Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Surat Al Bayyinah Ayat 1-8 Lengkap Beserta Artinya

Surat Al Bayyinah Ayat 1-8

Surat Al Bayyinah adalah surat ke-98 dalam urutan mushaf Al-Quran. Surah ini terdiri dari 8 ayat dan termasuk ke dalam golongan surah Makkiyah, sebab surat al bayyinah diturunkan di kota Mekkah.

Surah Al Bayyinah turun sehabis hijrah Nabi Muhammad ﷺ ke Madinah. Surah Al Bayyinah turun sesudah surat At Thalaq selaku balasan atas permohonan seseorang pemuka Yahudi bernama Abdullah bin Salam. Dikala itu, Abdullah bin Salam tengah pelajari agama Islam, serta beliau mau mengenali tentang kebenaran ajaran agama Islam. 

Nama "Al-Bayyinah" diambil dari kata yang terdapat pada ayat pertama surat ini yang berbunyi, "Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu (Muhammad) Al-Bayyinah (bukti-bukti yang nyata); maka bertobatlah kepada Allah dan lakukanlah shalat dengan benar."

Surat Al-Bayyinah menjelaskan tentang pentingnya mempercayai dan mengikuti ajaran Allah SWT yang telah diwahyukan melalui Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga Rahasia di Balik Ayat 8 Surat Al Bayyinah

Selain itu, surat ini juga menjelaskan tentang pentingnya melaksanakan amal shalih, serta mengajak manusia untuk menghindari kesesatan dan menjauhi perbuatan dosa.

Secara keseluruhan, Surat Al Bayyinah ayat 1-8 ini menyampaikan pesan-pesan yang penting bagi kehidupan umat manusia, terutama dalam hal keimanan dan amal shaleh, serta peringatan terhadap konsekuensi buruk dari kesesatan dan perbuatan dosa.

Buat mengenali secara lebih lengkapnya, ikuti pembahasan yang akan saya bahas selanjutnya.

Surat Al Bayyinah Ayat 1-8 Lengkap Beserta Artinya

Surah Al Bayyinah Arab

Surah Al Bayyinah Arab

لَمْ يَكُنِ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْ اَهْلِ الْكِتٰبِ وَالْمُشْرِكِيْنَ مُنْفَكِّيْنَ حَتّٰى تَأْتِيَهُمُ الْبَيِّنَةُۙ .1

lam yakunillażīna kafarụ min ahlil-kitābi wal-musyrikīna munfakkīna ḥattā ta`tiyahumul-bayyinah

Artinya: Orang-orang yang kafir dari golongan Ahli Kitab dan orang-orang musyrik tidak akan meninggalkan (agama mereka) sampai datang kepada mereka bukti yang nyata

رَسُوْلٌ مِّنَ اللّٰهِ يَتْلُوْا صُحُفًا مُّطَهَّرَةًۙ .2

rasụlum minallāhi yatlụ ṣuḥufam muṭahharah

Artinya: (yaitu) seorang Rasul dari Allah (Muhammad) yang membacakan lembaran-lembaran yang suci (Al-Qur'an),

فِيْهَا كُتُبٌ قَيِّمَةٌ ۗ .3

fīhā kutubung qayyimah

Artinya: di dalamnya terdapat (isi) kitab-kitab yang lurus (benar).

وَمَا تَفَرَّقَ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ اِلَّا مِنْۢ بَعْدِ مَا جَاۤءَتْهُمُ الْبَيِّنَةُ ۗ .4

wa mā tafarraqallażīna ụtul-kitāba illā mim ba'di mā jā`at-humul-bayyinah

Artinya: Dan tidaklah terpecah-belah orang-orang Ahli Kitab (kepada mereka) melainkan setelah datang kepada mereka bukti yang nyata.

وَمَآ اُمِرُوْٓا اِلَّا لِيَعْبُدُوا اللّٰهَ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ ەۙ حُنَفَاۤءَ وَيُقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَيُؤْتُوا الزَّكٰوةَ وَذٰلِكَ دِيْنُ الْقَيِّمَةِۗ .5

wa mā umirū illā liya'budullāha mukhliṣīna lahud-dīna ḥunafā`a wa yuqīmuṣ-ṣalāta wa yu`tuz-zakāta wa żālika dīnul-qayyimah

Artinya: Padahal mereka hanya diperintah menyembah Allah dengan ikhlas menaati-Nya semata-mata karena (menjalankan) agama, dan juga agar melaksanakan salat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus (benar).

اِنَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْ اَهْلِ الْكِتٰبِ وَالْمُشْرِكِيْنَ فِيْ نَارِ جَهَنَّمَ خٰلِدِيْنَ فِيْهَاۗ اُولٰۤىِٕكَ هُمْ شَرُّ الْبَرِيَّةِۗ .6

innallażīna kafarụ min ahlil-kitābi wal-musyrikīna fī nāri jahannama khālidīna fīhā, ulā`ika hum syarrul-bariyyah

Artinya: Sungguh, orang-orang yang kafir dari golongan Ahli Kitab dan orang-orang musyrik (akan masuk) ke neraka Jahanam; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Mereka itu adalah sejahat-jahat makhluk.

اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ اُولٰۤىِٕكَ هُمْ خَيْرُ الْبَرِيَّةِۗ .7

innallażīna āmanụ wa 'amiluṣ-ṣāliḥāti ulā`ika hum khairul-bariyyah

Artinya: Sungguh, orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk.

جَزَاۤؤُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ جَنّٰتُ عَدْنٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ خٰلِدِيْنَ فِيْهَآ اَبَدًا ۗرَضِيَ اللّٰهُ عَنْهُمْ وَرَضُوْا عَنْهُ ۗ ذٰلِكَ لِمَنْ خَشِيَ رَبَّهٗ ࣖ .8

jazā`uhum 'inda rabbihim jannātu 'adnin tajrī min taḥtihal-an-hāru khālidīna fīhā abadā, raḍiyallāhu 'an-hum wa raḍụ 'an-h, żālika liman khasyiya rabbah

Artinya: Balasan mereka di sisi Tuhan mereka ialah surga 'Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah rida terhadap mereka dan mereka pun rihdo kepada-Nya. Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang yang takut kepada Tuhannya.

Isi kandungan surat al bayyinah

Surat Al-Bayyinah terdiri dari 8 ayat yang mengandung pesan-pesan penting bagi kehidupan umat manusia. Berikut ini adalah isi kandungan dari Surat Al-Bayyinah:

Ayat 1

Allah SWT memberikan Al-Bayyinah (bukti-bukti yang nyata) kepada Nabi Muhammad SAW agar manusia dapat membedakan antara kebenaran dan kesesatan.

Ayat 2

Orang-orang yang menerima Al-Bayyinah dengan sungguh-sungguh akan memperoleh kebahagiaan di dunia dan akhirat, sedangkan orang-orang yang menolaknya akan mendapat siksa yang pedih.

Ayat 3

Orang-orang Yahudi dan Nashrani tidak akan merasa puas sampai mereka mengikuti agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW.

Ayat 4

Orang-orang yang telah diberikan Kitab suci sebelumnya (Taurat dan Injil) mengetahui kebenaran yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW, seperti mereka mengetahui anak mereka sendiri.

Ayat 5

Orang-orang yang menolak kebenaran yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW seperti batu yang keras dan tidak bisa disentuh oleh Al-Quran.

Ayat 6

Orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih akan memperoleh balasan yang baik dari Allah SWT.

Ayat 7

Orang-orang yang kafir dan mengerjakan kejahatan akan memperoleh siksa yang pedih dari Allah SWT di akhirat.

Ayat 8

Orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih akan mendapatkan kenikmatan di surga yang kekal.

Demikianlah isi kandungan dari Surat Al-Bayyinah yang berisi pesan-pesan penting bagi kehidupan umat manusia. Surat ini mengajarkan tentang pentingnya mempercayai dan mengikuti ajaran Allah SWT yang telah diwahyukan melalui Nabi Muhammad SAW, serta menjauhi kesesatan dan perbuatan dosa.

Surat Al Bayyinah ayat 1 sampai 8

Surat Al-Bayyinah juga menekankan pentingnya beriman dan mengerjakan amal shalih sebagai sarana untuk memperoleh kebahagiaan di dunia dan akhirat, serta memperingatkan tentang konsekuensi buruk dari kekafiran dan kejahatan.

Demikian pembahasan mengenai Surat Al Bayyinah Ayat 1-8 Lengkap dengan arab, latin beserta artinya yang dapat saya sampaikan.Semoga dapat menjadi pedoman bagi umat manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari, terutama dalam hal keimanan dan amal shaleh serta kita selalu dapat mengambil hikmah dan manfaat dari isi kandungan Surat Al-Bayyinah.

Posting Komentar untuk "Surat Al Bayyinah Ayat 1-8 Lengkap Beserta Artinya"