Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Puasa Arafah Latin Lengkap dengan Bahasa Arab

Doa Puasa Arafah Arab

Islamtwins.com - Doa Puasa Arafah dikenal sebagai puasa penghapus dosa serta sangat dianjurkan bagi umat muslim untuk melaksanakan puasa ini.

Sebab dengan berpuasa 1 hari saja, pahala dari puasa ini dapat menghapus dosamu selama 1 tahun yang lalu, Begitu pula dengan Puasa Tarwiyah.

Keutamaan membaca doa Puasa Arafah memang perlu dipahami supaya kaum muslim tidak merugi. Sebab, Puasa Arafah ini mempunyai keutamaan yang sangat luar biasa, jadi tergolong ke dalam puasa sunah yang sangat dianjurkan (sunah muakkad), Dikarenakan puasa arafah ini merupakan puasa yang menghapus dosa satu tahung yang lalu.

Baca Juga Dosa Anak Perempuan Yang Tidak Berhijab

Puasa Arafah dikerjakan pada Hari Arafah, yaitu pada hari ke-9 bulan Zulhijah dalam kalender Hijriah. Hari itu bertepatan dengan hari ke-2 dalam rangkaian ritual ibadah haji.

Puasa Arafah dengan niat dikala sahur serta berbuka puasa dikala matahari terbenam. Puasa Arafah bertepatan ketika jemaah haji sedang melaksanakan wukuf di Padang Arafah, Makkah, Arab Saudi.

Hari itu bertepatan dengan hari ke-2 dalam rangkaian ibadah haji. Puasa ini sangat dianjurkan bagi kamu yang tidak sedang menunaikan ibadah haji.

Niat Puasa Arafah serta keutamaannya, pastinya kamu akan sangat menyesal bila melewatkan puasa arafah ini. Puasa sunah yang ditunaikan sehari sebelum Hari Raya Idul Adha ini pelaksanaannya tidak jauh berbeda dengan ibadah puasa pada umumnya. Perbedaanya hanyalah terletak pada niat puasa.

Selama bulan Dzulhijjah ini, umat muslim dianjurkan untuk menjalankan puasa sunah semenjak tanggal 1 sampai puasa Arafah serta Tarwiyah. 

Berikut niat doa puasa Arafah Latin lengkap dengan doa buka puasa beserta arab dan artinya

Niat Doa Puasa Arafah

Puasa Arafah adalah puasa yang dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijjah dalam kalender Islam, yang merupakan hari sebelum perayaan Idul Adha. Puasa ini dijalankan sebagai amalan sunnah bagi umat Islam dan memiliki nilai ibadah yang tinggi.

Berbeda halya dengan niat puasa wajib yang niatnya harus dilakukan sebelum terbit fajar niat puasa arafah boleh dilakukan di pagi hari. Misalnya seseorang yang kelupapaan tidak membaca niat di malam harinya atau seseorang yang bangunnya kesiangan.

Jika seandainya kamu tidak menunaikan sahur pun, kamu tetap bisa menjalankan puasa dan dianggap sah.

Berikut niat doa puasa arafah dan tarwiyah arab, latin dan artinya:

Doa Puasa Arafah Arab

Doa Puasa Arafah dan tarwiyah

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

Doa Puasa Arafah Latin

Nawaitu shouma arafata sunnatan lillahi ta’ala

Artinya: “Saya niat puasa Arafah, sunnah sebab Allah ta’ala.”

Doa Buka Puasa


اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin

Artinya: “Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah serta dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa), dengan rahmat-Mu, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.”

Keutamaan Puasa Arafah

Puasa Arafah memiliki banyak keutamaan dan keberkahan. Rasulullah Muhammad SAW bersabda bahwa puasa Arafah dapat menghapuskan dosa-dosa yang telah lewat dan yang akan datang selama setahun sebelumnya dan setahun ke depan.

Puasa ini juga diharapkan dapat mendekatkan diri kepada Allah, meningkatkan kesabaran, dan memperoleh keampunan serta rahmat-Nya.

Berikut adalah beberapa keutamaan puasa Arafah:

1. Menghapuskan dosa-dosa

Puasa Arafah diyakini dapat menghapuskan dosa-dosa yang telah lewat dan yang akan datang selama setahun sebelumnya dan setahun ke depan. Hal ini berdasarkan hadis dari Nabi Muhammad SAW yang menyatakan bahwa puasa Arafah dapat menghapuskan dosa-dosa dua tahun sebelumnya dan satu tahun ke depan.

2. Mendekatkan diri kepada Allah

Puasa Arafah adalah ibadah yang dianjurkan yang dilakukan sebagai bentuk pengabdian dan ketakwaan kepada Allah. Dengan melaksanakan ibadah ini, seorang muslim dapat memperoleh keberkahan dan mendekatkan diri kepada-Nya.

3. Kesempatan memperoleh ampunan

Puasa Arafah memberikan kesempatan besar untuk memperoleh ampunan dan rahmat Allah. Allah SWT berjanji untuk mengampuni dosa-dosa hamba-Nya yang berpuasa dengan ikhlas pada hari Arafah.

4. Meniru amalan jamaah haji

Puasa Arafah adalah kesempatan bagi mereka yang tidak melaksanakan ibadah haji untuk meniru amalan jamaah haji di Padang Arafah. Jamaah haji yang berpuasa di Arafah adalah bagian dari ritual ibadah haji yang sangat penting.

5. Pahala yang besar

Puasa Arafah merupakan salah satu puasa sunnah yang memiliki pahala besar. Rasulullah Muhammad SAW bersabda bahwa pahala puasa Arafah adalah pengampunan dosa-dosa yang telah lewat dan yang akan datang, serta mendapatkan pahala yang setara dengan setahun penuh ibadah.

6. Membangun kesabaran

Puasa Arafah juga merupakan kesempatan untuk menguji dan membangun kesabaran. Melalui menahan diri dari makan dan minum, seorang muslim dapat melatih diri untuk meningkatkan kesabaran dan pengendalian diri.

Adapun tata cara melaksanakan puasa Arafah adalah sebagai berikut:

  1. Niat: Niatkan dalam hati untuk berpuasa Arafah sebelum fajar pada tanggal 9 Dzulhijjah.
  2. Menjaga puasa: Tidak makan dan minum mulai dari fajar (sebelum terbit matahari) hingga matahari terbenam.
  3. Beribadah: Selain berpuasa, dianjurkan untuk berdoa, membaca Al-Qur'an, melakukan dzikir, dan amalan-amalan lain yang dianjurkan.
  4. Berbuat kebaikan: Gunakan kesempatan puasa Arafah untuk melakukan amal kebajikan dan berbuat baik kepada sesama.

Puasa Arafah sangat dianjurkan bagi umat Islam yang tidak sedang melaksanakan ibadah haji. Namun, puasa ini tidak diwajibkan dan bersifat sunnah. Jika seseorang tidak mampu atau memiliki alasan yang sah untuk tidak berpuasa, seperti sakit atau sedang dalam perjalanan, maka diperbolehkan untuk tidak berpuasa.

Rasulullah SAW bersabda dalam riwayat Muslim:

"Puasa hari Arafah mampu menghilangkan dosa satu tahun yang lalu serta akan datang, serta puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghilangkan dosa setahun yang lalu," (HR Muslim).

Tidak hanya Puasa Arafah, di bulan Zulhijah ini kamu juga mampu melaksanakan beberapa amalan puasa lainnya, yaitu pausa Zulhijah. Puasa Zulhijah ini dilaksanakan di awal Bulan Zulhijah, yaitu dari hari pertama sampai hari ke-8, yg dilanjutkan dengan hari ke-9 yaitu Puasa Arafah.

Demikian mengenai keutamaan melakukan puasa arafah, semoga amalah yang kita lakukan selama masa hidup dapat diterima oelh allah swt.

aamiin ya rabbal alamin.

Posting Komentar untuk "Doa Puasa Arafah Latin Lengkap dengan Bahasa Arab"