Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makna Al Ghaffar Artinya Yang Maha Pengampun dalam Asmaul Husna

Al Ghaffar Artinya

Islamtwins.com - Asmaul Husna Al Ghaffar artinya Yang Maha Pengampun alias Yang Maha Pemaaf wajib diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Al Ghaffar artinya yakni Allah SWT hendak berikan maaf, dan juga berikan pengampunan pada semua umatnya. Oleh sebab itu, kita selaku makhluk ciptaannya perlu memohon ampunan kepada Allah SWT dengan senantiasa beristighfar supaya mendapat pengampunan.

Belas kasih Allah SWT tidak akan pernah habis serta usai walaupun kita kerap kali membuat dosa. Ia hendak senantiasa memaafkan seluruh dosa - dosa kita baik dosa kecil ataupun dosa besar dari hambaNya sepanjang kita ingin bertobat.

Maka dari itu artikel islamtwins.com akan memberikan sedikit pemahaman kepada kita semua terkait makna Al Ghaffar Artinya Yang Maha Pengampun dalam Asmaul Husna.

Makna Al Ghaffar Artinya Maha Pengampun

Dalam bahasa Arab, kata Al Ghaffar bersumber pada kata “ ghafara ” yang berarti menutupi, yang berarti Allah Maha menutupi aib, kesalahan, serta kelalaian hamba - hambaNya. Kata Al Ghaffar pula bisa diartikan semacam maghfirah ( ampunan ), ghufrân ( ampunan ), ghâfir ( yang memaafkan ), ghafûr ( pengampun ), ghufrah ( alat penutup ), ghafîr ( yang menutupi ).

Dalam Asmaul Husna, Al Ghaffar artinya ialah Allah Maha Pengampun ataupun Yang Maha Pemberi Pengampunan. Memaafkan berarti menutupi dosa dengan ampunan alhasil dosa itu tidak nampak lagi. Maha Pengampun di sini dimaknai sebegai Allah SWT yang menutupi dosa manusia memakai jalan ampunan, alhasil dosa - dosa baik kecil ataupun besar jadi tidak nampak lagi.

Allah SWT menutupi seluruh kekurangan manusia meski manusia bersalah. Namun, sebab maghfirah ( ampunan ) Allah manusia jadi terhormat serta mulia di hadapan manusia yang lain. Oleh sebab itu, biar manusia senantiasa dalam kemuliaan, Allah memerintahkan manusia memohon maghfirah dengan istighfâr biar ditutupi dosa - dosanya dengan ghufrân ( ampunan ).

Sehingga bisa disimpulkan kalau Al Ghaffar artinya Allah SWT menutupi dosa - dosa hambaNya serta memaafkan bila ia ingin bertaubat. Oleh sebab itu, wajib bagi manusia buat senantiasa istighfâr cuma pada Allah SWT.

Cara Meneladani Sifat Al Ghaffar

Sehabis mengenali Al Ghaffar artinya Allah Maha Pengampun, kalian pula perlu meneladaninya dalam kehidupan sehari - hari. Selanjutnya cara meneladani sifat Al Ghaffar, yaitu:

  • Menutupi kesalahan orang lain
  • Memaafkan kesalahan yang diperbuat orang lain

Seperti itu sifat Allah SWT selaku Al Ghaffar yang artinya ialah Zat yang Maha Mengampuni. Tidak ada dosa yang tidak berkesempatan diampuni melainkan dosa syirik. Oleh karena itu, bukan berarti kita bisa melakukan dosa sesuka kita sebab merasa yakin kalau dosa itu pasti diampuni. Namun kita sebisa mungkin menghindar dari perbuatan dosa.

Itulah pembahasan mengenai makna Al Ghaffar artinya Yang Maha Pengampun dalam Asmaul Husna yang dapat islamtwins.com sampaikan. Sekian dan Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Makna Al Ghaffar Artinya Yang Maha Pengampun dalam Asmaul Husna"