Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rabbana Atina Fiddunya Hasanah Wafil Akhiroti Hasanah Waqina Adzabannar Ayat Berapa? Berikut Tulisan Arab dan Artinya

Rabbana Atina Fiddunya Hasanah Wafil Akhiroti Hasanah Waqina Adzabannar Ayat Berapa

Islamtwins.com - Rabbana atina fiddunya hasanah wafil akhiroti hasanah waqina adzabannar ialah penggalan ayat dari Surah Al Baqarah ayat 201.

Dari sekian ribu ayat dalam Al-Qur’an, terdapat banyak sekali jenis-jenis doa. Salah satunya ialah doa buat memohon kebaikan serta keselamatan di dunia ataupun di akhirat. Doa yang terdapat dalam Surat Al-Baqarah ayat 201 ini pula diketahui dengan julukan “ Doa Sapu Jagad ”. Tidak heran bila Rasulullah kerap membaca doa ini.

Rabbana atina fiddunya hasanah wafil akhiroti hasanah waqina adzabannar artinya ialah Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta lindungilah kami dari azab neraka.

Rabbana atina fiddunya hasanah wafil akhiroti hasanah waqina adzabannar dijuluki dengan doa sapu jagad sebab isinya memohon kebaikan di dunia serta akhirat.

Rabbana Atina Fiddunya Hasanah Wafil Akhiroti Hasanah Waqina Adzabannar Arab, Latin Beserta Artinya

Selanjutnya ini uraian mengenai tulisan serta bacaan doa Rabbana Atina Fiddunya Hasanah Wa Fil Akhiroti Hasanah Waqina Adzabanna lengkap arab serta artinya.

رَبَّنَاآتِنَافِيالدُّنْيَاحَسَنَةًوَفِيالْآخِرَةِحَسَنَةًوَقِنَاعَذَابَالنَّارِ

Rabbana Atina Fiddunya Hasanah Wa Fil Akhiroti Hasanah Waqina Adzabanna

Artinya: “ Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami kebajikan di dunia dan kebajikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa api neraka.”

Serta diantara mereka terdapat yang berdoa, “ Ya Tuhan kami! berilah kami kebaikan di dunia berupa kesehatan, rezeki yang halal serta berkah, ilmu yang bermanfaat, umur yang panjang, serta hidup bermakna untuk menopang pengalaman agama serta sukses hidup di dunia, serta berilah pula kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari azab neraka dengan mendapatkan keridaan-Mu.”

Dengan doa ini, orang-orang beriman yang berilmu serta beramal saleh hidupnya jadi seimbang lahir batin, dunia akhirat.

Di dalam ayat ini, Allah mengatakan orang yang mendapatkan keuntungan dunia akhirat, ialah orang- orang yang di dalam doanya senantiasa memohon supaya menemukan kebahagiaan di dunia serta kebahagiaan di akhirat, serta terjauh dari siksaan api neraka.

Buat menggapai hidup bahagia di dunia wajib lewat sebagian persyaratan, di antaranya wajib sabar dalam berusaha, taat pada peraturan serta disiplin, pandai berteman serta dipercaya dan memiliki maksud baik dalam usahanya.

Buat menggapai hidup bahagia di akhirat haruslah memiliki iman yang murni serta kuat, dan juga melakukan kebaikan yang saleh serta memiliki akhlak yang mulia.

Sehingga buat terbebas dari siksa neraka harusnya senantiasa meninggalkan pekerjaan- pekerjaan maksiat, menjauhkan diri dari yang keji dan juga menjaga diri jangan sampai melakukan perihal yang diharamkan Allah sebab pengaruh syahwat serta hawa nafsu.

Seperti itu keterangan mengenai arti Rabbana atina fiddunya hasanah wafil akhiroti hasanah waqina adzabannar yang merupakan potongan Surah Al Baqarah ayat 201. Mudah - mudahan postingan ini bisa menambah pengetahuan keislaman kamu. Semoga bermanfaat. Amin. Wallahu a’ lam.

wallahu a'lam bishawab

Posting Komentar untuk "Rabbana Atina Fiddunya Hasanah Wafil Akhiroti Hasanah Waqina Adzabannar Ayat Berapa? Berikut Tulisan Arab dan Artinya"