Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Isi Kandungan Surah Al-Insyirah Beserta Artinya

Surat Al Insyirah

Islamtwins.comSurat Al Insyirah ialah salah satu surat pendek yang kerap kali dibaca oleh umat muslim ketika melaksanakan Sholat baik sholat fardlu maupun sholat Sunnah. 

Surah Al-Insyirah, juga dikenal sebagai "Kelapangan Hati", adalah salah satu surah dalam Al-Qur'an yang penuh dengan hikmah dan pesan yang berharga. Surah ini terdiri dari 8 ayat dan termasuk dalam golongan surah-surah Makkiyah yang diturunkan di Makkah.

Dalam bahasa Arab: الانشراح. Surat Al Insyirah artinya "Kelapangan" yang merupakan surah ke-94 dalam al-Qur'an. Surah ini terdiri atas 8 ayat dan tergolong golongan surah-surah Makkiyah sebab Surah Al Insyirah ini diturunkan di kota Mekah (Makkah). Surat Al Insyirah diturunkan setelah surat Ad-Duha.

Dalam surah ini, Allah SWT menyampaikan pesan-pesan yang penting bagi umat Islam. Mari kita telusuri lebih dalam mengenai isi kandungan Surah Al-Insyirah.

Baca Juga Keutamaan Puasa Asyura dan Tasu'a

Berikut Bacaan Surah Al Insyirah Beserta Artinya

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

اَلَمۡ نَشۡرَحۡ لَـكَ صَدۡرَكَۙ

A lam nasyrah laka sadrak

1. Bukankah Kami telah melapangkan dadamu (Muhammad)?

وَوَضَعۡنَا عَنۡكَ وِزۡرَكَۙ

wa wada'na angka wizrak

2. dan Kami pun telah menurunkan bebanmu darimu,

الَّذِىۡۤ اَنۡقَضَ ظَهۡرَكَۙ‏

allazi angqada zahrak

3. yang memberatkan punggungmu,

وَرَفَعۡنَا لَـكَ ذِكۡرَكَؕ

wa rafa'na laka zikrak

4. dan Kami tinggikan sebutan (nama)mu bagimu.

فَاِنَّ مَعَ الۡعُسۡرِ يُسۡرًا

fa inna ma'al usri yusra

5. Maka sesungguhnya beserta kesulitan ada kemudahan,

اِنَّ مَعَ الۡعُسۡرِ يُسۡرًا ؕ‏

inna ma'al usri yusra

6. sesungguhnya beserta kesulitan itu ada kemudahan.

فَاِذَا فَرَغۡتَ فَانۡصَبۡۙ

fa iza faragta fansab

7. Maka apabila engkau telah selesai (dari sesuatu urusan), tetaplah bekerja keras (untuk urusan yang lain),

وَاِلٰى رَبِّكَ فَارْغَبْ

wa ila rabbika fargab

8. dan hanya kepada Tuhanmulah engkau berharap.

Isi Kandungan Surat Al Insyirah

Isi Kandungan Surat Al-Insyirah ayat 1-8 ialah bahwa Allah SWT memberikan kelapangan dada terhadap Nabi Muhammad Saw dalam mengemban mandat yang sangat berat, jadi dengan semua itu Allah membawa derajat kenabiannya.

Baca Juga Manfaat dan Khasiat Surat Al jin

Dan dengan mempunyai etos kerja, seorang muslim akan sanggup menghadapi setiap kesulitan yang datang dalam hidupnya, sebab satu kesulitan tersedia dua kemudahan yang Allah SWT berikan.

Dengan demikian dikala seorang muslim sudah beres atau selesai dari sebuah pekerjaan, beribadahlah hanya terhadap Allah SWT serta bertawakkal kepada-Nya. adapun esensi yang terkandung di dalamnya yakni :

  • Setiap muslim wajib mempunyai sikap optimisme dalam menghadapi setiap pekerjaan
  • Motivasi yang tinggi ialah prasyarat etos kerja muslim
  • Kemudahan dan kesulitan rutin ialah tahap dari sebuah proses yg wajib dihadapi dengan ridha
  • Setiap pekerjaan tak akan beres (dinamis) kecuali diakhiri dengan tawakkal.

Isi kandungan Surat Al Insyirah Berdasarkan Tiap Ayatnya

Ayat 1

Pada ayat ini Allah menghibur Nabi Muhammad dalam memperjuangkan agama islam dengan segala cobaan yg diterima sebab sebagai insan beliau juga mengalami kesedihan serta kepedihan. Contohnya, Nabi Muhammad mempunya putra tapi putra mati serta momen di boikot di Syi'b jadi beliau wajib makan dedaunan

Baca Juga Bacaan Istigfar Untuk Kedua Orang Tua

Ayat 2-3

Perjuangan Nabi Muhammad terus berat jadi seakan membikin punggung beliau mulai bungkuk.

Ayat 4

Pada Ayat ini allah menunjukkan pengharagaan pada Nabi Muhammad berupa:

  • Nama Nabi Muhammad Disejajarkan dengan Allah dalam kalimat syahadat
  • Nabi Muhammad menjadi suri tauladan bagi seluruh umat islam
  • seseoarang tak dianggap beriman kalau tak beriman pada Nabi Muhammad

Ayat 5-6

Dalam ayat ini allah menunjukkan motivasi pada Nabi Muhammad SAW bahwa perjuanganya tentu ada hasilnya. Terbukti pada Tahun 8 H kota Mekah ditaklukan oleh kaum muslim.

Ayat 7

Allah memerintahkan supaya seusai berakhir satu urusan tidaklah berdiam diri, namun untuk segera melakukan kegiatan lain dengan cara bersungguh-sungguh.

Ayat 8

Allah membahas bahwa keberhasilan perjuangan terletak pada keridaan Allah, untuk itu kita diharuskan memohon serta besandar pada Allah serta hanya Allah daerah kita berharap

Manfaat Surat Al Insyirah

Kita semua telah mengenal bahwa dengan menyimak Al Quran kita akan lebih dekat dengan Allah SWT Karena dengan menyimak Al Quran kita akan rutin Berdzikir dan mengingat Kebesaran Allah SWT.

Selain itu beberapa surat juga memiliki fungsi masing-masing yang sangat bermanfaat dan diperlukan kita selaku manusia.

Begitu Juga dengan Surat Alam Nasroh ( Al - Insyirah ), Berikut  beberpa Manfaat yg terkandung di dalamnya :

1. Memudahkan / Melapangkan Urusan Dunia 

Keistimewaan surat Alam Nasroh yang pertama ialah Memudahkan / Melapangkan urusan dunia. Terutama Arti dari Surah Al Insyirah 94 Ayat 6 yang bermakna "Sesudah Kesulitan akan ada Kemudahan"

 Hal ini juga sesuai dengan sabda Rosulullah SAW :

“Barang siapa menyimak surat Alam Nasyroh seperti ia mendatangi aku dan aku telah mengambil peluang jadi menjadi sebuah kelapangan dari padaku.”

Maka apabila kini merasa sedang mengalami kesulitan nasib dan kesempitan rezeki, kalian bisa mengamalkan Surat Alam Nasroh dengan Iklash dan Istiqomah.

Ada beberapa tutorial mengamalkan Surat Al Insyirah supaya diberikan Kelapangan Urusan Dunia antara lain dengan :

  • Membaca Surat Alam Nasroh 3 Kali setiap berakhir melaksanakan Sholat Wajib yang 5 Kali sehari yaitu Subuh, Dhuhur, Ashar, Maghrib dan Isyak.
  • Membaca Surat Alam Nasroh sebanyak 101 kali setiap berakhir melaksanakan Sholat Tahajjud alias sholat Hajat. 101 sesuai dengan jumlah huruf yg ada dalam Surat Al Insyirah

2. Diberikan Kesabaran dan Kesantunan / Keramahan 

Manfaat menyimak Alam Nasroh berikutnya ialah diberikan Kesabaran dalam menghadapi ujian dan Sifat Santun dan Ramah kepada sesama.

Untuk memperoleh Khasiat Surat Alam Nasroh yg kedua ini hendaknya kita semua dengan cara Istqomah menyimak Surat ini Minimal sekali dalam sehari.  

3.  Dikaruniakan Kekayaan Harta

Khasiat menyimak Surat Alam Nasroh selanjutnya ialah dengan ijin Allah SWT diberikan Karunia kekayaan harta yg berlebih.

untuk memperoleh khasiat surat alam nasroh yg ketiga ini kita bisa mengamalkan surat Al Insyirah ini dengan  Membaca Surat Alam Nasroh sebanyak 41 Kali dalam  sehari selagi 7 hari dengan cara berturut - turut.

Dalam keseluruhan isi kandungan Surah Al-Insyirah, terdapat pesan-pesan penting yang dapat menjadi pedoman hidup bagi umat Islam.

Surah ini mengajarkan tentang pentingnya rasa syukur kepada Allah atas segala nikmat yang diberikan-Nya, mengatasi kesulitan dengan sabar dan tawakkal kepada-Nya, meluaskan kebaikan di sekitar kita, serta meyakini bahwa setiap kesedihan akan digantikan dengan kebahagiaan. Pesan-pesan ini menjadi sumber inspirasi dan kekuatan bagi umat Islam dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Akhirnya, marilah kita selalu merenungkan makna dan pesan yang terkandung dalam Surah Al-Insyirah, agar dapat mengambil manfaat dari surah yang penuh kebijaksanaan ini.

Semoga dengan memahami dan mengamalkan ajaran-ajaran dalam surah ini, kita dapat membuka pintu kelapangan hati, mendapatkan kelegaan dalam setiap kesulitan, serta meraih kebahagiaan dan ridha Allah SWT.

Penutup

Semoga artikel yang Islamtwins ini dapat mendekatkan diri kita kepada Allah SWT yang telah banyak memberikan rahmat serta hidayahnya.

Posting Komentar untuk "Isi Kandungan Surah Al-Insyirah Beserta Artinya"