Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makna Al Qahhar Artinya Yang Maha Menundukkan dalam Asmaul Husna

Al Qahhar Artinya

Islamtwins.com - Al Qahhar artinya Yang Maha Menundukkan. Manundukkan disini ialah tidak terdapat satu makhluk pun melainkan tunduk di bawah kewenangan Allah subhanahu wa taala dan lemah dalam genggaman Nya.

Asmaul husna urutan ke-15 ini mengisyaratkan kalau Allah SWT berkuasa atas seluruh ciptaan Nya. Alam semesta serta seluruh isinya berjalan berdasarkan hukum ataupun ketetapan yang sudah didetetapkan oleh Allah. Dialah yang memahami, menundukkan segalanya serta tidak terdapat yang bisa mengalahkan Nya.

Maka dari itu artikel islamtwins.com akan memberikan sedikit pemahaman kepada kita semua terkait makna Al Qahhar Artinya Yang Maha Menundukkan dalam Asmaul Husna.

Makna Al Qahhar Artinya Yang Maha Menundukkan

Salah satu Asmaul Husna yang dipunyai oleh Allah SWT ialah Al Qahhar. Asmaul Husna Al Qahhar artinya ialah Yang Maha Menundukkan.

Lafaz Al Qahhar berawal dari Qahir yang berarti perkasa, amat kokoh serta hebat, alhasil berkuasa dalam menaklukkan serta menundukkan segala sesuatu, bahwa Allah SWT ialah Dzat yang menundukkan kehidupan di dunia.

Selain mempunyai arti selaku Yang Maha Menundukkan, Al Qahhar pula dapat mengartikan kalau Allah penguasa hari akhir serta hari pembalasan.

Di akhirat, Allah Azza wa Jalla menundukkan seluruh makhluk, tercantum manusia. Alhasil Ia berkuasa menghidupkan kembali seluruh manusia serta mengumpulkannya di padang Mahsyar.

Sebagaimana yang tertuang dalam Surat Ibrahim ayat 48 selaku selanjutnya:

يَوْمَ تُبَدَّلُ ٱلْأَرْضُ غَيْرَ ٱلْأَرْضِ وَٱلسَّمَٰوَٰتُ ۖ وَبَرَزُوا۟ لِلَّهِ ٱلْوَٰحِدِ ٱلْقَهَّارِ

Yauma tubaddalul-arḍu gairal-arḍi was-samāwātu wa barazụ lillāhil-wāḥidil-qahhār

Artinya: (Yaitu) pada hari (ketika) bumi diganti dengan bumi yang lain dan (demikian pula) langit, dan meraka semuanya (di padang Mahsyar) berkumpul menghadap ke hadirat Allah yang Maha Esa lagi Maha Perkasa.


Dalil Al Qahhar dalam Al Quran

Di dalam kitab suci Al Quran, smaul Husna Al Qahhar dituturkan sebanyak 6 kali. Penyebutan sebutan serta sifat Al Qahhar Allah SWT secara nyata di dalam Al Quran salah satunya yakni pada surat Al Ghafir ayat 16.

يَوْمَ هُمْ بَارِزُونَ ۖ لَا يَخْفَىٰ عَلَى اللَّهِ مِنْهُمْ شَيْءٌ ۚ لِمَنِ الْمُلْكُ الْيَوْمَ ۖ لِلَّهِ الْوَاحِدِ الْقَهَّارِ ﴿١٦﴾

yauma hum bārizụn, lā yakhfā ‘alallāhi min-hum syaī`, limanil-mulkul-yaụm, lillāhil-wāḥidil-qahhār

Artinya: (yaitu) pada hari (ketika) mereka keluar (dari kubur); tidak sesuatu pun keadaan mereka yang tersembunyi di sisi Allah. (Lalu Allah berfirman), “Milik siapakah kerajaan pada hari ini?” Milik Allah Yang Maha Esa, Maha Mengalahkan.

Cara Meneladani dan Mencontoh Asmaul Husna Al Qahhar

Al Qahhar Artinya

Bagaimana sikap meneladani dan mencontoh Asmaul Husna Al Qahhar dalam kehidupan kita sehari hari? buat bisa meneladani sifat Allah SWT sebagai Al Qahhar, seorang Muslim wajib dapat menahan( menundukkan) hawa nafsu dan mengendalikannya.

Seorang Mukmin wajib menganggap nafsu yang terdapat di dalam diri selaku seburuk- buruknya makhluk. Tujuannya buat menyerahkan diri serta segalanya pada Allah SWT.

Perlu diketahui kalau setan hendak tetap berupaya menghalangi manusia dikala hendak melaksanakan perintah - perintah Allah. Jadi, bila mau meneladani Al Qahhar, manusia wajib melalaikan serta menaklukkan rayuan setan yang terkutuk.

Demikian pembahasan mengenai makna Al Qahhar artinya Yang Maha Menundukkan dalam Asmaul Husna yang bisa islamtwins.com sampaikan. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Makna Al Qahhar Artinya Yang Maha Menundukkan dalam Asmaul Husna"