Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makna Al Mushawwir Artinya Yang Maha Membentuk Rupa

Al Mushawwir Artinya

Islamtwins.com - Selaku asma Allah SWT, Asmaul Husna Al Mushawwir artinya Yang Maha Menciptakan Rupa yang berbeda-beda wujud sesuai kehendakNya.

Perihal ini diisyaratkan dalam Surat Al Infithar ayat 8 dan Ghafir ayat 64 selaku selanjutnya.

Surat Al Infithar ayat 8

فِىٓ أَىِّ صُورَةٍ مَّا شَآءَ رَكَّبَكَ

Fī ayyi ṣụratim mā syā`a rakkabak

Artinya: Dalam bentuk apa saja yang Dia kehendaki, Dia menyusun tubuhmu.

Surah Ghafir ayat 64

ٱللَّهُ ٱلَّذِى جَعَلَ لَكُمُ ٱلْأَرْضَ قَرَارًا وَٱلسَّمَآءَ بِنَآءً وَصَوَّرَكُمْ فَأَحْسَنَ صُوَرَكُمْ وَرَزَقَكُم مِّنَ ٱلطَّيِّبَٰتِ ۚ ذَٰلِكُمُ ٱللَّهُ رَبُّكُمْ ۖ فَتَبَارَكَ ٱللَّهُ رَبُّ ٱلْعَٰلَمِينَ

Allāhullażī ja'ala lakumul-arḍa qarāraw was-samā`a binā`aw wa ṣawwarakum fa aḥsana ṣuwarakum wa razaqakum minaṭ-ṭayyibāt, żālikumullāhu rabbukum, fa tabārakallāhu rabbul-'ālamīn

Artinya: Allah-lah yang menjadikan bumi bagi kamu tempat menetap dan langit sebagai atap, dan membentuk kamu lalu membaguskan rupamu serta memberi kamu rezeki dengan sebahagian yang baik-baik. Yang demikian itu adalah Allah Tuhanmu, Maha Agung Allah, Tuhan semesta alam.

Maka dari itu artikel islamtwins.com akan memberikan sedikit pemahaman kepada kita semua terkait makna Al Mushawwir artinya Yang Maha Membentuk Rupa dalam Asmaul Husna.

Makna Al Mushawwir Artinya Yang Maha Membentuk Rupa

Salah satu Asmaul Husna yang dipunyai oleh Allah SWT ialah Al Mushawwir. Asmaul Husna Al Mushawwir mempunyai arti, yakni Yang Maha Membentuk Rupa. Asmaul Husna Al Mushawwir berawal dari kata kerja shawwara. Selaku bahasa, shawwara berarti menggambarkan.

Melalui Asmaul Husna, Allah menggambarkan sifat - sifat Nya buat berikan pelajaran untuk makhluk - Nya. Tidak hanya itu, pemeluk muslim bisa semakin meyakini Allah lewat pendalaman beberapa nama - nama baik Nya.

Lafaz Al Musawwir dalam Al Quran umumnya dirangkai pada satu kesatuan dengan Asmaul Husna Al Khaliq serta Al Bari. Terus apa perbedaan Al Khaliq al Bari dan Al Musawwir?

Lafaz Al Mushawwir dalam bahasa Arab mempunyai arti membengkokkan buat membuat sesuatu, menciptakan, mengukir, membayangkan, ataupun menggambarkan sesuatu, condong ataupun tertarik pada sesuatu. Sementara itu Al Khaliq artinya yang menciptakan segala sesuatu, ada pula Al Bari artinya khusus menciptakan yang bernyawa.

Sehingga Asmaul Husna Al Musawwir diartikan kalau Allah SWT merupakan Dzat yang berikan wujud serta rupa, cara dan substansi untuk ciptaan Nya yang berbagai macam.

Dari sekian banyak makhluk Nya, manusia ialah makhluk buatan Allah yang terbaik dari aspek wujud serta potensinya, dengan memberinya kemampuan berpikir dengan ide, memberinya hati serta anugerah ( petunjuk jalan kehidupan ) lewat ajaran dengan mengutus para Nabi serta Rasul.

Tidak hanya itu, Allah pula menyediakan seluruh sarana kehidupan ( rezeki ) di muka bumi ini supaya manusia dengan wujud tubuh serta muka yang baik, akal yang pintar, jiwa yang bersih, serta petunjuk wahyu yang menerangi jalur kehidupannya mampu menjadi dirinya selaku hamba serta khalifah Nya dengan mengerjakan baik, membuat peradaban berkemajuan, serta tidak merusak alam raya.

Itulah bukti bahwa Allah Subhanahu Wa Ta Ala memiliki asmaul husna Al Mushawwir yakni allah SWT yang telah menciptakan semua manusia serta binatang dengan wujud yang berbeda beda.

Cara Mengimani Sifat Al Musawwir

Al Mushawwir Artinya

Bagaimana cara kita mengimani sifat Al Musawwir? Yakni dengan berintrospeksi sekalian mensyukuri ( menerima, mengapresiasi, serta memaknai ) karunia selaku manusia yang ialah ahsan taqwim, supaya tidak jadi asfal safilin ( posisi yang serendah - rendahnya ) sebab kufur, ingkar, serta maksiat kepada- Nya.

Contoh Al Mushawwir dalam kehidupan sehari hari

  • Senantiasa merasa perlu keluar dari zona nyaman.
  • Memotivasi amal shalih yang berkontribusi positif untuk keummatan, kemanusiaan, serta kebangsaan.
  • Menuju kreasi terkini yang mencerahkan serta menginspirasi

Itulah pembahasan mengenai makna Al Mushawwir artinya Yang Maha Membentuk Rupa dalam Asmaul Husna yang dapat islamtwins.com sampaikan. Sekian terima kasih.

Posting Komentar untuk "Makna Al Mushawwir Artinya Yang Maha Membentuk Rupa"