Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makna Al Muhaimin Artinya Allah Maha Mengatur dalam Asmaul Husna

Al Muhaimin Artinya

Islamtwins.com - Al Muhaimin artinya Allah Yang Maha Mengatur semua makhluk Nya atas mereka dengan penuh perhatian, berikan mereka rezeki serta kehidupan.

Sifat Asmaul Husna Al Muhaimin kepunyaan Allah SWT pun pula tertuang dalam firmanNya surah Al Hasyr ayat 23, selaku selanjutnya

هُوَ ٱللَّهُ ٱلَّذِى لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْمَلِكُ ٱلْقُدُّوسُ ٱلسَّلَٰمُ ٱلْمُؤْمِنُ ٱلْمُهَيْمِنُ ٱلْعَزِيزُ ٱلْجَبَّارُ ٱلْمُتَكَبِّرُ ۚ سُبْحَٰنَ ٱللَّهِ عَمَّا يُشْرِكُونَ

Huwallāhullażī lā ilāha illā huw, al-malikul-quddụsus-salāmul-mu`minul-muhaiminul-'azīzul-jabbārul-mutakabbir, sub-ḥānallāhi 'ammā yusyrikụn

Artinya: Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan Keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala Keagungan, Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.

Dalam suatu riwayat, seorang sahabat mendengar terpaut Asmaul Husna, beliau setelah itu bertanya pada Nabi Muhammad SAW: “Wahai Rasulullah, apakah kita bisa mempelajarinya?” Nabi Muhammad SAW lalu menanggapi,“ Benar, dianjurkan untuk setiap orang yang mendengarnya [Asmaul Husna] buat mempelajarinya,” (H. R. Ahmad).

Arti Al Muhaimin dalam Asmaul Husna

Salah satu Asmaul Husna kepunyaan Allah SWT ialah Al-Muhaimin. Asmaul Husna Al-Muhaimin artinya Yang Maha Mengatur. lafaz Asmaul Husna Al-Muhaimin berasal dari tutur Haimana (هيمن) yang berarti kekuasaan, pengawasan, serta wewenang kepada suatu perihal. Sifat Al Muhaimin berada di urutan ke tujuh dalam Asmaul Husna.

Allah subhanahu wa taala merupakan Zat Yang Maha Memelihara semua makhluk. Itu sebabnya amal perbuatan kita, rezeki kita ( tercantum pasangan ), terlebih lagi kematian kita sekali pun telah diatur oleh Nya. Dalam Tafsir Al Mishbah ( 2001 ) menarangkan kalau tutur “ kekuasaan” mempunyai arti kalau Allah SWT memahami seluruh permasalahan berdasarkan keluasan ilmu Nya.

Sehingga, Al Muhaimin artinya ialah Ia yang menetapkan kesejahteraan serta perlindungan atas seluruh ciptaan Nya. Ia senantiasa terjaga and memberikan kesejahteraan serta keamanan. Dialah yang terpercaya yang senantiasa menunjukkan kebenaran.

Di sisi lain, para ulama pula beranggapan kalau kata Al Muhaimin ialah turunan dari haimana- yuhaiminu. Alhasil Asmaul Husna Al Muhaimin artinya yakni menjaga, melindungi, mengawasi, serta jadi saksi pada sesuatu serta memeliharanya.

Konteks menjaga itu dimaknai dengan terpeliharanya kebutuhan semua makhluk ciptaanNya. Mulai dari profesi, rezeki, kematian, sampai seluruh hal di dunia.

Oleh karena itulah, bukti bahwa Allah memiliki sifat al Muhaimin yakni kalau Allah SWT bukan semata - mata menciptakan makhluk. Tetapi Ia pula selaku Dzat Pencipta sudah mempersiapkan rezeki masing - masing pada ciptaanNya sesuai dengan surah Hud ayat 6, selaku selanjutnya.

وَمَا مِن دَآبَّةٍ فِى ٱلْأَرْضِ إِلَّا عَلَى ٱللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِى كِتَٰبٍ مُّبِينٍ

Wa mā min dābbatin fil-arḍi illā 'alallāhi rizquhā wa ya'lamu mustaqarrahā wa mustauda'ahā, kullun fī kitābim mubīn

Artinya: Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).

Cara Meneladani Asmaul Husna Al Muhaimin

Al Muhaimin Artinya

Bagaimana cara kita meneladani Asmaul Husna Al Muhaimin? meneladani Asmaul Husna Al Muhaimin yang artinya memelihara bisa dicoba dengan cara menjaga apa yang kita punya, semacam halnya melindungi serta menjaga apa yang dititipkan orang lain pada kita pula tercantum dalam tindakan meneladani nama baik Allah SWT ini.

Diceritakan, Rasulullah sempat bekerja menggembalakan biri - biri keluarganya di Ajyad serta biri - biri masyarakat Makkah. Tugas Rasulullah selaku penggembala yakni menjaga biri - biri piaraan itu.

Perihal yang perlu dicoba Rasulullah SAW ialah memberi makan, melindungi dari gangguan binatang lain, serta melindungi kesehatan biri - biri. Dengan begitu, domba - domba itu bisa hidup dengan baik, nyaman, serta berkembang biak.

Meneladani sifat Asmaul Husna Al Muhaimin artinya Yang Maha Memelihara pula bisa dicoba pada diri kita sendiri. Perihal yang bisa dicoba ialah menjaga hati supaya terhindar dari seluruh penyakit hati, menjaga anggota tubuh supaya bebas dari penyakit, serta menjaga area eksternal dengan hubungan orang di dekat kita.

Contoh Sifat Asmaul Husna Al Muhaimin

  • Memelihara binatang dengan mencintai serta memberi makan minum
  • Mendidik fakir miskin dengan memberikan pembelajaran yang baik sehingga bisa berkembang jadi seseorang yang berguna
  • Mengajarkan agama buat bekal di akhirat

Demikian pembahasan mengenai makna Al Muhaimin artinya Allah Maha Mengatur dalam Asmaul Husna yang dapat fakhri sampaikan, Semoga bermanfaat.

wallahu a'lam bishawab

Posting Komentar untuk "Makna Al Muhaimin Artinya Allah Maha Mengatur dalam Asmaul Husna"