250x250

7 Fakta Menarik Tentang Film Home Alone

hpk
250x250
in artikel
Kevin Home Alone

Home Alone ialah judul film komedi keluarga. Di Indonesia, film tersebut biasa diputar ketika momentum hari libur, semacam ketika liburan Natal.

Melansir website review film, Rotten Tomatoes, film itu mengisahkan mengenai seorang bocah laki-laki berumur delapan tahun, Kevin McCallister, yg ditinggal sendirian di rumah sebab keluarganya berangkat berlibur ke Paris, Perancis.

Rumah Kevin yg kosong, nyatanya mengajak niat jahat dari komplotan pencuri Wet Bandits, Harry Lime, dan Marv Merchants, untuk menggasak barang-barang di rumah itu.

Kevin yg mengenal niat jahat mereka, bersiap untuk melindungi rumah dari para perampok. Dengan kecerdikannya, Kevin mempersiapkan tak sedikit jebakan untuk mencegah komplotan pencuri itu melancarkan aksinya.

Film Home Alone pertama kali dihadirkan pada 16 November 1990. Film tersebut sangat laris dan menjadi favorit penonton.

Home Alone sukses meraup keuntungan kotor 281,5 juta dollar AS dan menjadi salah satu pemegang rekor box office. Film itu kemudian mendapat sekuel, Home Alone 2: Lost in New York (1992) dan Home Alone 3 (1997).

7 fakta luar biasa seputar film Home Alone

Pastinya kalian pernah menonton film Home Alone bukan? Film yang selalu ada pada bulan desember ini ternyata banyak sekali fakta menariknya loh, mau tau apa sajakah fakta-fakta menariknya tersebut? Simak 7 fakta menariknya berikut ini.

1. Tarantula asli

Dilansir dari Time, 10 Desember 2019, tak sedikit faktor tragis menimpa komplotan Wet Bandit ketika mereka mencoba masuk ke rumah Kevin. Namun, jebakan yg memunculkan reaksi canggih ialah ketika Kevin meletakkan laba-laba peliharaan kakaknya, Buzz, di wajah Marv untuk mengalihkan perhatiannya.  Momen itu terasa sangat nyata sebab aktor pemeran Marv, Daniel Stern, setuju untuk membiarkan tarantula orisinil merayap di wajahnya selagi pengambilan gambar.

2. Skrip film berakhir tak lebih dari 10 hari

Penulis skenario Home Alone, John Hughes, menulis naskah untuk film itu hanya dalam waktu tak lebih dari 10 hari. Hal tersebut diungkap James Hughes, putra dari John Hughes. John Hughes mendapat pandangan baru untuk membikin film tersebut menjelang perjalanan pertama keluarganya ke Eropa pada 1989.

3. Rumah keluarga Kevin ketika ini berharga 1,5 juta dollar

Sutradara Home Alone, Chris Columbus, memilih suatu rumah di Winnetka, Illinois, sebagai latar kawasan tinggal keluarga Kevin.  Menurut Chicago Tribune, rumah itu laku dipasarkan seharga 1,5 juta dollar AS pada tahun 2015. Baca juga: Sinopsis Film Home Alone, Kisah Kevin yg Selamatkan Rumahnya dari Pencuri

4. Pemegang rekor box office selagi 27 tahun

Home Alone menggemparkan box office AS selagi trend liburan 1990 dan semakin mendominasi sepanjang paruh pertama tahun berikutnya. Film itu mempertahankan posisi pertama selagi 12 minggu perilisannya, dan masih berada di 10 besar sampai Juni 1991. Home Alone menghasilkan 285.761.343 dollar AS dan menjadi film terlaris tahun 1990 dan film komedi live action terlaris yg sempat ada. Film itu memegang rekor dunia itu sampai 2017, 27 tahun seusai dirilis.

5. Pacar Buzz ialah laki-laki yg memakai kostum

Ketika ditinggal sendirian di rumah, Kevin mengambil peluang untuk melihat-lihat barang milik kakaknya yg galak, Buzz. Dia kemudian menemukan gambar pacar Buzz dalam suatu bingkai kayu. Namun menurut pemeran Buzz, Devin Ratray, gambar pacar dalam pigura itu sebetulnya ialah laki-laki yg memakai kostum.

Ratray mengatakan, para produser berpikir bahwa memasukkan seorang gadis dalam peran itu akan sangat kejam, sehingga mereka memilih laki-laki sebagai gantinya. “Art director mempunyai seorang putra yg bersedia menjadi sukarelawan untuk peran tersebut. Saya pikir apabila dirinya tahu itu akan menjadi komedi keluarga dengan pendapatan kotor paling atas sepanjang masa, dirinya mungkin akan berubah pikiran mengenai itu," ujarnya

6. Momen ikonik Home Alone ialah improvisasi

Dilansir Insider, Rabu (23/12/2020), salah satu peristiwa ikonik dalam Home Alone ialah ketika Kevin berlagak mengoleskan krim aftershave ke wajahnya. Reaksi wajah Kevin seusai memakai aftershave, dua tangan memegang pipi, mata melotot, dan lisan terbuka lebar sebab kepanasan, menjadi salah satu peristiwa ikonik dalam film tersebut. Namun, nyatanya adegan itu tak semacam yg diperintahkan oleh sutradara.

Macaulay Culkin, pemeran Kevin, justru melakukan faktor sebaliknya. "Jika Kalian meletakkan sesuatu di wajah Kalian dan merasa terbakar, tak sedikit orang-orang segera mengibaskan tangan mereka. Jadi arahan saya kepadanya (Culkin) ialah ketika Kalian menepuk wajah Anda, kibaskan tangan Kalian dan berteriak. Saya pikir itu ialah ketika take pertama, dan dirinya masih memegang tangannya di pipinya," kata sutradara Chris Columbus. 

7. Semua adegan jatuh nyata

Film Home Alone melibatkan tak sedikit adegan jatuh, khususnya bagi komplotan pencuri Wet Bandits yg menjadi korban jebakan Kevin. Para stuntman film itu mengatakan, mereka tak memakai tips efek khusus, dan tak ada bantalan yg terpasang di tanah.  Sehingga, para kru film berusaha semaksimal mungkin supaya tiap pengambilan gambar dapat berakhir dalam satu kali.

300x600

0 Response to "7 Fakta Menarik Tentang Film Home Alone"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang baik dan benar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
[ klik disini 1X ] [ close ]