شَيْءٍۗ فَسَاَكْتُبُهَا لِلَّذِيْنَ يَتَّقُوْنَ وَيُؤْتُوْنَ الزَّكٰوةَ وَالَّذِيْنَ هُمْ بِاٰيٰتِنَا يُؤْمِنُوْنَۚ

wa raḥmatī wasi'at kulla syaī`, fa sa`aktubuhā lillażīna yattaqụna wa yu`tụnaz-zakāta wallażīna hum bi`āyātinā yu`minụn

Artinya: dan rahmat-Ku meliputi segala sesuatu. Maka akan Aku tetapkan rahmat-Ku bagi orang-orang yang bertakwa, yang menunaikan zakat dan orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami.”

Cara Meneladani Sifat Al Fattah

Bagaimana cara kita meneladani sifat Al Fattah? Meneladani Al Fattah bisa kita jalani dengan cara membaca dzikir Ya Fattah tiap hari. Mengamalkan dzikir itu, maksudnya mengakui kalau Allah Maha Membuka seluruh hal serta percaya hendak melimpahkan seluruh rahmat Nya.

Seorang mukmin yang meneladani sifat Al Fattah tetap membuka diri buat menyambut sesuatu yang baik. Bila tengah tertimpa permasalahan, hendak senantiasa memohon pada Allah supaya dibukakan pintu hati serta diserahkan jalan keluarnya.

Cara meneladani sifat Al Fattah pula bisa dicoba dengan memberikan keringanan pada orang lain buat mendapatkan rezeki, sebagaimana yang dikatakan dalam hadist yang diriwayatkan Ibnu Majah, Rasulullah bersabda

“ Berikanlah olehmu upahnya orang sewaan sebelum keringatnya kering.”

Demikian pembahasan perihal makna tersembunyi Al Fattah artinya Allah Maha Pembuka Rahmat dalam Asmaul Husna yang dapat islamtwins.com sampaikan. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Makna Tersembunyi Al Fattah Artinya Allah Maha Pembuka Rahmat dalam Asmaul Husna"