Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makna Tersembunyi dari Ar Razzaq Artinya Maha Pemberi Rezeki dalam Asmaul Husna

ar razzaq

Asmaul Husna Ar Razzaq artinya yaitu Allah Maha Pemberi Rezeki. Maha Pemberi Rezeki disini ialah bukti bagi kita semua mengenai alangkah sayangnya Allah SWT pada makhluk ciptaan- Nya.

Salah satu contoh atau bukti bahwa Ar Razzaq cuma dipunyai oleh Allah SWT yakni dengan diberikannya rezeki pada tiap tarikan nafas yang masih dirasakan oleh tiap manusia tanpa terkecuali.

Asmaul Husna ini berada di urutan ke-17 menyiratkan mengenai Allah SWT yang membagikan nikmat serta rezeki yang tidak bisa dihitung. Sebagaimana yang tertera dalam QS Ibrahim ayat 34 selaku berikutnya:

وَءَاتَىٰكُم مِّن كُلِّ مَا سَأَلْتُمُوهُ ۚ وَإِن تَعُدُّوا۟ نِعْمَتَ ٱللَّهِ لَا تُحْصُوهَآ ۗ إِنَّ ٱلْإِنسَٰنَ لَظَلُومٌ كَفَّارٌ

Wa ātākum ming kulli mā sa`altumụh, wa in ta'uddụ ni'matallāhi lā tuḥṣụhā, innal-insāna laẓalụmung kaffār

Artinya: Dan Dia telah memberikan kepadamu segala apa yang kamu mohonkan kepada-Nya. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan mampu menghitungnya. Sungguh, manusia itu sangat zalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah).

Maka dari itu artikel islamtwins.com akan memberikan sedikit pemahaman kepada kita semua terkait makna tersembunyi dari Ar Razzaq Artinya Maha Pemberi Rezeki dalam Asmaul Husna.

Makna Ar Razzaq artinya Allah Maha Pemberi Rezeki

Sebutan Ar Razzaq merupakan nama ke-17 dari 99 Asmaul Ḥusnā. Kata Ar Razzāq berasal dari pangkal kata ra`, za`, serta qaf, yang berarti rezeki. Melimpahnya rezeki yang dikasihkan oleh Allah SWT kerapkali lupa buat disyukuri, sering- kali kita juga tidak mengetahui perihal yang diberikan itu.

Rezeki yang banyak kerap kali membuat manusia lupa serta rezeki yang dikira tidak cukup membuat mereka putus asa serta menyerah. Padahal, seluruh makhluk Allah SWT, tercantum manusia telah mempunyai ketetapan rezekinya masing - masing.

Allah SWT tahu, apa yang terbaik untuk hamba - hamba Nya serta Allah hendak senantiasa memberikan seluruhnya di dikala waktu yang tepat. Yang hanya dapat kita jalani ialah senantiasa beriman kepadanya, percaya, bersyukur serta tidak pernah putus asa.

Oleh sebab itu kamu tidak perlu takut dengan sesuatu yang belum diperoleh sebab dapat jadi, Allah SWT hendak membagikan sesuatu yang lebih bagus dari hal itu. Lantas bagaimana tulisan Ar Razzaq itu? Berikut tulisan Ar Razzaq arab, latin dan artinya.

Tulisan Ar Razzaq Arab, Latin dan Artinya

cara meneladani ar razzaq

Cara Meneladani Sifat Ar Razzaq

Selaku Ar Razzaq artiya Maha Pemberi Rezeki, Allah SWT sudah sediakan rezeki ( tanpa akan kehabisan ) serta Allah SWT sudah menciptakan yang menginginkan rezeki itu, yaitu manusia serta makhluk ciptaan yang lain.

Selaku makhluk ciptaan Allah SWT, kita wajib meyakini kalau Ia sudah menjamin rezeki makhluk- makhluknya. Dengan jaminan rezeki yang Allah bagikan ini, kita wajib tetap berdoa kepada Nya buat diserahkan petunjuk atas letak rezeki Nya serta berupaya sekuat tenaga buat memperoleh rezeki yang sudah dipastikan oleh Allah SWT, sebagaimana yang tertera dalam QS. Al Mulk ayat 15.

هُوَ ٱلَّذِى جَعَلَ لَكُمُ ٱلْأَرْضَ ذَلُولًا فَٱمْشُوا۟ فِى مَنَاكِبِهَا وَكُلُوا۟ مِن رِّزْقِهِۦ ۖ وَإِلَيْهِ ٱلنُّشُورُ

Huwallażī ja'ala lakumul-arḍa żalụlan famsyụ fī manākibihā wa kulụ mir rizqih, wa ilaihin-nusyụr

Artinya: Dialah yang menjadikan bumi untuk kamu yang mudah dijelajahi, maka jelajahilah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nyalah kamu (kembali setelah) dibangkitkan.

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, kalau Ar Razzaq artinya ialah Allah yang Maha Pemberi Rezeki. Selanjutnya beberapa perihal yang perlu manusia jalani buat bisa meneladani asma Allah selaku Ar Razzaq:

1. Bekerja Keras

Cara meneladani sifat Ar Razzaq yang pertama yakni dengan bekerja keras. Bekerja keras disini artinya berusaha dengan sungguh- sungguh buat menggapai tujuan serta diiring pula dengan doa. Karena soa dan usaha tidak dapat dipisahkan. Doa yakni permohonan, pengharapan seseorang hamba pada sang Khaliq.

Jangan merasa mampu tanpa bantuan dari Nya. Tanpa seijin Nya tidak mungkin kita bisa memperolehnya. Andaikan bisa berhasil meski tanpa sempat memohon bantuan pada Allah, pasti hasil yang didapat tidak akan membawa berkah.

2. Beriman

Cara meneladani sifat Ar Razzaq yang kedua yakni supaya senantiasa beriman kepada Nya. Dari sekian banyaknya rezeki yang kita dapat dari Allah SWT, dia cuma meminta manusia buat beribadah kepada- Nya. Perihal ini serupa seperti yang tercatat dalam QS Al Ankabut ayat 17.

إِنَّمَا تَعْبُدُونَ مِن دُونِ ٱللَّهِ أَوْثَٰنًا وَتَخْلُقُونَ إِفْكًا ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ تَعْبُدُونَ مِن دُونِ ٱللَّهِ لَا يَمْلِكُونَ لَكُمْ رِزْقًا فَٱبْتَغُوا۟ عِندَ ٱللَّهِ ٱلرِّزْقَ وَٱعْبُدُوهُ وَٱشْكُرُوا۟ لَهُۥٓ ۖ إِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

Innamā ta'budụna min dụnillāhi auṡānaw wa takhluqụna ifkā, innallażīna ta'budụna min dụnillāhi lā yamlikụna lakum rizqan fabtagụ 'indallāhir-rizqa wa'budụhu wasykurụ lah, ilaihi turja'ụn

Artinya: Sesungguhnya yang kamu sembah selain Allah hanyalah berhala-berhala, dan kamu membuat kebohongan. Sesungguhnya apa yang kamu sembah selain Allah itu tidak mampu memberikan rezeki kepadamu; maka mintalah rezeki dari Allah, dan sembahlah Dia dan bersyukurlah kepada-Nya. Hanya kepada-Nya kamu akan dikembalikan.

3. Bersyukur

Meneladani Ar Razzaq artinya selaku manusia yang wajib dilakukan pertama ialah bersyukur. Rasulullah SAW bersabda yang artinya selaku selanjutnya:

”Sesungguhnya seseorang itu diciptakan dalam perut ibunya selama 40 hari dalam bentuk nuthfah, 40 hari menjadi segumpal darah,40 hari menjadi segumpal daging, kemudian Allah Swt mengutus malaikat untuk meniupkan ruh ke dalamnya dan menuliskan empat ketentuan, yaitu tentang rezekinya, ajalnya, amal perbuatannya dan (jalan hidupnya) sengsara atau bahagia.” (H.R.al-Bukhari dan Muslim).”

Perintah Allah SWT supaya kita semua bersyukur juga tercatat dalam QS Luqman ayat 14 yang artinya selaku selanjutnya:

وَوَصَّيْنَا الْاِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِۚ حَمَلَتْهُ اُمُّهٗ وَهْنًا عَلٰى وَهْنٍ وَّفِصَالُهٗ فِيْ عَامَيْنِ اَنِ اشْكُرْ لِيْ وَلِوَالِدَيْكَۗ اِلَيَّ الْمَصِيْرُ

Wa waṣṣainal-insāna biwālidaīh, ḥamalat-hu ummuhụ wahnan 'alā wahniw wa fiṣāluhụ fī 'āmaini anisykur lī wa liwālidaīk, ilayyal-maṣīr

Atrinya Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu.

Demikian pembahasan mengenai makna dari Ar Razzaq artinya Maha Pemberi Rezeki dalam Asmaul Husna yang dapat islamtwins.com sampaikan. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Makna Tersembunyi dari Ar Razzaq Artinya Maha Pemberi Rezeki dalam Asmaul Husna"