Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makna Ar Rafi Artinya Yang Maha Meninggikan dalam Asmaul Husna

asmaul husna ar rafi

Arti Ar Rafi dalam Asmaul Husna artinya ialah Yang Mana Meninggikan ( Makhluk NYA). Meninggikan disini artinya Allah Azza wa Jalla yang sanggup menaikkan serta merendahkan derajat makhluk Nya.

Apabila Allah berkehendak, Ia bisa mengangkat siapa pun yang dikehendaki dengan berikan rezeki serta karuniaNya. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al Anam Ayat 165,

وَهُوَ ٱلَّذِى جَعَلَكُمْ خَلَٰٓئِفَ ٱلْأَرْضِ وَرَفَعَ بَعْضَكُمْ فَوْقَ بَعْضٍ دَرَجَٰتٍ لِّيَبْلُوَكُمْ فِى مَآ ءَاتَىٰكُمْ ۗ إِنَّ رَبَّكَ سَرِيعُ ٱلْعِقَابِ وَإِنَّهُۥ لَغَفُورٌ رَّحِيمٌۢ

Wa huwallażī ja'alakum khalā`ifal-arḍi wa rafa'a ba'ḍakum fauqa ba'ḍin darajātil liyabluwakum fī mā ātākum, inna rabbaka sarī'ul-'iqābi wa innahụ lagafụrur raḥīm

Artinya: Dan Dialah yang menjadikan kamu sebagai khalifah-khalifah di bumi dan Dia mengangkat (derajat) sebagian kamu di atas yang lain, untuk mengujimu atas (karunia) yang diberikan-Nya kepadamu. Sesungguhnya Tuhanmu sangat cepat memberi hukuman dan sungguh, Dia Maha Pengampun, Maha Penyayang.

Maka dari itu artikel islamtwins.com akan memberikan sedikit pemahaman kepada kita semua terkait makna tersembunyi dari Ar Rafi Artinya Yang Maha Meninggikan dalam Asmaul Husna.

Makna Ar Rafi Artinya Yang Maha Meninggikan

Sebagaimana yang telah islamtwins bahas diatas bahwasannya Asmaul Husna Ar Rafi artinya adalah Allah Maha Meninggikan ( derajat mahluk ). Ar Raafi merupakan satu di antara 99 Asmaul Husna yang berada di urutan ke-23.

Al Rafi ini mengisyaratkan kalau Allah SWT merupakan Tuhan yang mengangkat manusia dari titik terendahnya pada titik tertingginya. Artinya, apabila Allah sudah mengangkat hambaNya yang dikehendaki, sehingga Ia hendak memuliakan serta menjadikannya terpandang.

Menaikkan disini pula bukan cuma hanya mengangkat derajat hambanya saja, namun Allah SWT pula mengangkat rezeki, kehidupan sosial - ekonomi, dan kedudukan di mata sesama manusia yang lain. Meski Allah SWT mengangkat derajat hambanya, bukan berarti dipastikan masuk ke dalam surganya Allah, melainkan lebih dekat dengan Allah di dunia serta di akhirat esok.

Lantas siapakah orang yang akan diangkat derajatnya oleh Allah? Allah SWT hendak menaikkan derajat orang yang beriman serta beramal shaleh, yang melaksanakan seluruh perintah Nya dan meninggalkan seluruh larangan Nya.

Allah menaikkan derajat orang - orang yang tetap berakhlak mulia serta senang melakukan kebaikan. Allah pula memuliakan orang - orang yang berilmu serta ingin mengamalkannya. Fadilat itu hendak diserahkan Allah di akhirat.

Cara Meneladani Asmaul Husna Ar Rafi

ar rafi artinya

Meneladani asma Allah selaku Al Rafi artinya Yang Maha Meninggikan berarti yakin kalau Allah SWT yang bisa menaikkan derajat serta status kita di hadapanNya serta makhlukNya.

Sehingga jelaslah kalau keistimewaan mengimani asmaul husna Al Rafi merupakan supaya kita memperoleh posisi terbaik di hadapan Allah Azza wa Jalla.

Semakin kita mendekat kepadaNya semakin kita memperoleh bagian paling tinggi dihadapan Allah serta semua makhlukNya. Selanjutnya contoh perilaku asmaul husna ar rafi:

  • Giat shalat, membaca Al Qur’an.
  • Hobi mencari ilmu serta mengamalkannya, baik buat diri sendiri ataupun orang lain.
  • Menghormati orang lain.
  • Tetap berperilaku dengan akhlak mulia supaya Allah menaikkan derajat kita.

Dalil Ar Rafi

Dinyatakan dalam al Qur’an bahwasannya Allah SWT mengangkat derajat siapa saja yang Allah kehendaki diantaranya yakni,

Surat Al-An’am Ayat 83

وَتِلْكَ حُجَّتُنَآ ءَاتَيْنَٰهَآ إِبْرَٰهِيمَ عَلَىٰ قَوْمِهِۦ ۚ نَرْفَعُ دَرَجَٰتٍ مَّن نَّشَآءُ ۗ إِنَّ رَبَّكَ حَكِيمٌ عَلِيمٌ

Wa tilka ḥujjatunā ātaināhā ibrāhīma 'alā qaumih, narfa'u darajātim man nasyā`, inna rabbaka ḥakīmun 'alīm

Artinya: Dan itulah keterangan Kami yang Kami berikan kepada Ibrahim untuk menghadapi kaumnya. Kami tinggikan derajat siapa yang Kami kehendaki. Sesungguhnya Tuhanmu Mahabijaksana, Maha Mengetahui.

Surat Yusuf Ayat 76

فَبَدَأَ بِأَوْعِيَتِهِمْ قَبْلَ وِعَآءِ أَخِيهِ ثُمَّ ٱسْتَخْرَجَهَا مِن وِعَآءِ أَخِيهِ ۚ كَذَٰلِكَ كِدْنَا لِيُوسُفَ ۖ مَا كَانَ لِيَأْخُذَ أَخَاهُ فِى دِينِ ٱلْمَلِكِ إِلَّآ أَن يَشَآءَ ٱللَّهُ ۚ نَرْفَعُ دَرَجَٰتٍ مَّن نَّشَآءُ ۗ وَفَوْقَ كُلِّ ذِى عِلْمٍ عَلِيمٌ

Fa bada`a bi`au'iyatihim qabla wi'ā`i akhīhi ṡummastakhrajahā miw wi'ā`i akhīh, każālika kidnā liyụsuf, mā kāna liya`khuża akhāhu fī dīnil-maliki illā ay yasyā`allāh, narfa'u darajātim man nasyā`, wa fauqa kulli żī 'ilmin 'alīm

Artinya: Maka mulailah dia (memeriksa) karung-karung mereka sebelum (memeriksa) karung saudaranya sendiri, kemudian dia mengeluarkan (piala raja) itu dari karung saudaranya. Demikianlah Kami mengatur (rencana) untuk Yusuf. Dia tidak dapat menghukum saudaranya menurut undang-undang raja, kecuali Allah menghendakinya. Kami angkat derajat orang yang Kami kehendaki; dan di atas setiap orang yang berpengetahuan ada yang lebih mengetahui.

Surat Al-Baqarah Ayat 253

۞ تِلْكَ ٱلرُّسُلُ فَضَّلْنَا بَعْضَهُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ ۘ مِّنْهُم مَّن كَلَّمَ ٱللَّهُ ۖ وَرَفَعَ بَعْضَهُمْ دَرَجَٰتٍ ۚ وَءَاتَيْنَا عِيسَى ٱبْنَ مَرْيَمَ ٱلْبَيِّنَٰتِ وَأَيَّدْنَٰهُ بِرُوحِ ٱلْقُدُسِ ۗ وَلَوْ شَآءَ ٱللَّهُ مَا ٱقْتَتَلَ ٱلَّذِينَ مِنۢ بَعْدِهِم مِّنۢ بَعْدِ مَا جَآءَتْهُمُ ٱلْبَيِّنَٰتُ وَلَٰكِنِ ٱخْتَلَفُوا۟ فَمِنْهُم مَّنْ ءَامَنَ وَمِنْهُم مَّن كَفَرَ ۚ وَلَوْ شَآءَ ٱللَّهُ مَا ٱقْتَتَلُوا۟ وَلَٰكِنَّ ٱللَّهَ يَفْعَلُ مَا يُرِيدُ

Tilkar-rusulu faḍḍalnā ba'ḍahum 'alā ba'ḍ, min-hum mang kallamallāhu wa rafa'a ba'ḍahum darajāt, wa ātainā 'īsabna maryamal-bayyināti wa ayyadnāhu birụḥil-qudus, walau syā`allāhu maqtatalallażīna mim ba'dihim mim ba'di mā jā`at-humul-bayyinātu wa lākinikhtalafụ fa min-hum man āmana wa min-hum mang kafar, walau syā`allāhu maqtatalụ, wa lākinnallāha yaf'alu mā yurīd

Artinya : Rasul-rasul itu Kami lebihkan sebagian mereka dari sebagian yang lain. Di antara mereka ada yang (langsung) Allah berfirman dengannya dan sebagian lagi ada yang ditinggikan-Nya beberapa derajat. Dan Kami beri Isa putra Maryam beberapa mukjizat dan Kami perkuat dia dengan Rohulkudus. Kalau Allah menghendaki, niscaya orang-orang setelah mereka tidak akan berbunuh-bunuhan, setelah bukti-bukti sampai kepada mereka. Tetapi mereka berselisih, maka ada di antara mereka yang beriman dan ada (pula) yang kafir. Kalau Allah menghendaki, tidaklah mereka berbunuh-bunuhan. Tetapi Allah berbuat menurut kehendak-Nya.

Demikian pembahasan perihal makna Ar Rafi artinya Yang Maha Meninggikan dalam Asmaul Husna yang dapat islamtwins.com sampaikan. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Makna Ar Rafi Artinya Yang Maha Meninggikan dalam Asmaul Husna"