250x250

Inilah Alasan Lagu Nina Bobo Sangat Cocok Untuk Menidurkan Sang Buah Hati

hpk
250x250
in artikel
bayi

Menyanyikan lagu pengangkut tidur acapkali dilakukan seorang bunda untuk membikin anaknya terlelap. Tak ada ketentuan khusus tentang lagu yang mampu dinyanyikan.

Biasanya, lagu berjudul " Nina Bobo" dijadikan opsi untuk menidurkan si anak. Bagi kalangan tertentu, menyanyikan lagu tradisional menjadi opsi yang pas, semacam yang dilakukan oleh orang-orang Jawa.

Sebelum Tidur Ada tidak sedikit penelitian yg memberikan kegunaaan dari lagu pengangkut tidur untuk anak.

Musik dipercaya memainkan peran evolusioner dalam nasib kita. Misalnya, serangga, burung, dan bahkan insan memakai musik untuk pacaran. Musik juga dikaitkan dengan penguasaan bahasa dan kegunaaan kognitif seseorang.

Beberapa penelitian memberikan bahwa ada jalur tertentu di otak yg dipakai hanya untuk persepsi musik. Faktanya, bayi sangat mengetahui musik jauh sebelum mereka lahir. Pada trimester ketiga, janin menyebarkan pendengaran dan memungkinkannya mendengar bunyi di dalam rahim. Bahkan segala sesuatu yg didengarkan oleh bunda juga terdeteksi oleh bayi.

Mengurangi kecemasan Sang Bayi

Saat bunda bernyanyi, sang bunda secara tak langsung sedang berkata dengan bayinya, pikiran mereka menjadi aktif. Selama ibunya masih bernyanyi dan bayinya semakin memperhatikan, korteks auditori di otak bayi masih terstimulasi.

Hal ini memungkinkan bayi untuk lebih fokus pada kata-kata ibu, membantunya mendalami bahasa lebih cepat. Suara musik yang membahagiakan menolong mengurangi kecemasan, stres, dan tekanan darah, sekaligus menambah nilai tidur, dan menambah kewaspadaan mental.

Lagu pengangkut tidur dengan cara universal ditemukan dalam beberapa adat dinyanyikan selagi beratus-ratus tahun supaya bayi mereka tidak menangis. Bahwa lagu pengangkut tidur (Nina Bobo) dalam bahasa apa pun mampu menenangkan sang bayi.

Membuatnya Berhenti Menangis

Dalam studi lain, disebutkan ketika orang-orang tua menyanyi untuk bayi dengan cara langsung, mereka akan bernyanyi dengan nada yang lebih tinggi dan tempo lebih rendah daripada ketika mereka merekam lagu untuk anak mereka.

Meski tidak diketahui argumen pasti, para peneliti percaya, dengan keberadaan anak, orangtua lebih sadar akan nada bunyi mereka. Studi yg sama menemukan bahwa bunda akan bernyanyi dengan nada yg jauh lebih tinggi daripada ayah di hadapan bayinya.

Sebab, bayi menyukai bunyi yg ringan, lembut, dan bernada tinggi, khususnya dari bunda mereka. Inilah argumen mengapa bayi terkadang berhenti menangis ketika ibunya bernyanyi, tidak semacam orang-orang lain. Menariknya, apabila bayi kehilangan bunyi ibunya yg menenangkan, faktor itu akan memengaruhi pematangan otak mereka, khususnya apabila lahir prematur.

300x600

0 Response to "Inilah Alasan Lagu Nina Bobo Sangat Cocok Untuk Menidurkan Sang Buah Hati"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang baik dan benar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
[ klik disini 1X ] [ close ]