Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makna Thaharah (Bersuci) dalam Islam

Thaharah

Dalam Islam, sebutan thaharah berhubungan erat dengan kebersihan jasmani serta rohani yang ialah perihal penting sebelum melakukan sholat. Tetapi, masih sedikit yang tahu mengenai makna thaharah artinya apa.

Thaharah dalam islam ketetapannya ialah wajib untuk setiap mukallaf pria serta wanita. Perihal itu ditegaskan dalam suatu hadis riwayat Muslim yang berbunyi semacam selanjutnya.

" Rasulullah SAW berkata, Allah tidak akan menerima salat yang tidak disertai dengan bersuci." ( HR. Muslim).

Tidak cuma itu, Allah pula berfirman dalam QS Al Baqarah ayat 222,

وَيَسْـَٔلُونَكَ عَنِ ٱلْمَحِيضِ ۖ قُلْ هُوَ أَذًى فَٱعْتَزِلُوا۟ ٱلنِّسَآءَ فِى ٱلْمَحِيضِ ۖ وَلَا تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّىٰ يَطْهُرْنَ ۖ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ ٱللَّهُ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ يُحِبُّ ٱلتَّوَّٰبِينَ وَيُحِبُّ ٱلْمُتَطَهِّرِينَ

Wa yas`alụnaka 'anil-maḥīḍ, qul huwa ażan fa'tazilun-nisā`a fil-maḥīḍi wa lā taqrabụhunna ḥattā yaṭ-hurn, fa iżā taṭahharna fa`tụhunna min ḥaiṡu amarakumullāh, innallāha yuḥibbut-tawwābīna wa yuḥibbul-mutaṭahhirīn

Artinya : Dan mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang haid. Katakanlah, “Itu adalah sesuatu yang kotor.” Karena itu jauhilah istri pada waktu haid; dan jangan kamu dekati mereka sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, campurilah mereka sesuai dengan (ketentuan) yang diperintahkan Allah kepadamu. Sungguh, Allah menyukai orang yang tobat dan menyukai orang yang menyucikan diri.

Melaksanakan Thaharah artinya sudah mensucikan diri dari perihal yang dianggap najis ataupun hadas. Buat lebih jelasnya megenai arti thaharah, simak penjelasan yang hendak islamtwins.com bahas selanjutnya.

Pengertian Thaharah atau Bersuci

Sebagaimana dipaparkan diatas, thaharah artinya adalah bersuci dari hadas serta najis. Artinya adalah mensucikan diri dari najis serta hadats yang menghalangi shalat, dapat dengan memakai air ataupun tanah, ataupun batu.

Secara bahasa thaharah artinya adalah an-Nadafatu yang berarti bersih atau suci. Singkatnya itu berarti mengangkat keadaan hadas serta menghilangkan kekotoran yang menghalangi shalat yang sah.

Sedangkan menurut syariat Islam, Thaharah artinya adalah sesuatu aktivitas bersuci dari hadas ataupun najis sehingga seseorang diperbolehkan buat melakukan suatu ibadah yang dituntut harus dalam kondisi suci semacam shalat.

Thaharah memanglah sangat berkaitan dengan ibadah salat selaku salah satu ketentuan sah shalat biar diterima Allah SWT.

Oleh karena itu, Islam berikan perhatian yang amat besar terhadap bersuci ( thahârah). Bersuci ialah perintah agama yang dapat dibilang sejajar lebih tinggi dari sekedar bersih - bersih. Karena, tidak semua perihal yang bersih itu suci.

Jenis Jenis Thaharah

Macam- macam thaharah dibagi menjadi dua yaitu thaharah manawiyah beserta thaharah hissiyah. Selanjutnya uraiannya.

1. Thaharah Manawiyah

Thaharah manawiyah merupakan membersihkan diri dari penyakit hati semacam riya, cemburu, benci, ataupun perihal yang lain. Membersihkannya dapat dilakukan dengan melangsungkan taubatan nashoha yakni memohon maaf serta berkomitmen tidak hendak mengulanginya.

Perlu Kamu ingat kalau sebelum kalian melaksanakan thaharah hissiyah, kamu wajib lebih dahulu melaksanakan thaharah manawiyah sebab sebetulnya bersuci harus dalam kondisi bersih dari sifat sirik.

2. Thaharah Hissiyah

Thaharah artinya

Thaharah hissiyah merupakan bersuci jasmani yang artinya merupakan membersihkan bagian tubuh yang terkena najis ataupun hadas( baik kecil ataupun besar). Buat membersihkan dari najis serta hadas ini, dapat dilakukan dengan berwudhu, mandi wajib, dan tayamum( apabila dalam keadaan tidak terdapat air).

Manfaat Thaharah

Thaharah ialah bagian penting dari ketentuan diterimanya beberapa ibadah, antara lain ialah ibadah sholat alhasil menjadikan thaharah perkara yang penting untuk pemeluk muslim.

Dikutip lewat halaman NU online, thaharah mempunyai beberapa manfaat, salah satu tujuan thaharah yakni buat menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh.

Manusia merupakan makhluk yang cenderung menyukai kebersihan. Manusia hendak merasa risih bila bersinggungan dengan hal - hal yang berbau serta kotor. Dalam kondisi bersih serta suci seorang mukmin cenderung lebih mawas diri dalam bertindak, alhasil dapat meminimalisir terkena penyakit. 

Oleh sebab itulah Allah memberikan syariat thaharah di dalam agama Islam, disamping selaku syarat sah diterimanya shalat oleh Allah SWT, thaharah pula bisa memelihara kesehatan tubuh kita.

Demikian ulasan perihal makna thaharah yang artinya bersuci yang bisa islamtwins.com sampaikan. Sekian serta terima kasih. 

Posting Komentar untuk "Makna Thaharah (Bersuci) dalam Islam"