Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Keutamaan Mengamalkan Surah Ar Rahman

keutamaan ar rahman

Tentunya anda pernah mbaca al quran bukan? Namun apakah anda tahu apa sajakah manfaat serta mengamalkan surah Ar rahman ini?

Bagi umat Islam kitab suci Al-Quran merupakan pedoman serta segala petunjuk hidup. Membaca Al Quran juga mempunyai keistimewaan tersendiri. Untuk itu hari ini kita akan mengulas Keutamaan serta Khasiat Surat Ar Rahman Bagi Umat Muslim ? Simak ya

Ar Rohman artinya Maha Pengasih (الرَّحْمَنُ), Ar Rahman artinya dalam asmaul husna ialah Allah Subhanahu wa Taala memiliki kasih sayang yang sangat luas, meliputi seluruh makhluk-Nya. Allah mengasihi seluruh makhluk-Nya dengan memperlihatkan beberapa kenikmatan.

Nama Ar Rahman sama semacam nama Allah, tak boleh dipakai seorang makhluk pun. Dan terbukti tak ada yg dapat mengasihi seluruh makhluk semacam Allah. Baik beriman maupun kafir, semuanya memperoleh rezeki dari Allah.

Dalil nama Ar Rahman dapat dilihat antara lain di Surat Thaha ayat 5, Al Mulk ayat 29, Ar rahman ayat 1, serta Al Isra’ ayat 110. Tentu juga ada di awal Alquran yakni basmalah.

Tentunya membaca Al Quran setiap hari pastinya mempunyai keistimewaan yang luar biasa. Terutama apabila hal tersebut telah dibiasakan semenjak dini. 

Masing-masing surat di dalamnya mempunyai pengertian serta petunjuk bagi umat muslim untuk segala bentuk masalah dalam hidup, Seperti Mukjizat Surat Al fatihah, Manfaat membaca Ayat Kursi, Keutamaan Surat Al Fiil, Keutamaan Surat Al Kahfi.

Salah satunya Surat yg sangat tidak jarang kita dengar yaitu Surat Ar Rahman, satu ayat yang bila dibacakan sangat merdu.

Selain merdu Surat Ar Rahman juga mempunyai fungsi serta keutamaan yang sangat menarik apabila kita mengamalkannya tiap hari.

Kata Ar Rahman sendiri mempunyai pengertian maha pemberi nikmat dunia serta akhirat yg merupakan nama Allah. 

Begitu besar rahmatnya sampai ada satu surat sendiri yg bernama Ar Rahmat. Tema besar dari surat ini merupakan isyarat mengenai ciptaan Allah dengan tidak sedikit bagian-bagiannya baik di langit serta bumi, darat serta laut sampai insan serta jin. Semua itu hanya Allah yg maha mengatur segalanya.

5 Keutamaan Mengamalkan Surat Ar Rahman

Berikut berbagai fungsi serta keutamaan surat Ar Rahman diantara banyaknya fadilah serta keutamaan lainnya, antara lain : 

1. Mendapat Ridha Allah SWT

Isi dari klasifikasi surat Ar Rahman ini merupakan mengenai segala nikmat Allah SWT yg begitu berlimpah terhadap makhlukNya apabila dilihat dengan cara ringkas. 

Sementara apabila menonton dari tafsir Ats Tsaqolayn, sabda Rasulullah berkata bahwa barang siapa yg menyimak surat Ar Rahman jadi Allah akan menyayangi kelemahannya serta juga mendapat ridha dalam kenikmatan yg diberikan kepadanya.

2. Mendapat Syafaat di Hari Kiamat

Salah satu Keutamaan serta Khasiat dari surat Ar Rahman merupakan mendapat syafaat di hari kiamat. Mereka yg terbiasa menyimak surat Ar Rahman baik dikala bangun malam ataupun seusai menunaikan shalat, Allah akan membuatnya bertemu denganNya di hari kiamat nanti. 

Orang tersebut akan dirupakan dengan wujud insan sebaik-baik insan dengan aroma yg paling harum. Keutamaan surat Ar Rahman ini juga sesuai dengan sabda Rasulullah SAW.

3. Meningkatkan Rasa Syukur

Ada satu ayat yg dituliskan berulang-ulang yakni berbunyi fa bi ayyi ala i rabbikuma tukazzibaan. Arti dari ayat ini juga acapkali menjadi pengingat untuk rutin bersyukur. Ayat ini juga seolah memperlihatkan bagaimana keutamaan surat Ar Rahman. 

Ayat yg mengingatkan kita alangkah tidak sedikit karunia serta rahmat Allah yg diberikan terhadap hambaNya. Bukan hanya mengenai rezeki berupa uang melainkan juga kesehatan, udara yg leluasa kita hirup bahkan keimanan yg tetap berada dalam diri kita.

4. Mengingatkan Tentang Adanya Makhluk Lain yg Juga Beribadah Kepada Allah

Allah menciptakan insan serta jin supaya nasib berdampingan melainkan tidak mengganggu satu sama lain. Hidup di dua alam yg tidak sama mewajibkan semua makhluk ciptaan Allah ini untuk beribadah serta menyembah Allah. 

Dalam surat Ar Rahman juga dijelaskan adanya kerajaan jin serta alam lain yg tidak terkesan oleh mata. Seperti halnya manusia, bangsa jin juga ada yg ingkar ataupun patuh terhadap Allah.

Keutamaan serta Khasiat surat Ar Rahman menarik untuk kehidupan. Membacanya di waktu siang serta malam membikin hati menjadi tenang. 

Apalagi apabila ada rasa mengeluh di dalam hati, jadi surat Ar Rahman mengingatkan kita bahwa tidak sedikit nikmat Allah yg telah kita dapatkan. Maka tidak ada argumen untuk tidak mengamalkan surat Ar Rahman apabila mengharapkan nasib damai serta jauh dari rasa gelisah.

5. Mati Syahid

Setiap muslim mengharapkan mati dalam keadaan baik. Mati dengan amal ibadah yg diterima serta dengan iman yg tetap teguh dipegangnya. 

Rasulullah sempat bersabda yg dijelaskan dalam Tsawabul A’mal bahwa barang siapa yg menyimak surat Ar Rahman serta dirinya mengucapkan pengertian dari ayat fa bi ayyi ala i rabbikuma tukazzibaan kemudian malam harinya ia mati, jadi matinya merupakan semacam mati syahid.

Penutup

Kami sadar tetap tidak sedikit kekurangan serta kesalahan yg sepenuhnya merupakan ke khilafan penulis.

Untuk itu kami sangat berharap kritik serta saran dari seluruh pembaca, baik melewati kolom komentar maupun email kami.

Diluar semua itu kami berharap goresan pena ini bisa berguna serta makin menambah semangat kita untuk rutin menyimak Al Quran terutama Surat Ar Rahman. 

Demikianlah teman pembahasan hari ini mengenai Keutamaan serta Khasiat Surat Ar Rahman. Wassalamualaikum wr wb.

Posting Komentar untuk "5 Keutamaan Mengamalkan Surah Ar Rahman"