250x250

Tips Perawatan Bulu Burung Sogok Ontong Agar Tidak Pudar

hpk
250x250
in artikel

 

Perawatan Bulu Burung Sogok Ontong

Burung Sogok ontong alias burung madu sriganti termasuk burung yang tak sedikit diminati oleh banyak orang. Hal ini karena burung ini mempunyai alunan bunyi yang sangat indah. Maka dari itu, banyak penghobi burung kicau yang mencarinya untuk dijadikan burung masteran.

Burung pemakan nektar ini mempunyai bunyi yang sangat bagus. Oleh alasan itu, dalam memaster burung kesayangannya, para penggemar burung lebih tertarik menggunakan suara burung orisinilnya jika dibandingkan dengan versi audionya. Lalu, bagaimana tutorial cara memelihara bulu sogok ontong yang baik dan benar?

Cara Merawat Bulu Sogok Ontong

Burung sogok ontong yang telah dirawat pada umumnya warna bulunya menjadi pudar alias memutih berbeda dengan yang masih di alam liar.

Ini semua dikarenakan burung yang anda rawat ini mengalami gangguan pada pigmen yang disebabkan asupan pakannya yang kurang terjaga baik.

Burung Sogok ontong ketika berada di alam liar kerap kali memakan nectar. Maka dari itu, warna bulu nya menjadi sangat cerah serta kontras. Akan tetapi, apabila saat dipelihara, sogok ontong tak makan makanan pokoknya lagi.

Pada umumnya kita hanya menawarkan susu kental manis, air gula, serta madu. Padahal sogok ontong di alam liarnya tak memakan makanan tersebut. Sehingga faktor ini sangat berpengaruh pada kecerahan warna bulu burung sogok ontong.

Untuk mencegah warna bulu sogok ontong supaya cerah kembali, sebaiknya kalian melakukan tutorial cara memelihara bulu sogok ontong di bawah ini :

1. Berikan Pakan yang Terbaik

Jika dibandingkan dengan menawarkan susu alias madu, menawarkan pakan yang alamiah mampu memberinya nutrisi yang baik. Pakan alamiah dari burung sogok ontong diantaranya buah pisang, buah talok.

Untuk burung sogok ontong yang telah terlanjur warnanya pudar, pemberian pakan alamiah ini penting sekali diberikan setiap hari, sebab hal tersebut dapat mengembalikan warna yang sudah memudar tadi.

Sebab, perubahan warna bulu sogok ontong ini memakan waktu yang cukup lama. Bahkan dalam berbagai kejadian, ada yang harus mabung terlebih dahulu. Untuk buah pisang sendiri, pemberiannya cukup seukuran jempol tangan orang dewasa.

2. Jenis Makanan Yang Harus Dihindari

Cara memelihara bulu sogok ontong selanjutnya yang wajib kalian ketahui yaitu dengan menyetop pemberian makanan yang dapat merusak bulunya. Misalnya saja semacam susu serta madu di atas. Karena 2 tipe makanan tersebut dapat merusak pigmen burung, dengan demikian warna bulu menjadi kusam.

Akan tetapi, untuk air gula mampu memberikannya sesekali saja. Karena, air gula tak terlalu berpengaruh pada warna bulu burung sogok ontong yang kalian pelihara.

Tak hanya itu, air gula juga penting sekali untuk diberikan pada burung sogok ontong alasannya ialah air gula dapat menambah frekuensi bunyi burung. Kemudian, air gula juga mampu menyehatkan burung sogok ontong, alasannya adalah sebagai sumber tenaga burung.

Oleh karena itu, tidaklah heran mesikipun tanpa pakan kroto, sogok ontong yang kalian beri air gula ini akan tetap berkicau dengan rajin.

Demikian cara merawat bulu burung sogok ontong agar tidak mudah pudar. semoga bermanfaat.

300x600

0 Response to "Tips Perawatan Bulu Burung Sogok Ontong Agar Tidak Pudar"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang baik dan benar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
[ klik disini 1X ] [ close ]