Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Iftitah Allahumma Baid Baini Lengkap Arab Latin dan Terjemahan

Doa Iftitah Allahumma Baid Baini Lengkap Arab Latin dan Terjemahan

Islamtwins.com - Doa iftitah allahumma baid baini merupakan doa pembukaan. Bacaan doa iftitah merupakan salah satu rukun dalam shalat.

Walaupun hukumnya sunah, bacaan ini senantiasa direkomendasikan sebab mempunyai keistimewaan yang besar.

Secara bahasa, Iftitah berawal dari kata “fataha” yang berarti pembukaan. Dikenal begitu sebab doa iftitah ini diletakkan di awal rakaat shalat. Imam Nawawi memaparkan kalau doa iftitah disunahkan untuk makmum, imam, serta munfarid (shalat sendiri).

Doa iftitah biasa dibaca sehabis melaksanakan takbiratul ihram. Terdapat banyak bacaan yang diajarkan, salah satunya ialah allahumma baid baini. Selanjutnya bacaan doa iftitah allahumma baid baini lengkap dengan latin serta terjemahnya.

Doa Iftitah Allahumma Baid Baini Lengkap Arab Latin dan Terjemahan

Selanjutnya ini merupakan bacaan doa iftitah latin Allahumma baa’ id bainii bersama tulisan arab serta artinya.

اللَّهُمَّبَاعِدْبَيْنِيْوَبَيْنَخَطَايَايَكَمَابَاعَدْتَبَيْنَالْمَشْرِقِوَالْمَغْرِبِ،اللَّهُمَّنَقِّنِيْمِنْخَطَايَايَكَمَايُنَقَّىالثَّوْبُالْأَبْيَضُمِنَالدَّنَسِ،اللَّهُمَّغَسِّلْنِيْمِنْخَطَايَايَبِالْمَاءِوَالثَّلْجِوَالْبَرَدِ.

Allaahumma baa’ id bainii wa baina khataa yaaya kamaa baa’ adta bainal masyriqi wal maghrib.

Allaahumma naqqinii minal khataa yaa kamaa yunaqqats tsaubul abyadu minad danas. Allaahummaghsil khataa yaaya bilmaa-i wats tsalji wal barad

Artinya: Ya Allah, jauhkanlah antara aku dengan kesalahan -kesalahanku sebagaimana Engkau telah menjauhkan antara timur dengan barat.

Ya Allah, bersihkanlah aku dari berbagai kesalahanku seperti baju putih yang telah dibersihkan dari kotoran. Ya Allah, sucikanlah aku dari berbagai kesalahanku dengan salju, air, dan juga air dingin. (HR Bukhari dan Muslim)

Tidak hanya itu, terdapat pula bacaan doa lain yang kerap dibaca Rasulullah SAW kala shalat. Ada pula lafadz bacaannya ialah selaku berikut:

اللهُاَكْبَرُكَبِرًاوَالْحَمْدُلِلهِكَشِيْرًاوَسُبْحَانَاللهِبُكْرَةًوَاَصِيْلًا.اِنِّىوَجَّهْتُوَجْهِيَلِلَّذِيْفَطَرَالسَّمَاوَاتِوَالْااَرْضَحَنِيْفًامُسْلِمًاوَمَااَنَامِنَالْمُشْرِكِيْنَ.اِنَّصَلَاتِيْوَنُسُكِيْوَمَحْيَايَوَمَمَاتِيْلِلهِرَبِّالْعَالَمِيْنَ.لاَشَرِيْكَلَهُوَبِذَلِكَاُمِرْتُوَاَنَمِنَالْمُسْلِمِيْنَ

Alloohu akbar kabiirow wal hamdu lillaahi katsiiroo wasubhaanalloohi bukrotaw wa- ashiilaa, Innii wajjahtu wajhiya lilladzii fathoros samaawaati wal ardlo haniifaa wamaa ana minal musyrikiin. Inna sholaatii wa nusukii wamahyayaa wa mamatii lillaahi robbil‘ aalamiin. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa ana awwalul muslimin.

Artinya:" Allah Maha Besar dengan sebesar- besarnya, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak. Maha Suci Allah pada waktu pagi dan petang.

Sesungguhnya aku hadapkan wajahku kepada Allah yang telah menciptakan langit serta bumi dengan segenap kepatuhan atau dalam keadaan tunduk, dan aku bukanlah dari golongan orang- orang yang menyekutukan Nya.

Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup serta matiku hanyalah untuk Allah Tuhan Semesta Alam, yang tidak ada sekutu bagi Nya. Dengan yang demikian itulah aku diperintahkan. Dan aku adalah termasuk orang-orang muslim (Orang - orang yang berserah diri).”

Seperti itu bacaan doa iftitah Allaahumma baid bainii yang bisa kita terapkan dalam salat yang dapat fakhri berikan. Mudah - mudahan berguna serta menambah ilmu pengetahuan mengenai islam.

wallahu a'lam bishawab

Posting Komentar untuk "Doa Iftitah Allahumma Baid Baini Lengkap Arab Latin dan Terjemahan"