Doa Puasa Arafah Latin Lengkap dengan Bahasa Arab

Doa puasa arafah latin

Puasa Arafah dikenal sebagai puasa penghapus dosa serta sangat dianjurkan bagi umat muslim untuk melaksanakan puasa ini, dikarenakan dengan berpuasa 1 hari saja, pahala dari puasa ini dapat menghapus dosamu selama 1 tahun yang lalu, Begitu pula dengan Puasa Tarwiyah.

Keutamaan membaca doa Puasa Arafah memang perlu dipahami supaya kaum muslim tidak merugi. Sebab, Puasa Arafah ini mempunyai keutamaan yang sangat luar biasa, jadi tergolong ke dalam puasa sunah yang sangat dianjurkan (sunah muakkad), Dikarenakan puasa arafah ini merupakan puasa yang menghapus dosa satu tahung yang lalu.

Baca Juga Dosa Anak Perempuan Yang Tidak Berhijab

Puasa Arafah dikerjakan pada Hari Arafah, yaitu pada hari ke-9 bulan Zulhijah dalam kalender Hijriah. Hari itu bertepatan dengan hari ke-2 dalam rangkaian ritual ibadah haji.

Puasa Arafah dengan niat dikala sahur serta berbuka puasa dikala matahari terbenam. Puasa Arafah bertepatan ketika jemaah haji sedang melaksanakan wukuf di Padang Arafah, Makkah, Arab Saudi. Hari itu bertepatan dengan hari ke-2 dalam rangkaian ibadah haji. Puasa ini sangat dianjurkan bagi kamu yang tidak sedang menunaikan ibadah haji.

Baca Juga Cara mengembalikan Indra Penciuman Yang Hilang

Niat Puasa Arafah serta keutamaannya, pastinya kamu akan sangat menyesal bila melewatkan puasa arafah ini. Puasa sunah yang ditunaikan sehari sebelum Hari Raya Idul Adha ini pelaksanaannya tidak jauh berbeda dengan ibadah puasa pada umumnya. Perbedaanya hanyalah terletak pada niat puasa.

Selama bulan Dzulhijjah ini, umat muslim dianjurkan untuk menjalankan puasa sunah semenjak tanggal 1 sampai puasa Arafah serta Tarwiyah. 

Berikut niat doa puasa Arafah Latin lengkap dengan doa buka puasa beserta arab dan artinya

Niat Doa Puasa Arafah


نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

Doa Puasa Arafah Latin

Nawaitu shouma arafata sunnatan lillahi ta’ala

Baca Juga Indra Penciuman Hilang? Berikut Cara Mengobati Indra Penciuman yang Hilang

Artinya: “Saya niat puasa Arafah, sunnah sebab Allah ta’ala.”

Doa Buka Puasa


اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin

Artinya: “Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah serta dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa), dengan rahmat-Mu, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.”

Keutamaan Puasa Arafah

Seperti yang sudah disebutkan diatas, keutamaan Puasa Arafah ini sangat besar untuk kalian lewatkan, jadi tergolong ke dalam puasa sunah yang sangat dianjurkan (sunah muakkad). Bagaimana tidak, hanya dengan berpuasa selama 1 hari saja, dosa kamu selama dua tahun, yaitu satu tahun sebelum, serta satu tahun yang akan datang akan dihapuskan.

Rasulullah SAW bersabda dalam riwayat Muslim:

"Puasa hari Arafah mampu menghilangkan dosa satu tahun yang lalu serta akan datang, serta puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghilangkan dosa setahun yang lalu," (HR Muslim).

Baca Juga Doa Bersyukur Atas Nikmat Nabi Sulaiman Kepada Allah SWT

Tidak hanya Puasa Arafah, di bulan Zulhijah ini kamu juga mampu melaksanakan beberapa amalan puasa lainnya, yaitu pausa Zulhijah. Puasa Zulhijah ini dilaksanakan di awal Bulan Zulhijah, yaitu dari hari pertama sampai hari ke-8, yg dilanjutkan dengan hari ke-9 yaitu Puasa Arafah.

Demikian mengenai keutamaan melakukan puasa arafah, semoga amalah yang kita lakukan selama masa hidup dapat diterima oelh allah swt.

aamiin ya rabbal alamin.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url