Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Surat Ayat Kursi Arab Indonesia Lengkap

Ayat Kursi Arab Indonesia

Ayat kursi satu ayat yang mempunyai keutamaan yang sangat luar biasa, yaitu ayat yang paling diagungkan di dalam Al-Quran.

Membaca ayat kursi setiap hari sanggup melindungi kita dari marabahaya yg datang menghampiri dan menjauhkan kita dari terjerumusnya kemaksiatan. Dengan menyimak Ayat Kursi ini, erat kaitannya dengan suatu perlindungan yang Allah subhanahu wa ta'ala berikan.

Ayat Kursi merupakan bagian dari surat Al-Baqarah ayat 255. Ayat kursi menjadi ayat paling agung di dalam Al-Quran sebab berisi penjelasan mengenai kalimat tauhid yang menjadi pegangan nasib seorang muslim untuk menghadapi tantangan hidup.

Salah satu keutamaan membaca Ayat Kursi sesuai sabda Baginda Rasulullah SAW adalah

“ Sesungguhnya segala sesuatu tentu mempunyai punuk, serta punuknya al quran merupakan surat al baqarah yang di dalamnya tersedia penghulu dari ayat-ayat suci al quran. Ayat tersebut merupakan ayat kursi.” (HR Turmudzi)

Kenapa Disebut Ayat Kursi?

Karena di dalam ayat ini tersedia kata kursiyyuhu, Syaikh Wahbah Az Zuhaili dalam Tafsir Al Munir membahas mengenai makna asal Al Kursi berarti Al ‘Ilmu alias ilmu.

Ada pula pendapat yg membahas ayat kursi didalam ayat ini merupakan sebagai ungkapan kebesaran Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Pendapat lainnya menyatakan bahwa yg makna Al Kursi merupakan kerajaan serta kekuasaan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Hasan Al Bashri menganggap Al Kursi di dalam ayat ini merupakan arsy.

Bacaan Ayat Kursi


اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ


Ayat kursi Latin serta artinya

Alloohu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim

Arti Bacaan Ayat Kursi

Allah, tak ada Tuhan (yang berhak alias boleh disembah), tetapi Dia yang hidup abadi serta terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Yang tak mengantuk serta tak juga tertidur. Kepunyaan-Nya merupakan apa yg ada di langit serta apa yg ada di bumi. Tiada yg bisa memberi syafaat di segi Allah tanpa izin-Nya.

Sesungguhnya Allah mengenal apa yang ada di hadapan mereka serta di belakang mereka. Dan mereka tak mengenal apa-apa dari ilmu Allah tetapi apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit serta bumi. Dan Allah tak merasa berat merawat keduanya, serta Allah Maha tinggi lagi maha besar.” (Surat Al-Baqarah ayat 255).

Keutamaan Ayat Kursi

Terdapat berbagai keutamaan didalam ayat Kursi ini, salah satunya merupakan mengangkat berkat dalam nasib kita sebagai insan serta sebagai makhluk Allah. Berikut merupakan berbagai makna keutamaan Ayat Kursi

1. Ayat Paling Agung dalam Al-Quran

Ayat kursi merupakan salah satu ayat yg paling agung di dalam Al-Quran. Hal ini sempat disampaikan oleh Rasulullah SAW dalam pertanyaan yg diajukan Ubay Bin Kai. Ayat mana yg paling agung di dalam Al-Quran.

Ubay menjawab sendiri pertanyaan ini, ayat kursi ya Rasullulah. Kemudian Rasulullah SAW menepuk dada Ubay dengan pelan sambil berkata, wahai Abu Mundzir semoga engkau rutin senang dengan ilmu yg engkau miliki. ( HR Muslim).

Oleh sebab itu, Ayat Kursi dinobatkan sebagai ayat yg paling agung sebab di dalamnya tersedia nama Allah yg paling agung.

2. Keagungannya Melebihi Langit serta Bumi

Rasulullah SAW sempat bersabda, “ Tidakkah Allah menciptakan langit serta bumi melebihi agungnya ayat kursi” (karena di dalam ayat kursi tersedia Nama serta Sifat Allah). Sufyan Ats-Sauri berkata, ayat kursi merupakan salah satu kalamullah alias perkataan Allah. Kalau kita tinjau Kalamullah itu lebih agung dari ciptaan Allah langit serta bumi.

3. Salah Satu Bacaan Sebelum Tidur

Rasulullah SAW sempat bersabda : “ apabila engkau mendatangi kawasan tidur (di malam hari), jadi bacalah ayat kursi. Niscaya Allah akan rutin menjagamu serta setan pun tak akan mengganggu tidurmu sampai pagi tiba (HR Al-Bukhari).

Oleh sebab itu, berdasarkan hadist diatas telah sebaikanya menjadikan ayat kursi sebagai dzikir yg rutin dibaca sebelum tidur. Tidak hanya dibaca di malam hari saja, tetapi dianjurkan juga menyimak ayat kursi dikala pagi serta juga petang.”

4. Salah Satu Sebab Masuk Surga

Seperti yg disampaikan Rasullullah SAW : “Barangsiapa yg menyimak ayat kursi seusai berakhir shalat, jadi tak akan ada yg menghalanginya masuk ke surga kecuali kematian.” (HR An-Nasai dinilai shahih oleh Syaikh Al-Abani).

Khasiat Membaca Ayat Kursi Setiap Hari

Banyak sekali manfaat yang akan kita peroleh dengan membaca 1 ayat ini, mulai dari perlindungannya dari marabahaya, jodoh serta rezeki yang melimpah. Berikut Manfaat yang akan kita peroleh dengan membaca Ayat Kursi :

  • Mendapat Perlindungan dari Allah subhanahu wa ta'ala
  • Dijaga dari Syaitan dan juga Kejahatan Pembesar
  • Dibukakannya Pintu Rezeki dan Hikmah yang luas
  • Mencerdaskan Akal Pikirannya
  • Di hilangkannya Kefakiran Pada Dirinya
  • Akan Dicintai Oleh Allah
  • Penyambung Masuk Ke Surga
  • Akan Terhindar dari Para Pencuri
  • Mengusir Syaitan dan Jin yang Tinggal di Rumah Baru yang akan Ditempati
  • Memudahkan Pengambilan Rohnya
  • Diberikan Pertolongan Oleh Allah

Itu dia bacaan ayat kursi arab indonesia lengkap beserta manfaatnya jika dibaca setiap hari. Tentunya mendapat perlindungannya merupakan hal yang sangat kita butuhkan. Semoga ilmu yang dibahas kali ini menjadi berkah dan dapat diamalkan serta bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Bacaan Surat Ayat Kursi Arab Indonesia Lengkap"