Surat Apa Saja Untuk Pembuka Rezeki? Berikut Kumpulan Surat-Surat Yang Wajib Kamu Baca

hpk

Dalam Al-Qur’ an banyak surat yang memaparkan mengenai pembuka pintu rezeki. Tetapi kerapkali orang memandang kalau rezeki cuma berbentuk uang yang diperoleh saja, padahal tidak.

Rezeki Allah itu amat besar, dapat berbentuk kesehatan, keselamatan, serta kegembiraan. Tetapi kita selaku muslim wajib menerima tiap rezeki yang Allah bagikan pada kita.

Oleh karna itu, kita wajib mencermati gimana cara agar kita mendapatkan rezeki, baik dengan berdoa ataupun bekerja. Saat sebelum kita mangulas surat- surat yang sanggup membuka pintu rezeki, terlebih dulu kami hendak mangulas sebagian doa pembuka rezeki yang bisa kamu amalkan terlebih dahulu.

1. Doa saat sebelum Berjualan

اللَّهُمَّإِنِّيأجبتُدعوتَك،وصليتُفريضتك،وانتشرتكماأمرتني،فَارْزُقْنِيمِنْفَضْلِكَ،وَأَنْتَخَيْرُالرَّازِقِينَ

Allahumma inni ajibtu da’ wataka washilaitu faridhotuka wantasyarat kamaa amartanii, farzuqnii min fadlika wa anta khairurraaziqiin.

Artinya:

“ Ya Allah, sesungguhnya aku menyukai seruanmu, dan aku telah kerjakan salat yang Engkau fardukan serta aku akan menebar sebagaimana yang telah Engkau perintahkan.

Sehingga, berilah saya rezeki dari karunia- Mu, serta Engkau merupakan sebaik- baik pemberi rezeki.”( Riwayat Imam Ibnu Abu Hatim).

2. Doa Nabi Muhammad Saw.

اللَّهُمَّاجْعَلْأَوْسَعَرِزْقِكَعَلَيَّعِنْدَكِبَرِسِنِّي,وَانْقِطَاعِعُمْرِي,وَقُرْبِأَجَلِي

Allohummaj’ al rizqika‘ alayya‘ inda kibari sinni wanqitho’ I umri wa qurbi ajali

Artinya:

“ Ya Allah, jadikanlah besarnya rezeki- Mu padaku di dikala umur senjaku, di dikala putusnya umurku serta di dikala dekatnya ajalku.”

3. Doa Nabi Sulaiman serta Nabi Daud

رَبِّاَوْزِعْنِيْٓاَنْاَشْكُرَنِعْمَتَكَالَّتِيْٓاَنْعَمْتَعَلَيَّوَعَلٰىوَالِدَيَّوَاَنْاَعْمَلَصَالِحًاتَرْضٰىهُوَاَدْخِلْنِيْبِرَحْمَتِكَفِيْعِبَادِكَالصّٰلِحِيْنَ

“ Ya Rabbku, berilah saya ilham buat senantiasa mensyukuri nikmat- Mu yang sudah Engkau anugerahkan kepadaku serta pada dua orang ibu bapakku serta buat melakukan kebaikan saleh yang anda ridhai.

Dan masukkanlah aku dengan rahmat- Mu ke dalam golongan hamba- Mu yang saleh.”( QS. An Naml: 19).

4. Doa Nabi Isa

اَللّٰهُمَّرَبَّنَآاَنْزِلْعَلَيْنَامَاۤىِٕدَةًمِّنَالسَّمَاۤءِتَكُوْنُلَنَاعِيْدًالِّاَوَّلِنَاوَاٰخِرِنَاوَاٰيَةًمِّنْكَوَارْزُقْنَاوَاَنْتَخَيْرُالرّٰزِقِيْنَ

“ Ya Rabb kami, turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit[yang hari turunnya] akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang- orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda untuk kekuasaan Engkau; beri rezekilah kami, dan Engkaulah pemberi rezeki yang paling utama.”

5. Doa Nabi Muhammad kala Salat Subuh

Nabi Muhammad saw. sering membaca amalan doa pembuka rezeki dalam kehidupan tiap hari.

Perihal ini dilafalkan sehabis melakukan salat Subuh.

اللَّهُمَّإِنِّيأَسْأَلُكَعِلْمًانَافِعًاوَرِزْقًاطَيِّبًاوَعَمَلًامُتَقَبَّلً

“ Allahumma innii as- asluka ilman naafi’ a, wa rizqon thoyyibaa, wa’ amalan mutaqobbalaa.”

Artinya:

Ya Allah, sangat saya berharap kepada- Mu ilmu yang berguna, rezeki yang halal, serta kebaikan yang diterima.”( HR. Ibnu Majah, serta Ahmad).

Amalan Pembuka Pintu Rezeki

1. Istighfar serta Bertaubat

Tidak hanya dengan usaha serta doa pembuka rezeki yang sudah dituturkan, pintu rezeki pula dapat terbuka dengan memperbanyak istighfar serta senantiasa buat selalu bertaubat.

“ Sehingga saya tuturkan pada mereka:‘ Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun.

Tentu Ia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, serta menggandakan harta serta anak- anakmu, serta melangsungkan untukmu kebuh- kebuh serta melangsungkan untukmu sungai- sungai.”( Nuh: 10- 12).

2. Takwa serta Sedekah

Takwa ialah melakukan seluruh perintah- Nya serta menghindari seluruh larangan- Nya. Dari sekian banyak ibadah, melakukan salat 5 waktu merupakan bentuk dari ketakwaan seseorang. Tidak hanya itu, pintu rezeki pula dapat tiba dengan memperbanyak sedekah.

3. Silaturrahim

Silaturrahim ataupun menyambungkan tali kekeluargaan mempunyai sebagian keistimewaan. Salah satunya ialah membuka rezeki.

Begitu juga sabda Rasulullah:“ Barangsiapa yang ingin agar Allah melapangkan rezekinya serta dipanjangkan umurnya, hendaklah menyambung silaturrahim.”( Shahih Al- Bukhari).

4. Salat Dhuha

Salah satu pembuka pintu rezeki yang lain yang dapat kalian amalkan ialah teratur melakukan salat dhuha.

Alasannya, dari sekian banyak keistimewaan, salah dhuha bisa membuka rezeki terlebih bila dilakukan tiap hari.

Seperti itu uraian hal berkah pembuka rezeki, Nah saat ini kami akan mangulas beberapa surat pembuka rezeki yang bisa kamu amalkan tiap harinya.

Surat Untuk Pembuka Rezeki

1. Surat Al Waqiah

Di rangkum dari bermacam sumber, bahwasannya surat al waqiah ini ialah surat kekayaan. Dengan membaca surat Al Waqiah tiap hari sehingga bisa mempermudah seorang memperoleh rezeki yang halal, juga nikmat Allah yang terus mengalir. Bila surat Al Waqiah dibaca sebanyak 41 kali dalam satu majelis, sehingga Insya Allah akan ditunaikan seluruh hajat yang dimohonkan terutama yang berkaitan dengan rezeki.

Dari Imam Ja’ far Ash- Shadiq( sa) mengatakan:

" Barangsiapa yang membaca surat Al Waqiah pada malam Jumat, ia akan dicintai oleh Allah, dicintai oleh manusia, tidak melihat kesengsaraan, kefakiran, kebutuhan, serta penyakit dunia; surat ini ialah bagian dari sahabat Amirul Mukimin( sa) yang untuk dia mempunyai keistimewaan yang tidak tersaingi oleh yang lain."( Tafsir Nur Ats- Tsaqalayn 5 atau 203).

2. Surat Al Mulk

Surat Al Mulk diyakini sanggup jadi salah satu senjata terbaik Kamu di alam kubur. Oleh sebab itu, bila Kamu mengamalkannya tiap malam menjelang tidur, tentu Allah akan memberikan pertolonganNya. Surat yang bermakna‘ Kerajaan’ ini memberikan cerminan mengenai Allah serta seluruh kuasaNya.

Ayat 15 surat Al Mulk jadi petunjuk untuk hamba yang ingin memperjuangkan rezeki terbaiknya.

هُوَالَّذِيْجَعَلَلَكُمُالْاَرْضَذَلُوْلًافَامْشُوْافِيْمَنَاكِبِهَاوَكُلُوْامِنْرِّزْقِهٖۗوَاِلَيْهِالنُّشُوْرُ

" Dialah yang menjadikan bumi untuk kamu yang mudah dijelajahi, sehingga jelajahi lah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezeki- Nya. Serta hanya kepada- Nya- lah kalian( kembali setelah) dibangkitkan."

Alam serta seisinya ialah ladang kebaikan buat dunia serta akhirat. Orang hanya butuh berusaha dengan maksimal, setelah itu menutup hari dengan doa yang panjang serta dalam. Urusan hasil, bertawakkal pada Allah ialah langkah berikutnya.

3. Surat Al Kahfi Pada Hari Jumat

Rasulullah saw berabda:

" Barangsiapa membaca surat Al- Kahfi pada hari Jum’ at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jumat."

( HR. Al- Hakim: 2 atau 368 serta Al- Baihaqi: 3 atau 249)

Bila membaca Surah Al- kahfi sehingga kita bakal menemukan cahaya.

Apa sih khasiatnya untuk kita cahaya itu??

Kerap orang bilang,“ Hidup saya lagi gelap nih.”

Sebagiannya bilang:“ Masa depan saya, suram.”

Sebagiannya lagi ada yang merasa, ga ketemu jalan keluar.

Sesungguhnya jalan keluar bukannya ga ada. Ada. Tetapi ga kelihatan, karena gelap ataupun digelapkan.

  • Ga kelihatan, ataupun sebenernya ga dapat ngelihat. Sehingga butuh cahaya...
  • Salah satu pendatang cahaya itu ialah surah Al Kahfi..
  • Apabila ia pedagang, Insya Allah dagangannya bercahaya.
  • Apabila ia pekerja, Insya Allah pekerjaannya bercahaya terang.
  • Bila ia pelajar, mahasiswa, Insya Allah jalannya sebagai pelajar, mahasiswa, terang, penuh prestasi. Serta impian beasiswa dan masa depan jelas.
  • Bila ia memiliki hutang, Insya Allah ia dapat melihat banyak jalan keluar. Bila ia belom berjodoh, Insya Allah dapat“ terlihat”, kelihatan, serta datanglah pasangan untuknya.

Rumah tangga, yang membaca serta dibacakan Al Kahfi, saban Jum’ at, Sehingga teranglah rumah tangganya. Bercahaya. Ga gelap. Ga buram. Ga suram. Jadi bukan ga ada solusi, bukan ga ada jalan, sesungguhnya ada, tetapi sebab gelap jadi ga kelihatan.

Dengan sedemikian itu, mudah- mudahan rezeki kita diluaskan, tubuh disehatkan serta hati senantiasa dibahagiakan. Aamiiin

Jadi... Ilmu Itu Wajib Diamalkan Supaya Menghasilkan...

Postingan ini jangan cuma dibaca, ambil Quran gih... baca Al Kahfi, Al Waqiah, Al Mulk serta kerjakanlah sholat tahajud serta sunnah2nya. Janganlah lupa niat supaya hidupnya diterangkan, permasalahan hidup serta rezeki dibukakan, niatkan pula supaya jadi tabungan amal kebaikan... yang akan menambahkan berat timbangan amal kebaikan kita..

Mudah-mudahan Bermanfaat

Wallahu alam.. 

0 Response to "Surat Apa Saja Untuk Pembuka Rezeki? Berikut Kumpulan Surat-Surat Yang Wajib Kamu Baca"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang baik dan benar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close