Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Astaghfirullah Liwalidayya, Doa Memohon Ampunan Untuk Kedua Orang Tua yang Sudah Meninggal

Astaghfirullah Liwalidayya

Dalam Islam, kita diperintah buat tetap memperbanyak bertaubat serta beristighfar pada Allah SWT. Salah satunya yakni dengan membaca istighfar astaghfirullah liwalidayya.

Bacaan Istighfar Astaghfirullah liwalidayya mempunyai arti yang amat mulia ialah memohon ampunan untuk kedua orang tua yang telah meninggal serta semua kaum muslimin yang telah meninggal.

Bacaan istighfar ini pula ialah bacaan dzikir yang amat disenangi Sayyidinaa Ali bin Abi Thalib. Melafalkan astagfirullah merupakan amalan yang penting di dalam ajaran Islam. Perihal ini diperkuat dengan firman Allah dalam Surat Al Baqarah ayat 199:

ثُمَّ أَفِيضُوا۟ مِنْ حَيْثُ أَفَاضَ ٱلنَّاسُ وَٱسْتَغْفِرُوا۟ ٱللَّهَ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

ṡumma afīḍụ min ḥaiṡu afāḍan-nāsu wastagfirullāh, innallāha gafụrur raḥīm

Artinya: Kemudian bertolaklah kamu dari tempat bertolaknya orang-orang banyak ('Arafah) dan mohonlah ampun kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Baca Juga Bacaan Istighfar Agar Dagangan Laris, Umat Muslim Wajib Tahu

Bacaan Doa Istighfar Astaghfirullah liwalidayya

Astaghfirullah Liwalidayya

Selanjutnya merupakan bacaan istighfar Astaghfirullah Liwalidayya yang dapat dijadikan selaku doa penghapus dosa buat pemeluk Islam:

أسْتَغْفِرُاللهَ العَظِيْم لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِأصْحَابِ الحُقُوْقِ الوَاجِبَاتِ عَليّ وَلِجَمِيْعِ الِمُؤمِنِيْنَ وَالمُؤمِنَاتِ وَالمُسْلِمِيْنَ وَالمُسْلِمَاتِ الأحْيَا ءِ مِنْهُمْوَالأمْوَاتْ 

Astaghfirullohhal adziim li wali wali dayya wali ashabil khuquq ala wal jamiil mu'minin wal mu'minat wal muslimiina wal muslimat al akhyaa 'i minhum wal amwaat (3x)

Artinya :

"Aku mohon ampun ya Allah dzat yang Maha Agung, juga ampuni kedua orang tuaku dan orang-orang yang punya kewajiban pada aku, dan semua mukminin dan mukminat, muslimin dan muslimat yang hidup maupun yang sudah meninggal."

Mengamalkan istighfar dalam kehidupan sehari - hari amat penting buat dilakukan untuk pemeluk muslim. Walaupun rajin mengamalkannya, tetapi senantiasa harus diimbangi dengan rasa penyesalan serta taubat yang sungguh - sungguh.

Demikian ulasan mengenai istighfar astaghfirullah liwalidayya yang bisa islamtwins.com sampaikan. Mudah - mudahan bermanfaat.

wallahu a'lam bishawab

Posting Komentar untuk "Astaghfirullah Liwalidayya, Doa Memohon Ampunan Untuk Kedua Orang Tua yang Sudah Meninggal"