250x250

Manfaat dan Khasiat Surah Al jin

hpk
250x250
in artikel
surah al jin

Surah Al Jin, pastinya yang pertama kali kita terpikirkan bahwa Surat ini akan membahas mengenai Makhluk Ghoib yang Bernama Jin.

Jin artinya Makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT yang mempunyai tujuan dengan sama insan yaitu Beribadah. 

Jin dengan cara bahasa alias Harfiah berarti tersembunyi alias tidak terlihat, Sehingga terbukti telah menjadi Kodrat bahwa Manusia tidak bisa Melihat Jin.

Dahulu Jin mempunyai berbagai keutamaan dibanding insan diantaranya artinya menduduki berbagai kawasan di langit, jadi sanggup mendengarkan kabar - kabar dari Allah SWT. 

Baca Juga Cara Melihat Jin Yang Menempel Pada Tubuh

Keutamaan jin ini berjalan sampai hadirnya Rosulullah SAW, dimana seusai itu Jin tidak bisa lagi mendengar kabar - kabar dari Allah SWT sebab adanya barisan - barisan penjaga. Hal ini sesuai dengan Firman Allah SWT dalam Surat Al Jin ayat 9 :

وَأَنَّا كُنَّا نَقْعُدُ مِنْهَا مَقَٰعِدَ لِلسَّمْعِ ۖ فَمَن يَسْتَمِعِ ٱلْءَانَ يَجِدْ لَهُۥ شِهَابًا رَّصَدًا 

Arab-Latin: Wa annā kunnā naq'udu min-hā maqā'ida lis-sam', fa may yastami'il-āna yajid lahụ syihābar raṣadā 

Terjemah Arti: Dan sesungguhnya kami dahulu bisa menduduki berbagai kawasan di langit itu untuk mendengar-dengarkan (berita-beritanya). Tetapi kini barangsiapa yg (mencoba) mendengar-dengarkan (seperti itu) pasti akan menjumpai panah api yg mengintai (untuk membakarnya). ( Sumber : Tafsir Web )

Sama dengan Surat - surat dalam Al Quran lainnya surat ini pastinya juga mempunyai keutamaan dan Karomah dan Khasiat yg Khusus.

Baca Juga Bacaan Istigfar Untuk Kedua Orang Tua, Begini Caranya

Banyak muncul pertanyaan apakah dengan menyimak Surat Al Jin kita bisa datangkan Jin, mengusir Jin ?

Mau Tahu ? Ikuti semakin pembahasan mengenai surat Al jin ini sampai berakhir supaya tidak tertinggal mengenai pembahasan yg akan diterangkan.

Isi Surah Al Jin

Sebelum mengulas Manfaat dan Karomah dan khasiat Surah Al Jin, Baiknya kita memahami dulu isi surah Al Jin itu sendiri.

Dalam surat ini membahas mengenai kisah dimana sekumpulan Jin yg mengakui Kebesaran dan kekuasaan Allah SWT dan berjanji untuk tidak menyekutukannya seusai diperdengarkan ayat - ayat suci Al Quran pada mereka.

Selain itu dalam surat Al Jin juga mengkisahkan bahwa adanya sekelompok Pria yg meminta bantuan Jin untuk menyelesaikan segala perkaranya dan faktor ini akan makin membikin mereka lebih jauh dari Allah SWT.

Baca Juga 3 Penyebab Ketindihan Hantu Saat Tidur

Selain itu Surat Al Jin juga membahas bahwa Jin juga makhluk layaknya insan dimana mereka terdiri dari berbagai golongan dan diantara golongan tersebut ada yg beriman pada Allah SWT dan sebagian lainnya tetap tertutup dari anugerah Islam alias biasa disebut Kafir.

Surat ini artinya peringatan bagi insan dan jin untuk semakin beriman dan bertaqwa pada Allah SWT dan mengakui Keesaan dan keagungan Allah SWT.

Jin Menurut Al Quran

Jin artinya makhluk Allah SWT yg mempunyai wujud tersembunyi terutama dari pandangan Manusia. Dengan Kata Lain insan tidak bisa menonton Jin tetapi Jin bisa menonton Manusia dari tempatnya.

Bagaimana jika ada seseorang mangaku sanggup menonton Jin bagaimana ? Kemungkinan besar faktor itu bisa terjadi Jin telah berubah bentuk menjadi manusia.

Hal ini sesuai dengan Firman Allah SWT dalam Surat Al aqraf 27 yg berbunyi " Sesungguhnya Jin dan Pengikutnya menonton insan dari sebuah tempat, tapi insan tidak bisa menonton mereka.

Jin juga dibahas berbagai kali dalam Al Quran antara lain:

1. Qs. Ar Rohman menyatakan bahwa Jin ialah Makhluk Ciptaan Allah SWT yg terbuat dari Api dimana faktor tersebut tidak sama dari insan yg diciptakan dari tanah liat. Surat Ar Rohman juga membahas bahwa Jin juga mempunyai tanggung jawab dan kewajiban.

2. Qs. Saba' pada ayat 12 -13 membahas bahwa Jin mempunyai kekuatan menarik jika dibandingkan dengan insan semacam dalam membikin dan memindahkan gedung - gedung tinggi.

3. Qs. An Naml ayat 39 membahas bahwa Jin Ifrit mempunyai kekuatan yg luar biasa, Allah SWT berkata Bahwa " Aku datang kepadamu ( Sulaiman ) dengan mengangkat kerajaan itu sebelum kamu berdiri dari kawasan duduk itu "

Manfaat dan Khasiat Surah Al Jin

Manfaat dan Karomah dan Khasiat Surah Al Jin, diantaranya artinya menambahkan keimanan dan ketaqwaan kita pada Allah SWT sebab didalamnya terbukti berisi mengenai peringatan bagi Manusia dan Jin bahwa mereka diciptakan untuk beribadah pada Allah SWT.

Manfaat dan Karomah dan Khasiat Surah Al Jin lainnya bahwa dengan menyimak Surat ini jadi bisa membersihkan diri kita dan lingkungan dan keluarga dari Gangguan Jin dan Syaitan. kita bisa membacanya bersama Surat - surat yang lain semacam Al Mulk dan Ar Rahman.

Manfaat dan Karomah dan Khasiat Surah Al Jin selanjutnya artinya sebagai pengingat bahwa kita bukan satu satunya makhluk yg Allah SWT ciptakan di dunia ini, disekitar kita juga ada makhluk lain baik terkesan maupun tidak terkesan semacam Jin dan Malaikat.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai Manfaat dan Khasiat Surah Al Jin. Semoga bisa meningkatkan wawasan kita mengenai Al Quran dan membikin kita makin bertaqwa terhadap Allah SWT ... Aamiin

300x600

0 Response to "Manfaat dan Khasiat Surah Al jin"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang baik dan benar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
[ klik disini 1X ] [ close ]