Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Allahumma sholli ala Sayyidina Muhammadin Tibbil Qulub Lirik

Allahumma sholli ala Sayyidina Muhammadin Tibbil Qulub Lirik

Islamtwins.com - Membaca sholawat Allahumma sholli ala Sayyidina Muhammadin Tibbil Qulub merupakan kewajiban untuk pemeluk Islam.

Terlebih lagi Allah Swt memerintahkan serta membacakan sholawat pada Nabi Muhammad Saw. Salah satunya yakni sholawat allahumma sholli ala sayyidina muhammadin tibbil qulub yang kerap dikenal dengan sholawat tibbil qulub.

Membaca sholawat hendak memperoleh balasan yang amat luar biasa, semacam memperoleh balasan sholawat dari Allah. Sholawat tibbil qulub amat populer digolongan masyarakat penggemar sholawat.

Sholawat merupakan wujud doa serta puji - pujian buat Nabi selaku ibadah pada Allah SWT. Tujuan membaca sholawat pada Nabi ialah supaya di akhirat esoknya kita hendak memperoleh syafaat Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga Lirik Sholawat Nabi Latin Lengkap

Dengan membawa sholawat pada Nabi, berarti kita sama saja dengan memohon ataupun berdoa pada Allah SWT buat Nabi Muhammad SAW. Imbauan bershalawat salah satunya bisa ditemukan dalam Al- Qur’ an pada surat Al- Ahzab ayat 56 berikut.

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan malaikat - malaikat Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (Q.S. Al-Ahzab: 56)

Nah, pada peluang kali ini fakhri kita kan mangulas perihal sholawat yaitu lafadz“ allahumma sholli ala sayyidina muhammadin”.

Apa arti dari lafadz itu, seperti apa tulisan Arabnya? Untuk Kamu yang belum tau sholawat ini, selanjutnya kita sajikan liriknya buat Kamu.

Lirik Sholawat Tibbil Qulub Lengkap dan Artinya

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ اْلأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Allahumma sholli `ala Sayyidina Muhammadin thibbil qulubi wa dawa-iha wa `afiyatil abdani wa syifa-iha wa nuril abshori wa dhiya-iha wa `ala alihi wa shohbihi wa sallim.

Artinya: “Ya Allah, curahkanlah rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya dan sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya. Semoga shalawat dan salam tercurahkan pula kepada keluarga serta para sahabat-sahabatnya.”

Keutamaan Shalawat

Allahumma sholli ala Sayyidina Muhammadin Tibbil Qulub

Mengambil buku Kumpulan Shalawat Nabi Super Lengkap oleh Ibnu Watiniyah, terdapat beberapa keistimewaan untuk mereka yang giat bershalawat, di antaranya:

  • Mendapatkan syafaat ataupun pertolongan Rasulullah di hari kiamat. Dalam sabdanya dari Abu Darda," Siapa yang bershalawat untukku pada waktu pagi sepuluh kali serta pada waktu petang 10 kali, ia hendak menemukan syafaatku pada hari kiamat." ( HR Thabrani )
  • Merupakan sebab diijabahnya doa seseorang. Nabi SAW bersabda:" Sesungguhnya doa itu terhenti antara langit serta bumi, tidak akan naik sedikit juga doa itu ke atas alhasil engkau bershalawat buat Nabimu." ( HR Tirmidzi )
  • Menjadi manusia yang mulia di sisi rasul. Dari Ibnu Masud, Nabi SAW berkata," Sesungguhnya manusia yang sangat utama dengan saya besok pada hari kiamat yakni mereka yang paling banyak membaca shalawat untukku."( HR an Nasai & Ibnu Hibban )
  • Hendak dibalas oleh Allah swt dengan 10 kali shalawat
  • Rasulullah saw sendiri hendak bershalawat untuknya
  • Malaikat pula hendak bershalawat untuknya
  • Hendak dinaikan derajatnya, ditambahkan kebaikannya, serta dihapuskan keburukannya
  • Memperoleh pahala sebanding dengan melepaskan 10 budak tulus karena Allah swt
  • Bershalawat menjadi sebab diampuninya dosa - dosa
  • Shalawat hendak memohonkan ampunan pada pembacanya serta menghiburnya di kubur
  • Rasulullah saw hendak membagikan syafaat untuknya
  • Meniadakan kefakiran untuk pembacanya serta membanjirinya dengan kebaikan serta berkah
  • Rasulullah saw hendak menjadikan orang yang banyak bershalawat untuknya selaku orang sangat penting di sisinya
  • Keberkahan serta kebaikan bershalawat lalu berlimpah sampai anak serta cucunya.

Demikiian ulasan mengenai lirik sholawat sholawat tibbil qulub lengkap serta artinya, mudah - mudahan kita bisa senantiasa bersholawat buat Nabi Muhammad saw serta memperoleh keutamaan dari sholawat itu.

wallahu a'lam bishawab

Posting Komentar untuk "Allahumma sholli ala Sayyidina Muhammadin Tibbil Qulub Lirik"