Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makna Al Mu`izz Artinya Allah Maha Memuliakan dalam Asmaul Husna

al muiz

Asmaul Husna Al Mu`izz artinya Allah Yang Maha Memuliakan ( Makhluk Nya ).

Memuliakan disini artinya yaitu Allah SWT hendak memberikan fadilat martabat pada siapapun yang ia kehendaki. Fadilat itu tentu untuk mereka yang beriman kepadaNya.

Bila Allah memberikan kemuliaan pada seseorang, maka beruntunglah orang itu. Tetapi sebaliknya, bila kehinaan yang diperoleh, maka rugilah. Oleh sebab itu, tiap mukmin berhak buat memperoleh kemuliaan dengan jalan melaksanakan ketaatan serta menghindari seluruh kemungkaran.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam QS Fathir ayat 10,

مَن كَانَ يُرِيدُ ٱلْعِزَّةَ فَلِلَّهِ ٱلْعِزَّةُ جَمِيعًا ۚ إِلَيْهِ يَصْعَدُ ٱلْكَلِمُ ٱلطَّيِّبُ وَٱلْعَمَلُ ٱلصَّٰلِحُ يَرْفَعُهُۥ ۚ وَٱلَّذِينَ يَمْكُرُونَ ٱلسَّيِّـَٔاتِ لَهُمْ عَذَابٌ شَدِيدٌ ۖ وَمَكْرُ أُو۟لَٰٓئِكَ هُوَ يَبُورُ

Mang kāna yurīdul-'izzata fa lillāhil-'izzatu jamī'ā, ilaihi yaṣ'adul-kalimuṭ-ṭayyibu wal-'amaluṣ-ṣāliḥu yarfa'uh, wallażīna yamkurụnas-sayyi`āti lahum 'ażābun syadīd, wa makru ulā`ika huwa yabụr

Barang siapa yang menghendaki kekuasaan dan kemuliaan, [harus mengetahui bahwa] semua kekuasaan dan kemuliaan itu [hanyalah] milik Allah. Kepada-Nya-lah naik perkataan-perkataan yang baik, dan perbuatan-perbuatan baik sungguh diluhurkan oleh-Nya. Dan, bagi orang-orang yang dengan licik merekayasa perbuatan-perbuatan jahat penderitaan dahsyat menanti mereka; dan segala rencana mereka pasti menjadi sia-sia.

Maka dari itu artikel islamtwins.com akan memberikan sedikit pemahaman kepada kita semua terkait makna tersembunyi dari Al Mu`izz Artinya Allah Maha Memuliakan dalam Asmaul Husna.

Makna Al Mu`izz artinya Yang Maha Memuliakan

Kata Al Muizz memiliki sumber kata ع-ز-ز yang secara leksikal memiliki penafsiran keras, kuat, sulit, kuat alhasil tidak bisa diusik. selaku umum, Al Muizz mempunyai maksud" Yang Maha Memuliakan ( Makhluk Nya )".

Asmaul Husna Al Muizz menyiratkan kalau Allah mempunyai kekuatan yang tangguh, alhasil tak mungkin bisa ditandingi oleh manusia yang memiliki batas keahlian. Arti itu membuktikan kemahamuliaan serta kemahaagungan Allah.

Kerapkali al Muiz dituturkan bersama al Mudzil alhasil jelas kalau Allah memuliakan serta merendahkan siapa yang dikehendakiNya. Allah SWT berfirman dalam QS Ali‘ Imran ayat 26,

Allah merupakan pemilik seluruh kemuliaan. Karenanya, Allah pulalah yang menganugerahkan kemuliaan pada siapa yang Ia kehendaki. Antara lain, Allah menganugerahkan kemuliaan pada para rasul serta orang - orang mukmin.

Pada hakikatnya Allah sudah memuliakan manusia dengan kekuatan, sehingga manusia seharusnya senantiasa memakai kekuatan serta fadilat itu buat semakin menjadikan dirinya insan yang mulia.

Jadi siapapun yang mau mulia, maka bergantunglah pada Dzat yang memuliakan, karena apabila kita bergantung pada yang bukan Dzat nya, siapapun itu tentu hendak berakhir, maka ia tidak akan mulia.

Kemuliaan yang hakiki cuma dipunyai oleh Allah SWT selaku Al Mu`izz yang artinya Allah Yang Maha Memuliakan ( Makhluk Nya ).

Dalil Al Mu`izz artinya Allah Yang Maha Memuliakan

asmaul husna al muiz

Surat Ali Imran ayat 26

قُلِ ٱللَّهُمَّ مَٰلِكَ ٱلْمُلْكِ تُؤْتِى ٱلْمُلْكَ مَن تَشَآءُ وَتَنزِعُ ٱلْمُلْكَ مِمَّن تَشَآءُ وَتُعِزُّ مَن تَشَآءُ وَتُذِلُّ مَن تَشَآءُ ۖ بِيَدِكَ ٱلْخَيْرُ ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

Qulillāhumma mālikal-mulki tu`til-mulka man tasyā`u wa tanzi'ul-mulka mim man tasyā`u wa tu'izzu man tasyā`u wa tużillu man tasyā`, biyadikal-khaīr, innaka 'alā kulli syai`ing qadīr

Katakanlah (Muhammad), “Wahai Tuhan pemilik kekuasaan, Engkau berikan kekuasaan kepada siapa pun yang Engkau kehendaki, dan Engkau cabut kekuasaan dari siapa pun yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan siapa pun yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan siapa pun yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sungguh, Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu.

Contoh Perilaku Asmaul Husna Al Muizz

Sebagai pemeluk muslim, kita perlu memercayai serta meneladani Asma Allah yang satu ini. Walaupun sifat Al Muizz cuma dipunyai oleh Allah SWT semata, tetapi dalam keseharian, banyak kearifan yang dapat dipetik dari menekuni serta mengamalkan 99 Asmaul Husna. Selanjutnya contoh perilaku Asmaul Husna Al Muizz,

  • Dalam setiap langkah kehidupannya mencerminkan kemuliaan serta kemuliaan Allah.
  • Melindungi harkat serta derajat kemanusiaan.
  • Menolong manusia buat kembali pada kesadaran fitrahnya.
  • Menegaskan manusia yang melalaikan harga dirinya.
  • Menunjukan sesama manusia buat menampilkan akhlakul karimah.
  • Tetap memperlihatkan keutamaan manusia bila dibanding dengan insan yang lain.
  • Berteman dengan sesama, serupa teladan Rasulullah.

Demikian pembahasan perihal makna Al Mu`izz artinya Allah Maha Memuliakan dalam Asmaul Husna yang dapat islamtwins.com sampaikan, Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Makna Al Mu`izz Artinya Allah Maha Memuliakan dalam Asmaul Husna"