Apakah Dosa Pacaran Akan Ditanggung Orang Tua?

hpk
dosa berpacaran

Dosa Pacaran Dalam Islam - Apakah Pacaran Itu Dosa? Pacaran merupakan sebuah tindakan yang tak dibenarkan dalam islam. Pacaran merupakan sebuah hubungan yang dijalin oleh laki-laki serta perempuan tanpa didahului dengan ikatan pernikahan.

Walaupun mereka tahu bahwa berpacaran itu merupakan suatu tindakan yang menimbulkan dosa yang tak dibenarkan dalam islam namun, tak sedikit anak belia memilih untuk berpacaran sebab dengan sebuah alasan, jika mereka telah mempunyai pacar sehingga mereka akan memperoleh penyemangat hidup bagi dirinya, tempat saling curhat mereka ataupun yang lainnya.

Baca Juga Dosa Anak Perempuan Yang Tidak Berhijab

Namun apakah kalian tahu, akan dosa yang akan kalian dapatkan ketika berpacaran? Dalam agama Islam diajarkan apabila mereka ingin mengetahui lawan jenisnya, hendaknya ia melewati ta’aruf. Perbuatan dosa pacaran dalam islam ini ialah haram hukumnya menurut syari’at Islam serta bagi yang melakukannya akan terkena dosa diantaranya : 

Dosa Berpacaran Dalam Islam

1. Dosa Mengikuti Jalan Iblis

Siapapun diantara anda yg dapat menyesatkan manusia, jadi akan kupakaikan mahkota diatas kepalanya !” Maka yg terbesar diantara mereka fitnahnya/merusakny a (terhadap manusia) jadi dirinya merupakan lebih dekat kedudukannya (disisi Iblis). Maka didatangkan salahseorang diantara (bala tentara)nya.
Dia mengatakan : “Aku tak henti-hentinya (menggoda) seorang fulan, hingga akhirnya dirinya mencerai istrinya”. Berkata Iblis : Kamu belum berbuat apa-apa. (Fulan itu) akan melamar wanita yg lain !”.

 Kemudian didatangkan seorang yg lain : “Aku tak henti2nya (menggoda) fulan jadi akhirnya aku menumbuhkan permusuhan antara fulan itu dengan saudaranya !”.

Berkata Iblis : “Kamu belum berbuat apa-apa, Fulan itu akan berdamai dengan saudaranya!” .Kemudian didatangkan seorang yg lain : “Tidak henti-hentinya aku (menggoda) pada fulan jadi dirinya berbuat zina !”. Maka berkatalah Iblis : ” (Inilah) sebaik2nya yg kamu usahakan !” Kemudian iblis mendekatkan tentara tersebut kepadanya serta Iblis memakaikan mahkota diatas kepala sang tentara tersebut. (Diriwiyatkan dalam Az Zawajir Juz 2 Hlm 137)

2. Dosa Menjadi Orang Hina

Al-Furqan : 68-69, Allah SWT berfirman: ”Dan orang-orang yg tak menyembah Tuhan yg lain beserta Allah serta tak membunuh jiwa yg diharamkan Allah (membunuhnya) kecuali dengan (alasan) yg benar, serta tak berzina, barang siapa yg melakukan yg demikian itu, niscaya dirinya mendapat (pembalasan) dosa(nya)(68), (yakni) akan dilipat gandakan azab untuknya pada hari kiamat serta dirinya akan abadi dalam azab itu, dalam kondisi terhina (69). Tentu tersedia indahnya menikah tanpa pacaran apabila pergaulan dilakukan dengan cara islami.

3. Dosa Tidak Takut dengan Azab Allah

Dari Nabi SAW bersabda : “Wahai kaum muslimin, takutlah kamu sekalian pada zina karena didalamnya ada 6 perkara (yang tentu ditetapi), 3 perkara di dunia serta 3 perkara di akhirot. Adapun 3 perkara di dunia merupakan hilangnya kewibawaan wajah, pendeknya umur serta kekalnya kefakiran, sedangkan 3 perkara di akhirot merupakan murka Allah yang Maha Barokah serta Maha Luhur, jeleknya hisaban serta siksa akhirot” (HR Baihaqi)

4. Dosa Menjadi Wanita alias Pria yg Rendah

“Perempuan yg berzina serta laki-laki yg berzina, jadi deralah tiap-tiap seorang dari keduanya seratus kali dera, serta janganlah belas kasihan terhadap keduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) agama Allah, apabila kamu beriman terhadap Allah, serta hari akhirat, serta hendaklah (pelaksanaan) hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan orang-orang yg beriman.”-  QS. An-Nur 24:2

5. Dosa Melanggar Perintah Rasulullah

“Ambillah dariku! Ambillah dariku! Sungguh Allah telah memberi jalan terhadap mereka. Jejaka yang berzina dengan gadis didera seratus kali serta diasingkan selagi satu tahun. Dan orang-orang yg telah menikah melakukan zina didera seratus kali serta dirajam.” – H.R. Muslim dari Ubadah bin Samit

6. Dosa Zina Lisan serta Tangan

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu anhu bahwasanya Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Allâh telah menulis atas anak Adam bagiannya dari zina, jadi tentu dirinya menemuinya: Zina kedua matanya merupakan memandang, zina lisannya merupakan perkataan, zina hatinya merupakan berharap serta berangan-angan. Dan itu semua dibenarkan serta didustakan oleh kemaluannya.”

7. Dosa Berduaan dengan Non Muhrim

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Jangan sekali-kali seorang laki-laki bersendirian dengan seorang wanita, kecuali si wanita itu bersama mahramnya.”

Baca juga Keutamaan Orang Yang Bisa Menjaga Aib Orang

8. Dosa Melanggar Ketentuan Ta’aruf dalam Islam

“Pacaran dalam Islam tak boleh kecuali yang dimaksudkan itu seusai akad nikah. Dalam Islam diajarkan untuk mempunyai hubungan yang ke arah sebuah pernikahan itu melewati ta’aruf,”

9. Dosa Mengikuti Kebiasaan Orang Kafir

“Ada seorang laki-laki yg datang terhadap rasulullah S.A.W. Ketika dirinya sedang berada di dalam masjid. Laki-laki itu memanggil-manggil rasulullah seraya mengatakan, “Hai rasulullah aku telah berbuat zina, namun aku menyesal.” Ucapan itu diulanginya hingga empat kali. Sebab itu perhatikan larangan berpacaran dalam islam)

Setelah rasulullah mendengar pernyataan yg telah empat kali diulangi itu, lalu dirinya pun memanggilnya, seraya berkata, “Apakah engkau ini gila?” “Tidak.”, jawab laki-laki itu. Nabi bertanya lagi, “Adakah engkau ini orang-orang yg muhsan?” “Ya.”, jawabnya. Kemudian, rasulullah bersabda lagi, “Bawalah laki-laki ini serta eksklusif rajam oleh kamu sekalian.” – HR. Bukhari serta Muslim dari Abu Hurairah

10. Dosa Menjadi Orang yang Zalim

Dari Anas bin Malik dari Nabi SAW bersabda : “Ada 7 golongan yang tak akan dilihat serta disucikan (dari dosa) oleh Allah pada hari kiamat, serta mereka tak Allah kumpulkan bersama orang-orang yang beramal serta Allah masukkan mereka ke neraka pertama kali, kecuali apabila mereka mau bertobat, jadi Allah mendapatkan taubat mereka :

  • Orang yang sering melakukan (onani/masturbasi)
  • Orang yang melakukan bi-seksual
  • Orang yang sering meminum khomr
  • Orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya
  • Orang yang sering menyakiti tetangganya, sehingga tetangganya melaknatnya
  • Orang yang melamar atau menikahi (menzinai) kehalalan (istri) tetangganya” (HR Imam Hasan bin Arofah)

11. Dosa Bagaikan Tidak Memakai Pakaian

Sesungguhnya iman itu ibarat pakaian yg dipakaikan Alloh terhadap orang-orang yg yang dirinya kehendaki. Maka dikala seorang hamba berzina, Alloh mencabut baju iman itu darinya, serta apabila dirinya bertaubat jadi Alloh akan mengembalikannya pada hamba itu (HR Baihaqi dari Anas).

12. Dosa Mencabut Imannya Sendiri dari Dalam Hati serta Jiwa

“Barangsiapa yg zina alias meminum khomr, jadi Alloh mencabut keimanannya sebagaimana melepasnya insan pada qomisnya dari kepalanya” (HR Malik)

13. Dosa Melakukan Segala yg Haram

Tidak ada dosa yg lebih besar disisi Alloh seusai syirik daripada mani yg diletakkkan seorang laki-laki kedalam rahim wanita yg tak halal baginya (HR Ibnu Abid Dunya dari Haytsam bin Malik)

14. Dosa Zina

Al-Isra’: 32, Allah SWT berfirman: ” Dan janganlah kamu mendekati (zina); sesungguhnya zina itu merupakan sebuah tindakan yg keji Dan sebuah jalan yg buruk”. Sebab itu wajib dilakukan tutorial menghindari pacaran menurut islam.

15. Dosa Seluruh Tubuh (Mata, Kulit, Hati, dsb)

Sesungguhnya barangsiapa yg meletakkan tangannya (memegang) perempuan yang tak halal baginya dengan adanya hawa nafsu (syahwat), jadi dirinya datang di hari kiamat dengan tangan dibelenggu pada lehernya.

Maka apabila dirinya mencium (perempuan) itu, jadi diguntinglah bibirnya di dalam neraka. Maka apabila dirinya zina, jadi berbicaralah pahanya serta dirinya bersaksi untuk tuannya di hari kiamat.

Dosa Pacaran Yang Akan Ditanggung Oleh Kedua Orang Tua

Namun, bagaimana apabila pacaran telah dizinkan oleh kedua orang-orang tuanya. Pasalnya, menurut agama Islam, bagi orang-orang tua yg memberi izin alias pun membiarkan anaknya untuk berpacaran, jadi orang-orang tua tersebut akan memperoleh siksaan di akhirat kelak.

Baca Juga Dosa Tidak Menutup Aurat Bagi Anak Perempuan Ditanggung Sang Ayah

Lantas, inilah siksaan yang akan diterima oleh orang tua sang anak di akhirat nanti apabila membiarkan anaknya berpacaran.

Siksaan yang pertama

Apabila anaknya berpacaran. makan malaikat zabaniyah yang ada di neraka akan naik ke kubur orang tuanya dengan mengangkat (batu) kerikil dari neraka.

Batu itu diletakkan pada tangan orang tuanya. Karena begitu sangat panasnya batu kerikil tersebut sampai - sampai otaknya mendidih serta membuatnya hancur.

Sikasaan kedua yaitu kalau ada anak telah melakukan zina.

Maka malaikat Zabaniyah tak mengangkat batu, tapi ia mengangkat tombak 16 mata lalu ditusukkan ke badan orang tua dari anak yang telah melakukan zina tersebut. Nauzubillah.

Jika mereka belum menikah, maka tanggung jawabnya akan dilimpahkan seutuhnya kepada orang tuanya, jadi orang tua akan mendapat siksaan yang akan teramat pedih nantinya.

Oleh karena itu, sebagai orang tua, ada baiknya kita melarang anaknya untuk berpacaran. Melarang anak juga akan memperoleh tidak sedikit keuntungan bagi kita sebagai orang tua.

Demikian yang bisa Islamtwins sampaikan, semoga menjadi wawasan bermanfaat untuk menghindari berpacaran, lebih baik mempunyai suatu hubungan yang jelas yakni seusai pernikahan ya sobat, pacaran hanya akan membuang buang waktu serta akan mendapatkan dosa, lebih baik fokus ke yang lain yang jauh lebih baik sampai tiba waktunya Allah menunjukkan jodoh yang paling baik serta disatukan dalam jalan pernikahan yang halal.

0 Response to "Apakah Dosa Pacaran Akan Ditanggung Orang Tua?"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang baik dan benar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close