Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6+ Cara Mengatasi Penyimpanan Internal WhatsApp Yang Penuh

Islamtwins.com - WhatsApp Messenger ialah aplikasi pesan untuk handphone cerdas. WhatsApp Messenger ialah aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa pulsa, sebab WhatsApp Messenger memakai paket data internet.

Tidak hanya pesan teks, WhatsApp kini telah mampu dipakai untuk mengirim gambar, suara, file, bahkan, melakukan panggilan telepon ataupun video. Sebelum data media tersebut mampu dilihat, lampiran alias data media tersebut terlebih dahulu akan diunduh ke memori penyimpanan ponsel.

Akibatnya tak sedikit berbagai macam data yang disimpan jadi penggunaan memori penyimpanan WhatsApp menjadi besar serta terus penuh.

Bagi pemakai handphone dengan kapasitas memori internal yang kecil, faktor tersebut menjadi sebuah masalah. Karena itu ada baiknya sesekali memeriksa serta menghilangkan file yang telah tak diperlukan. 

Ada beberapa trik cara mengatasi penyimpanan internal whatsapp yang penuh kasus tersebut, terutama bagi pemakai handphone yang mempunyai penyimpanan internal yang terbatas. Berikut 6 trik bagaimana cara mengatasi penyimpanan internal penuh di WhatsApp.

Cara Mengatasi Penyimpanan Penuh Pada WA

Cara Mengatasi Penyimpanan Internal WhatsApp Yang Penuh

1. Menghapus WhatsApp Images yang tak penting

Salah satu penyebab terbatasnya penyimpanan WhatsApp, yaitu banyaknya gambar yang auto terdownload jadi ratusan alias bahkan ribuan gambar akan menumpuk.

Baca Juga Cara Menghilangkan Status Online Whatsapp Iphone

Hapuslah gambar-gambar tak penting tersebut dengan tutorial membuka galeri foto, kemudian pada album pilih WhatsApp Images alias apabila butuh melewati file manager serta bukalah folder bernama ‘WhatsApp’, kemudian buka media, serta pilih WhatsApp Images.

2. Menghapus WhatsApp Video yang tak penting

Penyebab lain dari penyimpanan internal penuh di hp samsung dan Xiaomi ialah banyaknya video dengan ukuran yang besar di download dari WhatsApp. Banyak video dengan cara otomatis terunduh dengan begitu saja.

Untuk menghilangkan video WhatsApp yang tak penting tersebut, bukalah galeri foto, kemudian pada album pilih WhatsApp Video alias apabila butuh melewati file manager serta bukalah folder bernama ‘WhatsApp’, kemudian buka media, serta pilih WhatsApp Video.

3. Matikan Auto Unduh Media

Penyebab mutlak penuhnya penyimpanan internal WhatsApp sebab aktifnya fitur auto unduh media. Secara default WhatsApp akan melakukan unduh gambar apabila dalam penggunaan mobile data serta akan mendownload semua media dalam penggunaan Wi-Fi.

Untuk itu silahkan matikan auto unduh media supaya yang terunduh hanya yang kita inginkan saja. Bukalah settings, kemudian pilih data and storage usage, pilih media auto-download (Pengaturan – Penggunaan data & penyimpanan Otomatis unduh media). 

Pada when using mobile data (Ketika terhubung ke Data Selular) unchecklist semua media, begitupun pada menu when connected on Wi-Fi (Ketika terhubung ke Wi-Fi).

4. Menghapus WhatsApp Audio

Terkadang, tak sedikit orang-orang malas untuk mengetik serta lebih memilih untuk voice note. Akibatnya tak sedikit konten bunyi yang menumpuk di penyimpanan internal.

Maka dari itu, hapuslah konten bunyi dengan tutorial membuka file manager serta memilih folder ‘WhatsApp’. Kemudian pilih WhatsApp Media serta bukalah WhatsApp Audio.

5. Jangan tak jarang menonton status

Tanpa disadari, menonton status orang-orang lain akan menghipnotis memori penyimpanan pada ponsel.

Walaupun sifat status WhatsApp sementara serta akan terhapus otomatis, itu akan memperlukan kapasitas yang besar apabila status yang dilihat berupa video yang amat panjang.

Ba Juga Cara Menghilangkan Status WhatsApp Teman

Sebaiknya kurangi aktivitas tersebut serta pilihlah status WhatsApp orang-orang lain yang penting.

6. Aktifkan Fitur Backup ke Google Drive

Tips terbaru yang mampu dilakukan ialah mengaktifkan fitur backup alias mencadangkan data ke Google Drive.

Dengan kata lain, semua data percakapan, pesan, foto, audio, video, maupun dokumen yang ada pada akun WhatsApp akan tersimpan di Google Drive.

Cara yang mampu dilakukan untuk mengaktifkan fitur tersebut ialah buka aplikasi WhatsApp, pilih menu tiga titik di kanan atas. Kemudian, pilih menu settings serta masuk ke tahap chats. 

Pilih chat backup serta tentukan akun Google Drive yang akan dipakai untuk mencadangkan data. Apabila ingin melakukan manual, tekan tombol back up serta tunggu sampai selesai.

Demikian pembahasan mengenai cara mengatasi penyimpanan internal whatsapp, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "6+ Cara Mengatasi Penyimpanan Internal WhatsApp Yang Penuh"