Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makna Sesungguhnya dari Al Aziz Artinya Yang Maha Perkasa

Al Aziz Artinya

Islamtwins.com - Al-Aziz artinya Allah SWT Yang Maha Perkasa. Sifat Al Aziz sendiri merupakan salah satu Asmaul Husna berada di urutan ke tujuh.

Asmaul Husna Al Aziz artinya kalau Allah SWT merupakan Dzat Yang Maha Perkasa. Keperkasaan- Nya tidak dapat dikalahkan oleh suatu apa pun. Sifat Maha Perkasa Allah itu melingkupi 3 aspek. Apa sajakah itu?

  • Dzat yang tiada bandingannya
  • Dzat yang amat diperlukan.
  • Dzat yang tidak dapat digapai semua makhluk.

Dengan begitu sifat Al Aziz artinya Allah SWT Yang Maha Perkasa, tidak kalah oleh apapun, serta Maha Kuat. Perihal itu disebabkan kemampuan, kejayaan, serta kekuatannya Allah amat melimpah serta tidak bisa dikalahkan ataupun ditangguhkan.

Tidak hanya itu, Dialah satu - satunya yang memahami semua makhluk ciptaan- Nya. Allah lah pangkal seluruh kemampuan, kekuatan serta potensi.

Pengertian Al Aziz artinya Allah SWT yang Maha Perkasa

Al Aziz Artinya

Salah satu Asmaul Husna yang dipunyai oleh Allah SWT ialah Al Aziz. Asmaul Husna Al Aziz artinya ialah Yang Maha Perkasa. lafaz Al Aziz bersumber dari kata Azaza yang berarti kokoh, perkasa, agung, serta konsekuen.

Dalam bahas arab, pengertian Al Aziz diartikan sebagai perkasa, kokoh, ditinggikan, dimuliakan dihormati, tidak terkalahkan, sangat jarang, serta tidak terjangkau.

Kaitannya Al Aziz dengan Allah SWT yakni kalau Kemahaperkasaan pada nama Allah yang dimaksud ialah bahwasanya Allah mempunyai kekuatan ataupun mukjizat yang diserahkan pada orang - orang yang dipilih Nya. Dengan mendapatkan mukjizat itu, sehingga orang - orang pilihan Allah itu akan sanggup menegakkan kebenaran.

Bukti bahwa Allah SWT bersifat Al Aziz

Bukti bahwa allah bersifat Al Aziz yakni Dialah yang Maha Perkasa, maha kuat menundukkan seluruh musuh Nya. Ia maha kuat serta maha Perkasa menaklukkan para pendurhaka serta orang yang menentangnya, Ia pula maha Perkasa buat melenyapkan alam semesta ini, dalam sekejap mata.

Ia maha kuat serta Maha Perkasa membantu hamba - hamba Nya dalam tengah mengalami bermacam kesusahan serta permasalahan. Tidak terdapat satu kekuatanpun yang bisa mengalahkan- Nya.

Ibnu Katsir mengatakan,“ Al-Aziz, ialah yang menundukkan seluruh sesuatu serta mengalahkannya, yang menaklukkan segala suatu sehingga tidak seorangpun yang bisa menghina sebab kekuatan, kebesaran, keperkasaan serta kehormatan yang dimilikinya. 

Cara Menerapkan Sifat Al Aziz

Bagaimana cara kita menerapkan sifat Al Aziz? cara kita menerapkan sifat Al Aziz bisa dengan membuat diri jadi lebih kuat serta berani dalam mendapati ketidakadilan, kejahatan serta kemunafikan.

Seluruhnya bisa diawali dari diri sendiri yang artinya kita wajib dapat mengatur diri dari bermacam perbuatan jelek. Bila mampu mengatur diri jadi lebih baik serta menghadapi seluruh hambatan, sehingga kita akan sanggup mengupayakan kebaikan di sekitar kita.

Hikmah yang bisa kita ambil dari Asmaul Husna Al Aziz ialah bila seseorang diberi kekuasaan, sehingga dia wajib mengetahui kalau terdapat yang lebih berkuasa dari dirinya. Orang yang mempunyai kuasa seharusnya memakai kekuasaannya sesuai dengan semestinya. Karena, sejatinya seorang yang mempunyai kuasa ialah seorang pemimpin untuk orang - orang di sekelilingnya.

Demikian pembahasan mengenai makna sesungguhnya dari Al Aziz Artinya Yang Maha Perkasa dalam Asmaul Husna yang dapat fakhri sampaikan. Smoga bermanfaat.

wallahu a'lam bishawab

Posting Komentar untuk "Makna Sesungguhnya dari Al Aziz Artinya Yang Maha Perkasa"